Bermain adalah hal yang menyenangkan bagi anak. Sudah sewajarnya jika pendidikan di PAUD dan TK didominasi dengan permainan. Tentunya permainan itu dirancang agar dapat mengembangkan sisi-sisi positif anak. Manfaat permainan dalam buku ini sangatlah lengkap. Mulai motorik halus, ketangkasan, kreativitas, pengetahuan bilangan, kerapian, ketelitian, dan banyak lainnya ada dalam buku ini. Permainan-permainan dalam buku ini meliputi permainan tradisional, terpimpin, sains, dan matematika. Nah, lengkap bukan! Sudah kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik bagi putra-putri kita.
Buku ini ditulis oleh 8 penulis yang terinspirasi dari mata kuliah Pengembangan Materi Ajar. Kami termotivasi untuk membuat buku bersama, adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Makna dan Peran Kurikulum, Pengantar Manajemen Kurikulum, Konsep Dasar Manajemen Kurikulum, Prinsip dan Proses Manajemen Kurikulum, Prosedur Pelaksanaan Manajemen Kurikulum, Evaluasi Manajemen Kurikulum pada Satuan Pendidikan, Tugas dan Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum, serta Peran dan Tanggung Jawab Manajemen Kurikulum di sekolah.
Kami termotivasi untuk membuat buku bersama, adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Makna dan Peran Kurikulum, Pengantar Manajemen Kurikulum, Konsep Dasar Manajemen Kurikulum, Prinsip dan Proses Manajemen ...
Buku ini ditulis oleh delapan penulis yang terinspirasi dari mata kuliah Pengembangan Materi Ajar. Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model Pengembangan Kurikulum, Perencanaan Kurikulum, Implementasi Kurikulum 2013, dan Model- Model Evaluasi Perkembangan Kurikulum.
Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model ...
Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi, merumuskan langkah-langkah solusi, kemudian melakukan refleksi terhadap solusi, dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK. Menurut Depdiknas (2003:3) PTK adalah peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah. Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan. Menurut Suharsimi Arikunto(2006:3) PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi.
Buku Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.