Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfkir Kritis dan Kreatif

Judul : Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfkir Kritis dan Kreatif Penulis : Rani Darmayanti, Tobroni, dan Joko Widodo Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 180 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-211-3 No. E-ISBN : 978-623-505-212-0 (PDF) SINOPSIS Buku ini membahas dasar-dasar teori filsafat dalam konteks pendidikan matematika, memberikan perspektif mendalam tentang bagaimana filosofi dapat memengaruhi pemahaman dan pengajaran kita tentang matematika. Pembaca dikenalkan dengan konsep penting seperti instrumentalisme, konstruktivisme, dan realisme matematika setelah penulis menjelaskan landasan filosofis yang mendasari pendekatan pendidikan matematika. Pembaca diajak untuk melihat matematika sebagai disiplin yang diperkaya oleh berbagai perspektif filosofis daripada hanya kumpulan rumus dan teknik. Buku ini juga membahas bagaimana teori filsafat dapat diterapkan dalam pembelajaran dan pengajaran matematika. Penulis meneliti berbagai cara di mana pendekatan konstruktivis dan sosio-konstruktivis dapat diterapkan dalam desain kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi hasil belajar. Dibahas juga peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan filosofi. Buku ini tidak hanya membahas teori filsafat secara konseptual, tetapi juga memberikan studi kasus dan contoh praktis untuk membantu pembaca memahaminya dengan lebih baik. Oleh karena itu, buku ini akan menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi pendidik matematika yang ingin memperkuat praktik pengajaran mereka dengan basis filosofis yang teguh.

... Philosophy and Mathematics: Toward a General Theory of Reality. A Course of Philosophy and Mathematics: Toward a General Theory of Reality, 1–492. Lari, T. (2024). What counts as relevant criticism? Longino's critical contextual ...

Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika

Evaluasi Pembelajaran Matematika (MKB IN 0348) dengan jumlah bobot 3 SKS merupakan salah satu mata kuliah keahlian pedagogik yang wajib dipelajari mahasiswa semester V (lima) prodi Pendidikan Matematika STKIP Gotong Royong Masohi. Tujuan dari perkuliahan ini membekali mahasiswa sebagai calon guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika serta kompeten dalam mengaplikasikannya. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini yaitu hakikat evaluasi pembelajaran, ruang lingkup evaluasi pembelajaran, pengembangan penilaian tes uraian, pengembangan penilaian tes objektif, pengembangan penilaian nontes, analisis kualitas instrumen, teknik menganalisis item hasil belajar, teknik pengolahan penilaian dan tindak lanjut hasil evaluasi. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan diskusi, latihan dan tugas guna meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi buku ajar ini. Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas instrumen, dan membuat keputusan tentang hasil analisis.

Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas ...

Kajian Permasalahan Pembelajaran Matematika

Pandemi Covid-19 berdampak di semua bidang, termasuk pendidikan. Aktivitas pembelajaran di sekolah yang tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya, kendala pembelajaran jarak jauh, keterbatasan sarana dan prasaran penunjang, merupakan sebagian kecil dari permasalahan yang muncul akibat kejadian tersebut. Terlebih dalam pembelajaran matematika, adanya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian siswa di sekolah. Hal inilah yang mendasari penerbitan buku ini. Melalui tulisan di buku ini, diharapkan bisa memberikan gambaran tentang kajian berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika di era pandemi Covid-19 dan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

pembelajaran yang dirancang guru juga mengalami perubahan, kondisi yang terjadi interaksi antara guru dan siswa pada saat ... Sumber Daya Manusia yang berinovasi dari berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi, upaya belajar dan ...

Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Konsep dan Penerapan

Pembelajaran matematika saat ini masih menjadi salah satu pembelajaran yang cukup sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan karena guru masih mengajarkan peserta didik secara konvensional dan masih memperkenalkan konsep abstrak di awal proses pembelajaran. Kesulitan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika menyebabkan hasil belajar peserta didik juga menurun. Buku ini membahas: Bab 1 TIK dalam Pembelajaran Matematika Bab 2 Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK Bab 3 Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Bab 4 Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Bab 5 LMS-Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Berbasis TIK Bab 6 Desain Bahan Ajar Matematika Berbasis TIK

Permendikbud 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan pula bahwa sebuah bagian integral dari perencanaan pembelajaran berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), penyusunan pembelajaran, ...

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Kemampuan berpikir kreatif selalu menjadi tujuan pendidikan dari masa ke masa. Kreativitas seseorang itulah yang mengubah peradaban. Restorasi, revolusi, atau inovasi memerlukan kemampuan berpikir kreatif di luar kebiasaan. Seseorang perlu terbuka, berpikir independen, fleksibel dan imajinatif untuk mewujudkan perubahan yang orisinal dan “baru” tetapi tetap bermanfaat di bidangnya. Dalam belajar matematika, seorang siswa perlu dibekali tidak hanya pemahaman dan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kebiasaan itu diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini perkembangan teknologi seakan mengejar semua sistem kehidupan manusia, termasuk pendidikan matematika. Integrasi dalam kehidupan maupun pembelajaran tidak dapat dielakkan lagi. Sementara, guru belajar satu teknologi maka teknologi lain bermunculan yang lebih canggih, efektif, dan efisien. Adaptasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran diperlukan terus menerus dan berkesinambungan. Peserta didik rata-rata dilahirkan dalam lingkungan teknologi yang canggih, sehingga adaptasi dan keterampilannya dalam berteknologi lebih baik. Agar pembelajaran tetap menarik dan memotivasi peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kreatifnya, maka integrasi teknologi itu semakin diperlukan. Untuk itu perlu dikembangkan model intrgrasinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Kompetensi professional guru seharusnya meliputi penguasaan materi (subject matter knowledge) dan kemampuan mendesain ... studi yang lebih baru telah mengalihkan fokus ke pengembangan pengetahuan guru mereka (Clark-Wilson, Robutti, ...

Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika

Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.

Buku ini merupakan buku referensi.

MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : Dengan Pendekatan Quantum Teaching

Pendidikan memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat peserta didik, memperluas dan mengembangkan horizon keilmuwan mereka dan membantu mereka agar mampu menjawab tantangan dan gagasan baru di masa datang. Sehingga pendidikan, khususnya sekolah, harus memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan peserta didik tentang dunia. Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan karena digunakan secara luas dalam segala bidang kehidupan manusia adalah matematika. Mengingat peranan matematika yang begitu penting, maka pelajaran matematika diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Namun kenyataan dilapangan, pelajaran matematika masih dianggap sebagai momok yang menakutkan juga membosankan. Kondisi ini mengakibatkan mata pelajaran matematika tidak disenangi dan tidak diperdulikan. Sangatlah penting bagi guru memahami karakteristik peserta didik dan metodologi pembelajaran dalam proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan pemilihan terhadap model pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih harus sejalan dengan topik pelajaran yang akan disajikan. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk membuat peserta didik lebih aktif adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat digunakan yaitu dengan pendekatan Quantum Teaching. Pendekatan Quantum Teaching adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk berperan aktif dalam belajar dengan menggunakan pengetahuan dasar peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan memperoleh pengetahuan baru Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pendidikan memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Buku Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa dalam memahami apa saja yang harus dipedomani dalam pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini, seperti pengambilan data, pemilihan materi, soal, dan lain-lain. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku ini.

Integrasi kurikulum misal menggunakan projek tematik yang menggabungkan matematika, sains, membaca dan menulis. anak, Peran guru dalam pembelajaran konstruktivisme adalah bukan memberikan jawaban akhir atas pertanyaan melainkan ...