Sebanyak 84 item atau buku ditemukan

Penelitian Kualitatif: Analisis Kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan

Buku ini ditulis berdasarkan pemahaman bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) merupakan media yang tepat bagi Pemerintah untuk dijadikan mitra dalam pembangunan yang berpola pemberdayaan dan partisipatif, terutama di level paling ujung yaitu Kelurahan. LPMK merupakan organisasi masyarakat yang berhubungan langsung dengan masyarakat sekaligus merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan di Kelurahan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif buku ini memberikan gambaran mengenai eksistensi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) atau dengan kata lain menggambarkan kinerja LPMK di level grassroots. Buku ini menggunakan empat kacamata (responsivitas, responsibilitas, output dan outcome) yang berelevansi dengan Tupoksi LPMK seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007.

Buku Penelitian kualitatif : analisis kinerja lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program-program sosial di Indonesia. Tujuan buku ini adalah untuk meluruskan pemahaman Focus Group Discussion yang aslinya dipakai sebagai alat atau metode riset kualitatif, bukan untuk mendapat konsensus bersama. Focus Group Discussion yang dijabarkan dalam buku ini adalah FGD sebagai salah satu metode riset kualitatif yang masih diperlukan dan dipakai untuk pembuatan strategi yang menyangkut masyarakat sebagai konsumen ataupun sebagai sasaran program sosial atau program komunikasi. Dengan demikian, buku ini bisa menjadi panduan bagi pelaku bisnis, pelaku organisasi sosial, peneliti maupun oleh mahasiswa yang ingin belajar praktik riset kualitatif. Bagi pemula, buku ini menjelaskan langkah-langkah praktis untuk melaksanakan FKD, mulai dari persiapan, organisasi tim lapangan, seleksi dan rekrutmen responden, persiapan pedoman diskusi, persiapan ruangan FGD, teknik memandu FGD, hingga analisis hasil, disertai dengan contoh-contoh konkret. Buku ini juga membandingkan secara ringkas FGD daring dan FGD luring untuk menyambut era perubahan.

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program ...

Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications

Riset kualitatif memegang peranan penting sekaligus potensi besar dalam studi hubungan masyarakat serta komunikasi pemasaran. Sebab, riset kualitatif memungkinkan periset untuk terlibat secara erat dengan partisipan riset. Hal ini membantu periset untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses sosial, faktor-faktor yang memotivasi tindakan manusia, serta konteks situasi yang melingkupinya. Kepedulian terhadap hal-hal tersebut membantu studi hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Salah satunya untuk mengenali sudut pandang subjektif, terutama yang berlaku pada stakholders kunci, demi mengembangkan dialog yang efektif dan kolaboratif. Buku ini adalah panduan yang praktis serta mudah dipahami untuk melakukan riset kualitatif dalam bidang hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Diperuntukkan bagi periset pemula, buku ini memerinci tahap demi tahap proses riset, mulai dari memilih topik riset dan menulis proposal, sampai metode menyeleksi kumpulan data dan menganalisis, kemudian menuliskan laporan riset. Buku ini juga diperkaya dengan renungan-renungan etis yang senantiasa menjadi perdebatan sekaligus pijakan periset. Selain itu, perbedaan-perbedaan orientasi dalam riset juga dipetakan, karena masing-masing orientasi akan memiliki dampak yang berbeda pula terhadap bagaimana riset dijalankan dan dimengerti. Apa saja yang dikandung dalam buku ini? * panduan praktis dalam setiap tahap riset * latar belakang teoretis yang berkaitan dengan riset kualitatif serta komunikasi * petunjuk dalam mengguakan internet * contoh-contoh dan ilustrasi yang renyah dan membantu pemahaman * ilham dari pengalaman-pengalaman riset kualitatif * glosarium dan referensi yang kaya "Di antara puluhan penelitian, Christine Daymon dan Immy Holloway memetakan ranah Public relations dan Marketing Communications dengan sangat lengkap sekaligus praktis. Susash mencari buku lain dengan ide sebernas ini." --Rhenald Kasali, Ph.D., ketua program MM UI dan penulis buku-buku bestseller [Mizan, Bentang, Riset, Nonfiksi, Indonesia]

Apa saja yang dikandung dalam buku ini? * panduan praktis dalam setiap tahap riset * latar belakang teoretis yang berkaitan dengan riset kualitatif serta komunikasi * petunjuk dalam mengguakan internet * contoh-contoh dan ilustrasi yang ...

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan

Buku ajar (textbook) ini mempertegas ihwal penelitian (research) sebagai suatu sistem yang terintegratif. Di mana ketepatan hasil penelitian bukan hanya ditentukan oleh satu aspek, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor di dalam dan di luar objek penelitian. Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Pengantar Metode Penelitian Kualitatif

Buku ini menyampaikan materi kepada pembelajar tentang hal-hal yang perlu diketahui dalam memilih metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif sebagai metode yang bisa diterapkan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena politik problem-problem politik. Selain itu, buku ini juga dapat dipakai untuk mengenalkan kepada peneliti pemula dalam rangka menyusun skripsi dan tesis, dan merancang usulan penelitian (desain penelitian) dan tata cara menganalisis hingga menulis laporan penelitian. Beberapa contoh diberikan dalam buku ini untuk memudahkan pembaca memahami penerapan metode dalam mengkaji dan untuk mengembangkan dan desain penelitian ilmiah yang masuk akal dan sistematis menjelaskan fenomena politik untuk memahami dunia politik. Semoga buku ini bermanfaat kepada para pembelajar Ilmu Politik Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Metode penelitian kualitatif sebagai metode yang bisa diterapkan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena politik problem-problem politik.

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah. Padahal penelitian kualitatif adalah penelitian yang ilmiah dan tidak diragukan kredibilitasnya. Buku ini mencoba memberikan penjelasan ilmiah tentang kualitas berbagai ragam penelitian kualitatif. Mulai dari metode studi kasus, grounded theory, etnografi, fenomenologi, participatory action research (PAR), hingga penelitian kritis. Di samping itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang metode kualitatif diawali dengan menjelaskan tentang cara berpikir penelitian kualitatif secara mendasar yaitu dimulai dengan memahami paradigma berpikir penelitian kualitatif. Setelah itu pembaca diajak untuk memahami secara lebih mendalam tentang apa itu metode penelitian kualitatif dan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian akhir diberikan penjelasan tentang etika penelitian dan beberapa contoh-contoh proposal penelitian dalam bidang komunikasi. Semoga buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi pengajar metodologi penelitian kualitatif di bidang komunikasi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mempelajari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif; serta menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin menyusun penelitian komunikasi dengan metode kualitatif, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan skripsi maupun tesis.

Selama ini penelitian kualitatif cenderung di-stereotype-kan sebagai penelitian yang mudah, suka-suka peneliti, tidak rasional, penelitian yang mengada-ada, atau bahkan ada yang menganggap tidak ilmiah.