Sebanyak 704 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD

Buku ini diharapkan pula dapat menjadi salah satu referensi bagi dosen, guru, praktisi pendidikan, dan mahasiswa calon guru PAUD yang membutuhkan materi terkait media dan sumber belajar bagi anak usia dini.

Buku ini diharapkan pula dapat menjadi salah satu referensi bagi dosen, guru, praktisi pendidikan, dan mahasiswa calon guru PAUD yang membutuhkan materi terkait media dan sumber belajar bagi anak usia dini.

Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini

Buku ajar ini terdiri dari delapan BAB, dimana setiap BAB dilengkapi dengan pemetaan hasil penelitian melalui bibliometric study, rangkuman, pendalaman materi, dan latihan soal. Buku ajar ini membahas tentang ruang lingkup media pembelajaran; pemilihan media dan sumber belajar; penggunaan media dalam pembelajaran dengan model ASSURE; media loose part; alat permainan edukatif; pembuatan media dengan wordwall; pembuatan media dengan gamilab; pembuatan media dengan kahoot. Penulis mengakui bahwa buku ajar ini tidak sempurna, sehingga saran dan kritik dari pembaca sangat diperlukan untuk perbaikan. Semoga buku ajar ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca terkhusus mahasiswa sebagai referensi dalam upaya menerapkan berbagai media pembelajaran inovatif pada anak usia dini.

Buku ajar ini terdiri dari delapan BAB, dimana setiap BAB dilengkapi dengan pemetaan hasil penelitian melalui bibliometric study, rangkuman, pendalaman materi, dan latihan soal.

Kreatif Merancang Media Dan Sumber Belajar Di PAUD

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Buku ini penulis desain untuk memudahkan mahasiswa PIAUD semester 3 dalam memahami materi perkuliahan dan dapat melakukan praktek secara mandiri baik yang berupa tugas individual maupun kelompok. Proses pembelajaran yang efektif, menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi anak dipengaruhi oleh berbagai unsur, antara lain; guru yang memahami secara utuh hakikat, sifat dan karakteristik anak; strategi dan metode pembelajaran yang berpusat pada kegiatan anak; prasarana dan sarana belajar anak yang memadai, serta tersedianya berbagai media dan sumber belajar yang mampu mendukung anak untuk belajar, dan lain sebagainya. Secara khusus, tersedianya berbagai media dan sumber belajar akan mendukung penciptaan kondisi belajar anak yang menarik dan menyenangkan. Buku Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi perkuliahan ini.

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama ...

Dakwah Melalui Budaya: Metode dan Media Dakwah Ustadz Fadzlan Garamatan di Papua

Buku ini mengkaji tentang kaitan komunikasi dan budaya dalam Islam yang bertujuan mengungkapkan sisi unik kiprah dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan di Papua. Ustaz yang dijuluki dengan nama Ustadz Sabun Mandi ini memperkenalkan Islam kepada masyarakat Papua melalui pendekatan budaya. Semakin memahami budaya masyarakat semakin mudah dai berdakwah. Terdapat kesamaan teori Samovar dan Porter dengan metode dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan yang mengatakan bahwa ada enam unsur budaya yang langsung memengaruhi seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain. Pertama, kepercayaan (beliefs), nilai (values), dan sikap (attitudes). Kedua, pandangan dunia (worldviews). Ketiga, organisasi sosial (social organizatation). Keempat, tabiat manusia (human nature). Kelima, orientasi kegiatan (activity orientation). Keenam, persepsi terhadap orang lain (perception of self and others). Dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan mengedepankan sopan santun dan akhlaq al karîmah. Persepsi masyarakat terhadap Ustaz Fadzlan merupakan realitas yang berkaitan dengannya. Menurut Deddy Mulyana, persepsi dalam komunikasi sama dengan persepsi mad’u terhadap daʻi maupun imam, didasarkan pada pengalaman daʻi dan imam dalam bersikap dan berakhlak dalam kesehariannya. Hasil penelitian yang dikupas dalam buku ini menegaskan bahwa komunikasi sebagai jembatan antara agama dan budaya dibuktikan oleh Ustaz Fadzlan Garamatan. Beliau dapat mengonversi budaya Papua menjadi budaya islami melalui dakwahnya.

Buku ini mengkaji tentang kaitan komunikasi dan budaya dalam Islam yang bertujuan mengungkapkan sisi unik kiprah dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan di Papua.

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi)

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif. Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisi pembahasan tentang konsep dasar media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI, pemilihan media pembelajaran, pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran. Pada bagian pertama disajikan konsep dasar media pembelajaran, landasan penggunaan, ciri-ciri, fungsi, dan kegunaan media pembelajaran. Selanjutnya, pembaca akan diperkenalkan dengan jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI serta pendekatan proses pemilihan media, faktor-faktor dalam pemilihan media, dan kriteria pemilihan media. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, dan pengembangan media pembelajaran model ADDIE, dan evaluasi media pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan panduan dan langkah-langkah dalam membuat media pembelajaran sederhana, manual media pembelajaran, serta cara membuat visual. Selain itu, para pembaca juga akan belajar tentang cara memilih sumber belajar yang tepat dan manfaat dari pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Buku ini cocok untuk guru-guru dan mahasiswa yang ingin mempelajari pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami konsep dasar, karakteristik, pemilihan, pemanfaatan, pembuatan, pengembangan, sumber belajar, dan evaluasi media pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam.

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan ...