Sebanyak 20 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

buku yang judul; “Manajemen Berbasis Sekolah”. Ini dimaksudkan tidak lain hanya untuk memberikan “kontribusi pemikiran” dalam ikut memperbaiki kondisi bangsa. Buku referensi ini merupakan buku kolaborasi yang ditulis oleh beberapa dosen, serta praktisi pendidikan.

buku yang judul; “Manajemen Berbasis Sekolah”.

Program manajemen berbasis sekolah

peningkatan mutu pendidikan dasar melalui manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat, dan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan : paket pelatihan awal untuk sekolah dan masyarakat

MENUJU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Kekuatan-kekuatan yang ada di sekitar organisasi dapat mempengaruhi organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Di dalam lembaga pendidikan, pengaruh yang langsung antara lain datang dari pihak pengelola, yaitu kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lain termasuk staf tata usaha (internal stakeholder). Pengaruh langsung juga diterima dari murid, orang tua murid, masyarakat, dan pemerintah (external stakeholder). Sedangkan kekuatan yang berpengaruh tidak langsung terhadap pendidikan antara lain : kemajuan teknologi, keadaan politik, perubahan sosial dan ekonomi. Perubahan yang terjadi karena pengaruh internal maupun eksternal, langsung maupun tidak langsung, merupakan aspek sasaran kerja manajemen. Sejauh ini manajemen memang diakui lebih dahulu lahir ketimbang organisasi. Hal itu dikemukakan karena organisasi merupakan rangkaian kerja manajemen, yang artinya bahwa proses manajemen membentuk sebuah organisasi. Akan tetapi, mungkinkan manajemen berjalan sebelum organisasi ada? Buku ini akan memberikan wawasan kepada 5 pokok diskusi menuju bentuk manajemen berbasis sekolah, yakni : 1.Konsep Dasar Manajemen 2.Konsep Dasar Pendidikan 3.Manajemen Dalam Pendidikan 4.Perkembangan Teori Manajemen Pendidikan 5.Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Buku ini akan memberikan wawasan kepada 5 pokok diskusi menuju bentuk manajemen berbasis sekolah, yakni : 1.Konsep Dasar Manajemen 2.Konsep Dasar Pendidikan 3.Manajemen Dalam Pendidikan 4.Perkembangan Teori Manajemen Pendidikan 5.Manajemen ...

PENGANTAR MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Untuk menciptakan masyarakat yang maju, maka yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah bagaimana mewujudkan pendidikan yang bermutu yang pada akhirnya mencapai tujuan. Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas.

Untuk menciptakan masyarakat yang maju, maka yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah bagaimana mewujudkan pendidikan yang bermutu yang pada akhirnya mencapai tujuan.

Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren

Dalam konsepnya baik manajemen berbasis sekolah, madrasah dan pesantren merupakan suatu bentuk kebijakan desentralisasi yang memberikan otonomi yang luas kepada sekolah, madrasah dan pesantren agar dapat meningkatkan mutu pendidikan, tetapi dalam prakteknya masih ada perlakukan-perlakuan yang berbeda oleh pemerintah dalam memperhatikan antara sekolah, madrasah dan pesantren. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai bahan diskusi tentang wawasan sekolah, madrasah maupun pesantren dalam melakukan pembenahan-pembenahan melalui strategi-strategi baru untuk meningkatkan kemajuan sehingga menjadi lembaga-lembaga pendidikan yang unggul.

2) Prinsip efisiensi, yaitu pengadaan sarana dan prasarana pendidikan harus di lakukan melalui perencanaan yang seksama, sehingga dapat diadakan sarana dan ...

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Pendidikan mempunyai peranan yang amat strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional yang tinggi dan menguasai megaskills yang mantap. Sejarah telah membuktikan bahwa kemajuan dan kejayaan suatu bangsa di dunia ditentukan oleh pembangunan di bidang pendidikan. Mereka menganggap kebodohan adalah musuh kemajuan dan kejayaan bangsa, oleh karena itu harus diperangi dengan mengadakan revolusi pendidikan. Secara empirik kita dapat mengamati bangsa-bangsa di Eropa dan Amerika, bahkan beberapa negara tetangga di kawasan Asia, seperti halnya Jepang dan Korea Selatan, mampu menjadi bangsa-bangsa terkemuka di dunia karena rakyatnya secara umum memiliki pendidikan yang baik dan berkualitas. Kualitas pendidikan di Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah. Bangsa Indonesia kini sedang dihadapkan pada persoalan-persoalan kebangsaan yang sangat krusial dan multidimensional. Permasalahan pendidikan yang sangat krusial yaitu rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan, antara lain melalui pendidikan dan pelatihan kompetensi guru, perbaikan sarana dan prasarana, pengadaan buku dan alat peraga, bahkan peningkatan mutu manajemen pendidikan. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Perbaikan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini yang masih relevan adalah melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan, yaitu melalui peningkatan manajemen pendidikan secara efektif.

Pendidikan mempunyai peranan yang amat strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keberdayaan dan kecerdasan emosional yang tinggi dan menguasai megaskills yang mantap.

Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yaitu model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepada sekolah atau madrasah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah atau madrasah sesuai dengan standar pelayanan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing Pihak dalam MBS Bab 6 Perencanaan dan Pengembangan Sekolah Bab 7 Strategi dan Implementasi MBS Bab 8 Faktor Pendukung Kesuksesan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bab 9 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 10 Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing ...

STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN PROFESIONAL

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya melalui pengembangan kurikulum nasional dan kurikulum lokal. Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, penggandaan buku-buku. Namun penggandaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan hasilnya belum memuaskan. Karena belum menunjukan peningkatan mutu yang merata. Masalah rendahnya mutu pendidikan tersebut, sebetulnya terutama terletak pada masalah pendidikan. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MBS). Oleh karena itu, pelaksanaannya harus dapat sejalan dengan jiwa dan semangat otonomi pendidikan. Buku ini membahas tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang terdiri dari Konsep dasar Manajemen Berbasis Sekolah sebagai reorientasi penyeleng­garaan pendidikan, strategi implementasi MBS sesuai dengan kondisi negara, daerah maupun sekolah masing-masing termasuk perencanaan pengembangan sekolah, Komunikasi Pendidik dengan Orang Tua, Sesama Pendidik, dan Masyarakat, Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) sebagai salah satu pilar MBS dimana juga dibahas kaitan pembelajaran dan manajemen kelas, konsep, pendekatan dan langkah-langkah manajemen kelas serta manajemen kelas berbasis ICT, dan diakhiri uraian tentang peningkatan profesi­onalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Mendukung MBS. Setiap bab dilengkapi dengan latihan, rangkuman dan hasil-hasil penelitian terkait serta pada akhir buku disajikan glosarium.

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.