Sebanyak 643 item atau buku ditemukan

Manajemen Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Agama

Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran PAI perspektif TQM beradaptasi sesuai dengan nilai-nilai Islam yakni pendidikan agama tidak dapat sepenuhnya menggunakan teknologi digital, sehingga guru tetap mendampingi siswa sebagai role model. Implementasi TQM dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi terbaru dan canggih akan memberikan kemudahan bagi lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan tujuan pendidikan, meningkatkan prestasi, motivasi, dan keterlibatan siswa. Selain itu, penerapan media pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan literasi sains dan sikap ilmiah siswa. Namun proses pembelajaran berbasis teknologi akan menghambat pembelajaran dan mengurangi kreativitas siswa, karena dengan teknologi akan mengalihkan perhatian siswa terhadap belajar. Buku ini akan membahas model penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran PAI baik dalam implementasinya maupun implikasinya. Diharapkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat menggunakan media teknologi dengan bijak. Wallahu a’lam bishawab.

... pembelajaran PAI, kedua menggunakan teknologi dalam pengajarannya, dan ... evaluasi pendidikan agama di sekolah cenderung menekankan pada aspek ... PAI di sekolah? Apakah penggunaan Teknologi digital akan mempermudah dan membuat ...

Teknologi Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid-19

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajar, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah ini dapat menjadi sumber literasi tentang pemanfaatakn aplikasi-aplikasi digital pada pembelajaran e-learning pada masa pandemi ini. Buku ini terdiri dari sepuluh bab terkait dengan Mengenal Mata Kuliah TEP pada aspek Apa Pengertian Teknologi Pendidikan, Landasan Teknologi Pendidikan, Falsafah Teknologi Pendidikan, Bagaimana Visi, Misi, dan tujuan Teknologi Pendidikan, apa itu Konsep Teknologi Pendidikan, Bagaimana Kawasan Teknologi Pendidikan serta Mengembangkan Desain Pembelajaran Daring Inovatif, kreatif dan Menyenangkan berbasis Teknologi Pembelajaran agar belajar anak menjadi bermakna dalam mengembangkan kompetensinya di era industry 4.0 Garudhawaca.

... evaluasi, belajar kolaborasi atau mandiri. 2. Implementasi E-Learning Sistem ... (PAI) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,” Indonesian Journal ... Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid ...

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran : Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif

Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan teknologi media. Buku ini ditujukan untuk para pendidik, pengembang kurikulum, dan praktisi pembelajaran yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang efektif dan inovatif. Dalam buku ini, penulis menjelajahi konsep-konsep dasar pembelajaran yang mendukung penggunaan teknologi media dalam proses pembelajaran. Mereka menguraikan prinsip-prinsip desain yang terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan. Para pembaca akan diperkenalkan pada teori-teori pembelajaran terkini, termasuk pendekatan berbasis kognitif, konstruktivis, dan kontekstual, serta bagaimana menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam merancang pengalaman pembelajaran yang menggugah minat dan memaksimalkan pemahaman siswa. Buku ini juga membahas berbagai teknologi media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk video, audio, gamifikasi, simulasi, dan platform pembelajaran online. Para pembaca akan mempelajari cara mengintegrasikan teknologi ini ke dalam desain pembelajaran yang efektif, termasuk strategi penggunaan yang tepat dan evaluasi yang sistematis. Terdapat juga panduan praktis untuk memilih alat dan sumber daya yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa. Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya mengadaptasi pengalaman pembelajaran dengan mengikuti tren dan inovasi terkini dalam pengembangan teknologi media. Para pembaca akan diajak untuk berpikir secara kreatif dalam merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa masa kini. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" memberikan panduan yang komprehensif bagi para praktisi pembelajaran yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi media. Buku ini mengilhami para pembaca untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang memotivasi, interaktif, dan relevan, sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai potensi belajar mereka yang penuh.

Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan ...