Sebanyak 2144 item atau buku ditemukan

Manajemen Perbankan

Buku ini dapat digunakan sebagai referensi khususnya bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen Perbankan. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami sehingga akan membantu para mahasiswa dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah dan praktis. Di dalamnya memuat bab-bab berikut : Ruang lingkung bank Manajemen dana bank Manajemen kredit bank Manajemen suku bunga bank Manajemen jasa bank lainnya Manajemen SDM Perbankan Manajemen pemasaran bank Laporan dan rasio keuangan bank Manajemen likuiditas bank Manajemen permodalan bank

Letter of Credit (L/C) Letter of credit (L/C) merupakan salah satu jasa bank yang
diberikan kepada masyarakat untuk memperlancar arus barang (ekspor-impor),
termasuk barang dalam negeri (antar pulau). Kegunaan letter of credit adalah ...

Dasar-dasar manajemen bank syariah

Management and operation of Islamic banking in Indonesia.

... Letter of Credit dan lain - lain . ( d ) Jasa sosial , yaitu pelayanan sosial , bisa
melalui dana qard , zakat atau dana - dana sumbangan sesuai dengan
prinsipprinsip Islam . Di samping itu konsep perbankan Syariah juga
mengharuskan bank ...

Prinsip-prinsip dasar manajemen bank umum

penerapannya di Indonesia

Principles and management of bank operations in Indonesia.

Misalnya saja , sekalipun bank , bank umum tidak akan melaksanakan kegiatan membuat uang chartal . ... yang bagaimana yang diangkat sebagai pegawai , dan sebagainya , semuanya harus didasarkan pada kegiatan - kegiatan operasional bank .

Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil 2 (ed.5) Koran

Menjelaskan 12 mitos e-commerce dan cara agar tidak menjadi korban mitos- mitos tersebut. 3. ... Dua Belas Mitos E-Commerce Meskipun banyak wirausahawan telah memperoleh keuntungan melalui e-commerce, membangun toko di Web bukan jaminan ...

MANAJEMEN HUMAS SEKOLAH

Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan humas memiliki peran yang penting dalam sebuah lembaga pendidikan atau sekolah. Keberadaannya menjadi trend dalam dunia manajemen di Indonesia, ditandai dengan dibentuknya divisi humas baik dalam perusahan profit maupun non-profit. Demikian juga dalam dunia pendidikan dikenal wakil kepala sekolah bidang humas. Keberadaannya sangat penting karena ia sebagai penghubung bagi sekolah dengan masyarakat dalam memperkenalkan sekolah seperti memperkenalkan program-program unggulan yang akan dicapai, mempromosikan sekolah kepada para pengguna (masyarakat), menunjukkan keberhasilan peserta didik kepada khalayak ramai khususnya pada orang tua peserta didik. Peranan humas sekolah di era revolusi industri 4.0 saat ini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pengelolaan lembaga pendidikan (sekolah) yang bermutu. Munculnya sekolah-sekolah baru di sebuah lingkungan masyarakat tentunya menjadi tantangan baru dalam mempromosikannya baik di masyarakat sekitar maupun luar. Hal ini juga sekaligus menjadi ancaman bagi sekolah-sekolah lama yang berlokasi tidak jauh dari sekolah baru. Di sinilah humas sekolah dituntut berperan secara profesional bagaimana humas sekolah mampu dalam teknis maupun pengelolaan humas. Secara teknis, humas sekolah wajib memiliki seni kehumasan seperti menulis, mengambil gambar, mengedit, memberikan komentar, membuat event khusus, melakukan kontak telepon dengan media dan menangani produksi komunikasi. Selanjutnya pengelolaan humas sekolah berfokus pada kegiatan yang membantu sekolah dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait kehumasan seperti bagaimana mempromosikan sekolah kepada masyarakat agar masyarakat percaya dan yakin menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Disini tergambar bahwa manajer humas mempunyai peran sebagai konsultan, fasilitator komunikasi, dan fasilitator pemecah masalah. Sebagai konsultan, humas sekolah mengemban amanat yang begitu besar dalam menunjang keberlangsungan sekolah, menjaga kualitas sekolah, serta ikut mencarikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi sehingga mendapatkan citra positif dari masyarakat.

Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan humas memiliki peran yang penting dalam sebuah lembaga pendidikan atau sekolah.

Manajemen Pelayanan Publik:

Peduli Inklusif Dan Kolaborasi

Setelah kurang lebih satu tahun buku ini diterbitkan, Alhamdullilah buku ini dicetak ulang. Penulis bersyukur bahwa gagasan yang disam­ paikan dalam buku ini memperoleh sambutan yang baik dari para maha­ siswa, pemerhati, dan pakar adrninistrasi publik. Ketika buku ini dicetak ulang penulis mencoba memperkaya pembahasan berbagai isu yang ada di Bab I Mengembangkan Sistim Pelayanan Publik Dalam Negara Kesa­ tuan Yang Desentralistik dan Bab V Manajemen Kolabatif: Kemitraan Antara Pemerintah dan Lembaga Non-Pemerintah. Sedangkan Bab-Bab lainnya tidak mengalami perubahan. Revisi Bab I dilakukan untuk memperkaya analisis penulis ten tang pembagian urusan pemerintahan terkait dengan peran pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pembagian urusan pemerintahan sampai sekarang masih menjadi pekerjaan rumah yang belum dapat diselesaikan oleh pernerintah dalam mendukung pelaksanaan desentra­ lisasi dan otonorni daerah. Kerancuan pembagian urusan antara susunan pemerintahan menjadi salah satu sumber masalah dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang efisien, efektif, dan akuntabel. Perubahan dalam Bab ini dilakukan untuk memperjelas pendapat penulis mengenai bagai­ mana seharusnya pembagian urusan dalam penyelenggaraan pelayanan dilakukan antara pemerintah, provinsi, dan kabupaten/kota dilakukan. Perubahan juga dilakukan dalam diskusi ten tang standar pelayanan mini­ mal (SPM). Dalam revisi ini penulis menambahkan penjelasan tentang berbagai sumber kegagalan implementasi SPM dan bagaimana seharus­ nya perbaikan substansi dan strategi implementasi SPM dilakukan. Revisi Bab V dilakukan untuk menambah penjelasan ten tang pengembangan manajemen kolaboratif, yang didalam edisi yang pertama masih sangat minimal. Dalam edisi kedua ini penulis menambahkan penjelasan tentang bagaimana pemerintah dan manajer sektor publik seharusnya memilih mitra kerjasama.

Jumlah sekolah di daerah tertinggal sangat terbatas sehingga masyarakat di sana ... pendidikan Banyaknya sarana dan prasarana pendidikan yang sudah rusak, ...

Manajemen Agribisnis Perikanan

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan. Dalam buku ini dibahas secara detail mengenai ilmu manajemen agribisnis yang diterapkan pada bisnis perikanan mulai dari definisi, bentuk badan usaha yang sesuai dengan skala usaha, dasar-dasar teori ekonomi yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang disertai dengan pengaplikasian berbagai manajemen pada agribisnis perikanan meliputi manajemen produksi agribisnis, manajemen pemasaran agribisnis, manajemen resiko agribisnis dan manajemen teknologi agribisnis. Pembiayaan usaha dalam agribisnis perikanan juga perlu diperhatikan secara cermat sehingga keuntungan bisa tercapai secara optimum. Kebijakan pembangunan berkelanjutan yang juga mendukung konsep agribisnis perikanan diwujudkan dalam melalui program minapolitan. Minapolitan merupakan upaya percepatan pengembangan pembangunan kelautan dan perikanan di sentra-sentra produksi perikanan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect tinggi terhadap perekonomian di daerah sekitarnya. Pengembangan kebijakan minapolitan akan menjadi basis industrialisasi Kelautan dan Perikanan yang dilandaskan pada konsep blue economy.

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan.

Cara singkat memahami sistem manajemen mutu iso 9001:2015 dan implementasinya

Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela. ISO merupakan federasi badan-badan standar nasional di seluruh dunia (ISO member bodies) Dalam pengertian standar, ISO adalah standar Internasional yang mengarahkan dan mengendalikan (direct & control) organisasi untuk mencapai tujuan mereka atau target, yang dirilis oleh Organisasi Internasional untuk standarisasi. Sistem manajemen mutu terbaru adalah ISO 9001:2015 yang diterbitkan pada bulan September 2015. Banyak sekali pertanyaan dari pelaksana sistem manajemen mutu terkait dengan implementasi dan interpretasi dari masing-masing klausul yang tertulis di standar ISO 90001:2015. Penulis berharap dengan diterbitkannya buku ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan semua pihak terkait (terutama yang memproduksi barang dan jasa) tentang pemahaman dan pelaksanaan persyaratan sistem manajemen kualitas. Sistem Manajemen Mutu bisa diterapkan disemua bidang kegiatan dan tidak ekslusif bagi perusahaan besar, jadi marilah kita semua memahami dengan baik sistem manajemen mutu ini sehingga mampu bersaing dengan negara lain yang sudah maju dan mempunyai produk-produk yang berkualitas.

Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Ketika terbangun di subuh hari maka akan terngiang di otak dan hati kita apa yang harus kita lakukan subuh ini dan men­coba mengingat apa yang sudah direncanakan semalam. Setelah bergegas salat subuh kemudian melakukan aktivitas rutin lainnya, lalu menginventori peralatan atau pendukung kita ke tempat akti­vitas kita selanjutnya. Kemudian sekitar jam tujuh pagi hari ke tempat kerja sesuai rencana kita semalaman, di tempat kerja me­lakukan rutinitas sembari menyelesaikan apa yang belum ter­se­lesaikan kemarin atau memperbaiki pekerjaan kemarin yang belum terselesaikan. Aktivitas di atas merupakan proses pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen secara manajerial. Dimana manajemen ini pada dasarnya sudah seusia dengan peradaban manusia, tetapi barulah dipelajari sebagai ilmu tersendiri pada beberapa abad terakhir. Seperti ilmu-ilmu yang lainnya, manajemen juga mengalami per­kembangan yang sangat pesat sehingga manajemen di bagi ke­banyak cabang seperti manajemen organisasi, manajemen ope­ra­sional, manajemen resiko, manajemen pemasaran, mana­je­men sumber daya manusia (MSDM), dll. MSDM pada dasarnya sudah muncul di tahun 1940-an de­ngan istilah manajemen kepegawaian atau manajemen per­sonalia. Manajemen kepegawaian ini membahas tentang penge­lolaan sumber daya manusia tetapi masih dalam cakupan kecil yaitu yang berada di dalam organisasi. Tetapi pada tahun 1960-an dikembangkan menjadi MSDM, yang cakupannya sudah sangat meluas karena membahas tentang sumber daya manusia di dalam dan luar organisasi, sehingga karena dipandang perlu maka peru­sahaan-perusahaan berskala besar dan menengah mengadakan departeman SDM yang terpisah dari departemen lainnya.

Seperti ilmu-ilmu yang lainnya, manajemen juga mengalami per­kembangan yang sangat pesat sehingga manajemen di bagi ke­banyak cabang seperti manajemen organisasi, manajemen ope­ra­sional, manajemen resiko, manajemen pemasaran, ...

Manajemen Keselamatan Pasien di Rumah Sakit

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan. Apa itu? First do no harm dan freedom from injury. Bagaimana mengatasinya? Berpikir sistem, karena menyalahkan tidak akan mencegah berulangnya kekeliruan yang sama. Pastikan ketepatan identitas, komunikasi, obat, dan operasi sebelum dilakukan serta cegah infeksi dan resiko pasien jatuh.

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan.