Sebanyak 368 item atau buku ditemukan

OECD Public Governance Reviews Enhancing Public Accountability in Spain Through Continuous Supervision

Spain has undertaken a series of reforms over the last decade to strengthen the government’s ability to deliver high-quality services to citizens and businesses, while enhancing transparency and accountability. One major effort spearheaded by the National Audit Office (Oficina Nacional de Auditoría or ONA) is the continuous supervision system (SSC), a risk-based methodology that acts as a litmus test for the financial health, effectiveness and sustainability of public institutions.

In addition, to further define the role of the IGAE in relation to the SSC, the Ministry of Finance and Civil Service ... Office (Oficina Nacional de Contabilidad, ONC), responsible for the planning and management of public accounting.

Bunga Rampai: Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting yang sangat menentukan dalam satuan sistem pendidikan, dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Oleh karena itu, pelaksana di sekolah harus mengelola kurikulum dengan baik, agar hasil pembelajarannya akan lebih efektif, untuk mewujudkan itu, maka memerlukan manajemen yang baik. Manajemen kurikulum pendidikan Islam ini dimaksudkan supaya proses pendidikan yang akan berlangsung di sekolah atau madrasah dapat terarah dan terkoordinasi dengan sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam pengelolaan kurikulum sangat dipentingkan tinjauan-tinjauan teoritis dan praktis agar kurikulum yang dikelola dapat selalu sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan pribadi subyek didik.

Siti Yumnah dkk. 1. Kegiatan Guru PAI sebagai Implementer kurikulum Guru diharapkan berperan untuk melaksanakan kurikulum yang telah disusun, misalnya Kurikulum yang diberlakukan seperti Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka, maka guru PAI ...

Pengembangan Kurikulum PAI

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik. Buku ajar ini merupakan suplemen dari sekian buku referensi yang sudah ada, yang disesuaikan dengan kajian Pendidikan Agama Islam di sekolah maupun di madrasah. Kajian dalam buku ini praktis dan lebih realistis, dengan kajian khusus konsep dan fenomena di sekolah dan madrasah. Mahasiswa diharapkan lebih mudah mempelajarinya sesuai dengan kenyataan yang dihadapi dalam lembaga pendidikan, khususnya di sekolah dan madrasah. Kehadiran buku ajar ini berhubungan langsung dengan mata kuliah yang terdapat di Fakultas Agama Islam, baik pada Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2), sehingga bab-bab yang dibahas dalam buku ini disesuaikan dengan kajian-kajian yang dipelajari oleh para mahasiswa. Selain itu, gagasan-gagasan teoretis berasal dari beberapa referensi yang telah ada, ditambah pula kajian secara praktis.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik.

Inovasi belajar & pembelajaran PAI : teori dan aplikatif

Pendidikan memiliki peranan strategis dalam menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara. Kemajuan suatu kebudayaan tergantung kepada cara kebudayaan tersebut mengenali, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM). Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota masyarakatnya, salah satunya kepada peserta didik.

Henry C. Morrison di Laboratory School Universitas Chicago tahun 1926 kemudian model Mastery Learning ini dikembangkan oleh Bloom dan Carrol pada tahun 1963 berdasarkan penemuannya mengenai model belajar yaitu "Model School Learning".

Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti sebagai Implementasi Pendidikan Karakter

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan idaman bagi setiap insan beriman. Banyak buku literatur yang menyajikannya, semua itu bertujuan sama, yakni bisa dipahami sebagai pedoman untuk mengamalkan ajaran agama Islam, yang meliputi: Al-Qur’an, Aqidah, Akhlaq, Syari’ah, dan Tarikh dalam kehidupan sehari-hari. Buku Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti sebagai Implementasi Pendidikan Karakter, merupakan sebuah buku yang menekankan metode pembelajaran yang bersifat konstruktif/membangun. Jiwa siswa harus selalu aktif membangun pengetahuan dan pemahaman. Guru bukan sekedar memberi informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru harus mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berfikir kritis, baik yang menyangkut peningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT., berbuat baik kepada sesama manusia, dan makhluk lain sebagai ciptaan-Nya. Pembangunan jiwa inilah sebagai embrio yang akan melahirkan karakter insan beriman yang akan mewarnai semua aspek kehidupan secara baik dan benar.

Beberapa model pembelajaan yang didasarkan pada konstruktivistik adalah discovery learning, reception learning, assisted learning, active learning, the accelerated learning, quantum learning, dan contextual teaching and learning (CTL) ...

PAI Textbook of Paediatrics

The approaches include principles based on speech therapy, occupational therapy, sensory integration, behavior modification and special education. Various models of structured interventions exist including Early Start Denver Model ...

PAI Interdisipliner

Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum berbasis Karakter

Proses pendidikan membutuhkan kesiapan semua pihak lembaga pendidikan terutama pihak internal lembaga pendidikan untuk dapat memberikan pelayanan yang relevan dengan kondisi peserta didiknya. Layanan khusus perlu disediakan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus, kenakalan remaja perlu dihadapi dengan strategi pembinaan yang tepat, dikotomi ilmu agama dan umum perlu diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga tidak muncul pemahaman yang terpisah antara keduanya, kekerasan dalam pendidikan perlu dikendalikan sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam, begitupun kurikulum pendidikan pada lembaga pendidikan perlu diarahkan dan diatur agar dapat menumbuhkan karakter-karakter yang baik pada peserta didik. Buku ini, sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi para guru dan para pimpinan lembaga pendidikan dalam rangka memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholdersnya yang beranekaragam kebutuhannya agar tetap mendapatkan layanan pendidikan yang berorientasi menjadi manusia yang lebih baik di masanya yang akan datang. Buku PAI interdisipliner: layanan khusus cibi, kenakalan remaja, integrasi imtaq & iptek, pendidikan anti kekerasan, dan kurikulum berbasis karakter ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Sebagai model pelayanan, akselerasi dapat diartikan sebagai model layanan pembelajaran cara lompat kelas, misalnya bagi ... 4Dave Meier, The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan ...