Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

Pendidikan Sains dan Teknologi

Transformasi sepanjang masa untuk kemajuan peradaban

Kemunculan dan kemajuan sains dan teknologi telah mendorong kemajuan peradaban manusia. Sains, teknologi, dan peradaban telah menjadi tiga serangkai yang terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan ketiganya sangat ditentukan oleh satu komponen lain yaitu PENDIDIKAN. Buku PENDIDIKAN SAINS & TEKNOLOGI ini menyajikan secara utuh dan menyeluruh tentang bagaimana sains, teknologi, peradaban, dan pendidikan saling terkait satu sama lain. Lebih lanjut, buku juga menawarkan gagasan tentang bagaimana menyelenggarakan pendidikan sains dan teknologi yang efektif dalam rangka mewariskan dan mengembangkan keduanya dari generasi ke generasi. Perkembangan dan perubahan peradaban juga menuntut pendidikan sains dan teknologi untuk ikut berubah. Transformasi pendidikan sains dan teknologi dari waktu ke waktu pun menjadi keniscayaan. Faktor pendorong serta bentuk transformasi pendidikan sains dan teknologi menjadi penutup buku ini.

Menurut tempat terjadinya, pendidikan sains dan teknologi dapat memiliki ruang lingkup yang sangat luas, yaitu dapat terjadi dimana pun, mulai dari rumah, sekolah, lingkungan alam, lingkungan masyarakat, lingkungan kerja, ...

CALL FOR BOOK TEMA 1 (Teknologi pendidikan)

Tujuan Pendidikan Elfachmi (2015:16) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan, oleh karena itu tujuan pendidikan memiliki dua fungsi: ...

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

Peran Fisikawan Indonesia dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Era Society 5.0

Buku ini berisikan kumpulan Ilmu Ilmiah Fisika, dimana ide-ide yang tertuang dalam paper tersebut diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan keilmuan dan karya-karya yang lebih hebat dari yang pernah ada. Penyusunan buku ini didasarkan pada pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, sehingga diharapkan buku ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan ilmu dan teknologi kedepannya.

Buku ini berisikan kumpulan Ilmu Ilmiah Fisika, dimana ide-ide yang tertuang dalam paper tersebut diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan keilmuan dan karya-karya yang lebih hebat dari yang pernah ada.

Pendidikan Global Berbasis Teknologi Digital di Era Milenial

Secara teoritis, pendidikan mengandung makna “memelihara” (opvoe nding) bagi peserta didik agar memperoleh kepuasan spiritual, yang juga bermuara pada pengembangan fitrah damn kapasitas dasar versi manusia. Dari satu pengertian, pengertian lain dapat disimpulkan sebagai berikut: Pedoman ini diberikan oleh umat Islam (dewasa) dengan penuh kesadaran memberikan pelayanan bagi pertumbuhan rohani anak-anak. Dari segi bahasa pendidikan dapat dipahami sebagai tindakan pendidikan (hal, cara, dll); dan juga berarti pengetahuan tentang makanan atau pemeliharaan (latihan, dll. ) dari tubuh, pikiran, dll.

Secara teoritis, pendidikan mengandung makna “memelihara” (opvoe nding) bagi peserta didik agar memperoleh kepuasan spiritual, yang juga bermuara pada pengembangan fitrah damn kapasitas dasar versi manusia.

Manajemen Pendidikan

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi dibidang pendidikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: Konsep dasar manajemen pendidikan, Organisasi lembaga pendidikan, Kurikulum pendidikan, Sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen kepemimpinan, Manajemen kelas, Manajemen berbasis sekolah, Manajemen mutu dan akreditasi, Manajemen pembiayaan, Manajemen humas, Tata laksana lembaga pendidikan, Problematika pendidikan Indonesia, Kebijakan pendidikan Indonesia, dan Inovasi pendidikan Indonesia. Buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari para pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

... Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), pp. 199–207. Suardi M (2017) 'Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap ... Humas Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah', Jurnal Heriansyah 186 Manajemen Humas.

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

Filosofi, Konsep, dan Aplikasi

Berapa banyak sekolah-sekolah yang tidak dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara optimal, hanya masalah keuangan, baik untuk menggaji guru maupun untuk mengadakan sarana dan prasarana pembelajaran. Dalam kaitan ini, meskipun tuntutan reformasi pendidikan yang murah dan berkualitas, namun pendidikan yang berkualitas senantiasa memerlukan dana yang memadai. Dalam falsafah jawa dikenal dengan Jer Basuki Mawa Beya,. Proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya, karena segala kegiatan yang dilakukan sekolah perlu dana. Hampir dapat dipastikan bahwa proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya yang memadai. Implikasi diberlakukannya kebijakan desentralisasi pendidikan, membuat para pengambil keputusan sering kali mengalami kesulitan dalam meminij dan mendapatkan referensi tentang komponen pembiayaan pendidikan. Kebutuhan tersebut dirasakan semakin mendesak sejak dimulainya pelaksanaan otonomi daerah yang juga menutut semua bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan harus transparansi, akutabel, efektif dan efisien, terutama dalam pengelolaan biaya. Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan ini, hadir sebagai buku ajar memberi pemahaman, pendalalam, dan pengaplikasian pembiayaan pendidikan. Pembahasan yang singkat, padat, jelas, dan disertai berbagai ilustrasi gambar, serta model-model aplikasi pembiayaan pendidikan. Penyajiannya diawali dengan; Paradigma Pengelolaan Biaya Pendidikan, selanjutnya berturut-turut menyajikan; Konsep dan sistem manajemen pembiayaan pendidikan; Perencanaan anggaran biaya; Analisis sumber pembiayaan; Pengelolaan biaya investasi; biaya modal kerja; biaya operasional; Akutansi biaya pendidikan; Produksi dan funsi biaya; Analisis BEP; Evaluasi, pengawasan dan pertaggungjawaban. Pada bagian akhir dilengkapi dengan Model penguatan tatakelola biaya pendidikan menuju transparansi akutambilas biaya pendidikan. Buku ini dapat dijadikan referensi untuk bidang Manajemen pembiayaan pendidikan, khusunya bagi mahasiswa yang sedang mendalami Manajemen Pendidikan di S1-S2, mapun S3. Serta ditujukan pula untuk berbagai kalangan pembaca maupun kalangan umum yang tertarik dengan manajemen pembiayaan pendidikan.

Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan ini, hadir sebagai buku ajar memberi pemahaman, pendalalam, dan pengaplikasian pembiayaan pendidikan.