Sebanyak 8 item atau buku ditemukan

Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21

Guru dan kurikulum merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan pendidikan. Begitu pentingnya peran guru dan kurikulum dalam mentransformasikan input pendidikan, tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan peningkatan kualitas guru dan proses pengembangan kurikulum. Indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan, sebut saja Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum prototipe 2022. Istilah kurikulum sendiri menjadi topik menarik dan hangat untuk diperbincangkan, karena keberadaannya terus mengalami adaptasi seiring tuntutan zaman. Abad teknologi informasi dengan berbagai kecanggihan teknologi digital menuntut banyak perubahan pola pembelajaran yang dilakukan pelaku pendidikan. Desain kurikulum, dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran harus disiapkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan yang terjadi. Buku Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 yang ada di hadapan para pembica, berupaya menawarkan solusi tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, secara teori, historis, kebijakan terkini, maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplematasikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Adapun kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponenkomponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...

Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital. Perubahan ini seiring dengan integrasi strategi pembelajaran dengan Information and Communication Technologies (ICT). Penyajian serba digital pada perkembangan pembelajaran abad 21 akan berdampak terhadap stategi pembelajaran seperti halnya konten pembelajaran. Konten pembelajaran berbasis digital dapat dibuat dalam bentuk e-book atau e-modul. Buku ini terdiri dari enam bab utama beserta subbab dengan pembahasan yang telah disesuaikan dengan kerangka kajian pengembangan yang sederhana. Dengan diterbitkannya buku ini maka diharapkan dapat menjadi sumber kajian pengembangan e-modul untuk para pengajar dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan naskah digital guna memaksimalkan literasi digital

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital.

METODE PEMBELAJARAN ABAD 21

Panduan Penerapan Bagi Guru SMP/MTs

Buku ini berisikan panduan praktis penerapan dari beberapa metode dalam pendekatan saintifik. Dilengkapi juga dengan simulasi penerapan metode pembelajaran tersebut untuk setiap rumpun mata pelajaran yang ada di MTs atau SMP. Sehingga dapat langsung dipraktekkan oleh para guru dikelas mereka masing-masing.

literasi bagi para peserta didik; 5) perencanaan tindak lanjut, penguatan dan remedial dari sebuah pelaksanaan pembelajaran; 6) integrasi antara kompetensi dasar, materi pembelajaran, indicator, serta sumber belajar dalam kegiatan ...