Sebanyak 18 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Micro Teaching

Mengajar dalam Teori dan Praktik

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, sehingga sangat minim kesempatan mereka untuk mengakses informasi di sela-sela waktu istirahatnya. Hal ini juga diperparah dengan mahasiswa yang sudah berkeluarga dan hidup dalam tatanan sosial kemasyarakatan yang juga banyak menuntut waktu mereka. Dengan demikian buku ini dihadirkan untuk melengkapi khazanah pengetahuan dan kepustakaan maha-siswa dalam melaksanakan perkuliahan khususnya mahasiswa yang tergolong punya banyak kesibukan.

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet.

Modul Micro Teaching

Praktik mikro teaching sangat diperlukan dalam mempersiapkan calon Guru agar nantinya dapat bekerja sebagai guru secara lebih profesional. Dalam modul ini diketengahkan mengenai bagaimana merancang, membuka dan kegiatan inti dalam proses pembelajaran dan diakhiri dengan penutup, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan menarik sesuai standar PAIKEM.

Praktik mikro teaching sangat diperlukan dalam mempersiapkan calon Guru agar nantinya dapat bekerja sebagai guru secara lebih profesional.

Modul Hakikat Pembelajaran Micro Teaching

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan. Selain menuntut kesiapan dan penguasaan materi ajar, yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menghadapi calon siswa dengan berbagai karakter. Tak hanya itu, mahasiswa calon guru juga harus menyiapkan diri dengan kompetensi pedagogik yang relevan. Terkait dengan empat kompetensi pendidik, ada beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai mahasiswa calon pendidik. Keterampilan dasar itu meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengelola kelas. Semua keterampilan tersebut adalah dasar-dasar 'gaya' pedagogik seorang pendidik. Disajikan dengan gaya ringkas, berbagai keterampilan dasar tersebut dapat dipelajari melalui buku pengaya ini.

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan.

Micro Teaching (Pengembangan Kemampuan Mengajar)

Micro teaching adalah salah satu implementasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dasar mengajar calon guru/guru yunior, dan juga sebagai tuntutan pengembangan professional guru. Calon guru,guru yunior harus terus memperdalam kemampuan mengajarnya dengan banyak berlatih melalui micro teaching, sehingga dapat diperoleh kemampuan yang maksimal dan lebih berkualitas. Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Buku disusun utuk memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa sebagai calon guru, disamping itu, dapat juga dijadikan pedoman dalam praktik laboratorium micro teaching dan praktik pengalaman lapangan (PPL), serta bermanfaat dalam menjembatani jika terjadi perbedaan pendapat antara mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pembelajaran micro teaching. Buku ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru atau mahasiswa calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan dasar mengajar, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, dan keterampilan menutup pelajaran.

Ketua bidang Pendidikan P2TP2A Kota Lhokseumawe Aktifitas yang pernah diikuti, Pemberdayaan Ulama Perempuan, Medan 2001, Pelatihan TOT HAM Banda Aceh 2000, TOT Psikologi/Konseling Untuk Anak, Jakarta 2004. Pelatihan Trafiking 2007 ...

DASAR-DASAR MICRO TEACHING

Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori.

... yang sesuai untuk mengatasi perilaku tersebut dan menjadikan mereka target dalam program remedial, bekerja sama dengan mitra dan konselor, memilih perilaku peserta didik yang harus diubah dan memberikan berbagai variasi penguatan.

Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa akan menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa sebagai calon guru. Buku ini juga memaparkan konsep pengembangan rencana pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan. Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa sebagai calon guru PPL akan mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat melakukan praktek pengajaran di lapangan. Buku ini juga memaparkan secara sistematik konsep pengembangan rencana pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan pada saat ini. Proses pembelajaran yang dirancang di dalam buku ini akan mendorong terciptanya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga out-putnya siswa dapat mengembangkan konsep berpikir kritis dan solving problem.

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku ...