Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru (PAUD) dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK. Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh-contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian. Dengan melakukan PTK dengan cara-cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran, media yang digunakan, maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber B. Permasalahan dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan Faktor Penyebabnya Setiap manusia tentu memiliki masalah. Dan masalah terjadi pada berbagai aspek kehidupan, ...
Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi, merumuskan langkah-langkah solusi, kemudian melakukan refleksi terhadap solusi, dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK. Menurut Depdiknas (2003:3) PTK adalah peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah. Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan. Menurut Suharsimi Arikunto(2006:3) PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi.
Buku Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi peneliti, guru, dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Buku ini memuat landasan teori, bentuk dan model, tahapan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi bentuk penelitian yang penting dilakukan baik di level pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Di level pendidikan dasar dan menengah, para Guru dapat melakukan PTK untuk mengatasi permasalahan yang mereka temukan di kelas masing-masing. Di level perguruan tinggi, baik para Dosen maupun Mahasiswa dapat melakukan penelitian secara personal ataupun kolaborasi dalam mengembangkan ilmu-ilmu baru dalam menerapkan PTK di kelas. Pengembangan ilmu baru dalam PTK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi pelaksanaan PTK bagi Guru di Sekolah. Ada beberapa masalah yang mungkin ditemukan oleh Para Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas mereka. Untuk mememecahkan permasalahan tersebut, maka para guru harus mampu mengenali metode-metode yang dapat mereka gunakan hingga efektif dan efisien dalam mengumpulkan data. Setelah mampu mengumpulkan data para guru juga harus memahami cara terbaik dalam menganalisis data. Dengan kata lain, para guru harus mampu memahami prosedur PTK secara utuh. Oleh karena itu buku ini hadir menyajikan teknis pelaksanaan PTK bagi para guru. Buku ini berisi banyak penjelasan mengenai PTK. Berdasarkan sistematikanya, buku ini terdiri dari delapan (8) topik pembahasan, mulai sejarah PTK, hakikat dan manfaat PTK, Perbedaan PTK dan Non PTK, Manfaat PTK bagi Guru, Model-model PTK, Prosedur Pelaksanaan PTK, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisis Data, hingga Format penulisan PTK hingga menjadi Proposal Penelitian utuh. Isi dari Buku ini menggambarkan secara jelas bagaimana tata cara menerapkan PTK di kelas hingga peneliti atau para guru yang melakukan PTK di Kelas dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka miliki. Kami menyadari terdapat berbagai macam kekurangan dalam mengenai isi dalam buku ini. Oleh karena itu kami menerima saran dan masukan dari pihak manapun demi perbaikan buku ini dan kebermanfaatan untuk semua. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penulisan dan penyelesaian buku ini.
PTK merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Ciri khusus PTK adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penelitian dalam rangka memecahkan masalah. Tindakan tersebut dilakukan pada situasi alami serta ditujukan untuk memecahkan masalah praktis. Tindakan yang diambil merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan atas dasar tujuan tertentu. Tindakan dalam PTK dilakukan dalam suatu siklus kegiatan. Kolaborasi (kerja sama) antara praktisi (guru) dan peneliti (dosen atau widyaiswara) merupakan salah satu ciri khas PTK. Melalui kolaborasi ini mereka bersama menggali dengan mengkaji permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru dan atau siswa. Sebagai penelitian yang bersifat kolaboratif, harus secara jelas diketahui peranan dan tugas guru dengan peneliti. Dalam PTK kolaboratif, kedudukan peneliti setara dengan guru, dalam arti masing-masing mempunyai peran serta tanggung jawab yang saling 6 membutuhkan dan saling melengkapi. Peran kolaborasi turut menentukan keberhasilan PTK terutama pada kegiatan mendiagnosis masalah, merencanakan tindakan, melaksanakan penelitian (tindakan, observasi, merekam data, evaluasi, dan refleksi), menganalisis data, menyeminarkan hasil, dan menyusun laporan hasil.
Pengalaman pengajar perlu dituangkan dalam penelitian, bagaimana menyajikan pengalaman mengajar menjadi penelitian, simak buku ini. Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.
Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.
Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa
Buku ini terutama ditujukan pada mahasiswa khususnya jurusan Tarbiyah, serta para pengajar/pendidik yang nantinya dapat menjadi pedoman/rujukan betapa pentingnya penelitian tindakan kelas yang harus dilakukan oleh guru atau calon guru yaitu mahasiswa sebagai generasi pendidik di masa yang akan datang. Buku ini tidak hanya berisikan tentang konsep-konsep PTK namun terdapat kualitas pembelajaran yang didapat baik bagi guru maupun siswa setelah melaksanakan kegiatan PTK, profesionalisme yang harus dimiliki oleh guru serta kompetensi belajar siswa, dan tahap-tahap merancang kegiatan yang akan di lakukan oleh guru yaitu berupa penelitian tindakan kelas.
Buku ini terutama ditujukan pada mahasiswa khususnya jurusan Tarbiyah, serta para pengajar/pendidik yang nantinya dapat menjadi pedoman/rujukan betapa pentingnya penelitian tindakan kelas yang harus dilakukan oleh guru atau calon guru yaitu ...
PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai diperbincangkan di kalangan guru dan tenaga kependidikan. Sayangnya, perbincangan itu terkadang hanya sampai pada dokumen administrasi untuk melengkapi pemenuhan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat para guru dan tenaga kependidikan. Sebetulnya subtansi dari penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas pengajar secara inovatif mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi perserta didik dalam proses pembelajaran. Muaranya adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran secara signifikan. Pembahasan penelitian tindakan kelas dalam buku bukan mengetengahkan teori tentang penelitian tindakan kelas, tetapi lebih menitikberatkan pada aplikasi penelitian tidak kelas dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya pembelajaran cerit pendek terhadap peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai ...
Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya. Buku ini menjelaskan konsep berbagai strategi pembelajaran Inkuiri. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru yang ingin mengaplikasikan strategi pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya. Untuk mendukung penerapan pembelajaran, buku ini dilengkapi dengan lampiran yang berisi format RPP lengkap berikut penilaiannya.
Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya.
Arisan Di Kelas? Boleh Enggak Sih? (Sebuah Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas) Penulis : Endang Mayangarum, S.Pd, M.Si Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-842-0 www.guepedia.com Sinopsis : Di Era Globalisasi ini guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton. Zaman Now, siswa dengan mudah browsing di internet untuk menemukan apapun yang ada di benak mereka antara lain materi pelajaran, buku pelajaran elektronik dan sumber belajar lainnya. Untuk itu penulis berusaha membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dengan melakukan arisan di kelas. Arisan di sini dimodifikasi dengan mengocok tugas yang dipilih siswa dalam sebuah botol yang berisi gulungan arisan sehingga siswa merasa penasaran apa tugas yang harus dilakukan. Setelah mendapat giliran untuk mengocok arisan, secara berkelompok siswa melakukan tugas yang berbeda-beda sesuai yang diperintahkan pada gulungan kertas yang mereka terima. Di akhir pembelajaran siswa menempel hasil pekerjaan di papan tulis untuk dikonfimasi oleh guru. Model Pembelajaran ini dikembangkan dari model pembelajaran Talking Stick yang sudah ada sebelumnya dengan modifikasi di beberapa bagian. Penulis melakukan pengamatan pada kegiatan model ini siswa terlihat aktif dan antusias sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
Boleh Enggak Sih? (Sebuah Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas) Penulis : Endang Mayangarum, S.Pd, M.Si Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-842-0 www.guepedia.com Sinopsis : Di Era Globalisasi ini guru dituntut untuk melaksanakan ...