Sebanyak 646 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Mudah-mudahan buku ajar ini dapat memperkaya khazanah keilmuan bagi para pembaca terutama di kalangan mahasiswa yang calon profesinya sebagai guru. Memang perlu disadari bahwa sebagai praktisi pendidikan mutlak memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan pengembangan kurikulum.

Kurikulum Mata Pelajaran PAI di Kelas 7 SMP. Ternate, 20-02-2020 Mengetahui Ketua Jurusan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dra. Nursin Sapil, M.Pd.I Dr. Agus, S.Pd.I., M.Pd.I Glosarium Currir artinya pelari Curare artinya tempat berpacu ...

Total Quality Management Pendidikan Islam

Buku “Total Quality Management Pendidikan Islam” membahas tentang bagaimana pendidikan Islam harus dapat menyesuaikan perkembangan zaman yang semakin maju dan kompleks. Salah satu cara yang diusulkan dalam buku ini adalah dengan menerapkan filosofi manajemen mutu dalam pendidikan Islam. Filosofi manajemen mutu, yang telah banyak diaplikasikan dalam industri, dapat memberikan landasan bagi pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas dan efektivitasnya. Pendidikan Islam juga harus memperhatikan kebutuhan pelanggan dan stakeholder seperti siswa, orang tua, dan masyarakat untuk dapat memenuhi harapan mereka. Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya menerapkan sistem evaluasi secara teratur untuk memastikan bahwa peningkatan mutu dalam pendidikan Islam dapat terus berkelanjutan. Dengan menerapkan Total Quality Management (TQM) ini, diharapkan pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membangun masyarakat yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Dengan menerapkan Total Quality Management (TQM) ini, diharapkan pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membangun masyarakat yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Sejarah Islam Lokal: Tokoh, Pendidikan Islam, dan Tradisi

Buku ini berisi kumpulan tulisan mahasiswa Program Studi Magister Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hasil riset mini untuk memenuhi tugas matakuliah Sejarah Islam Lokal. Sebagai kumpulan tulisan, tentu tema yang dibahas dalam buku ini cukup beragam. Benang merah yang menyatukan berbagai tulisan itu adalah tema besarnya, yakni sejarah Islam lokal yang mencakup tiga tema utama: tokoh, lembaga pendidikan, dan tradisi.

Benang merah yang menyatukan berbagai tulisan itu adalah tema besarnya, yakni sejarah Islam lokal yang mencakup tiga tema utama: tokoh, lembaga pendidikan, dan tradisi.

Jejak Intelektual Pendidikan Islam

Generasi Salafiyah dan Khalafiyah

Sejumlah ilmuwan, wabil khusus ilmuwan di bidang Pemikiran, membedakan makna ilmu dan pengetahuan secara spesifik. Pengetahuan diartikan sebagai informasi mentah yang didapat melalui interaksi alat indera dengan objek informasi. Contohnya, si Fulan melihat gunung, maka pada saat itu si Fulan tahu bahwa gunung berbentuk segitiga tak beraturan, gunung adalah bebatuan, warna gunug kecoklatan, dan penggambaran lain yang sifatnya sangat dasar. Si Fulan hanya sampai pada batas mengetahui bentuk atau sifat verbal gunung. Akan tetapi, si Fulan belum memiliki teori tentang aktifitas dan kehidupan gunung secara radikal. Sedangkan ilmu adalah konsep teori yang memiliki muatan ilmiah.

Jika pendidikan karakter dalam cakupannya masih luas, maka pendidikan karakter yang diperbincangkan saat ini memerlukan penafsiran terus menerus. Setidaknya, perbicangan tentang pendidikan karakter saat ini masih dalam tahapan dasar.

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan Penulis : Fahrul Rahman, Muzakkir, Ummu Kalsum, Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-0030-015 No. ISBN : 978-623-421-279-2 Terbit : Agustus 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu buku acuan dalam Pendidikan Islam yang khusus mengkaji pemikiran salah satu tokoh Pendidikan Islam di Indonesia yakni KH. Ahmad Dahlan. Buku ini diharapkan menjadi acuan bagi para mahasiswa, pemerhati dan penggiat Pendidikan Islam, serta masyarakat umum. Substansi yang disajikan dalam buku ini kaya akan berbagai pembahsan mengenai konsep dasar Pendidikan Islam itu sendiri, Biografi KH Ahmad Dahlan, Pendidikan akhlak menurut KH Ahmad Dahlan, Corak Pendidikan Akhlak KH Ahmad Dahlan di Era Modernisasi. Pembahasanya pun diharapkan mampu melahirkan khazanah keilmuan yang luas tidak hanya pada pemahaman Pendidikan Islam tapi pada pembahasan mengenai akhlak yang tentu sangat penting dalam Pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan Penulis : Fahrul Rahman, Muzakkir, Ummu Kalsum, Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-0030-015 No. ISBN : 978-623-421-279-2 Terbit : Agustus 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan ...

Metode Pendidikan dalam Perspektif Alquran, Metode Kisah dalam Al-Quran dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam

Seri Antologi Pendidikan Islam

Buku digital ini berjudul "Metode Pendidikan dalam Perspektif Alquran, Metode Kisah dalam Al-Quran dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.

Nyaris seluruh bagian surat Yusuf, salah satu yang terpanjang didalam AL-Quran, mengisahkan kehidupan dan keluarganya. ... Sebagaimana halnya dengan nabi-nabi lainnya, orang yang beriman yang membaca kisah nabi Yusuf akan menemukan ...

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...

Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam

Sistematika Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Paradigma Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Masalah Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Latar Belakang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Research Gap dan Novelty dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Rumusan Masalah dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Kajian Teori dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Jenis Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam, Teknik Pengumpulan Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, dan Menyusun Artikel Jurnal Bidang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam.

Sistematika Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya.