Sebanyak 57 item atau buku ditemukan

Islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan

sebuah refleksi sejarah

Historical perspectives on the existence of Islam in Indonesia and its contribution to the construction of Indonesian politics, government, and social structure.

Historical perspectives on the existence of Islam in Indonesia and its contribution to the construction of Indonesian politics, government, and social structure.

ISLAM MAJEMUK; Pengejawantahan Pendidikan, Interpretasi dan Model Islam Keindonesiaan

Buku ini layak untuk dibaca oleh mahasiswa maupun steakholders pengelola pendidikan dan masyarakat umumnya. Dalam buku ini dijelaskan tentang problematika yang dihadapi oleh dunia pendidikan (Islam), dan interpretasi dari doktrin-doktrin ajaran Islam kemudian tampilan wajah Islam yang berbeda yang jika tidak bisa kita sikapi secara bijak akan memunculkan konflik dan persoalan baru. Sebagaimana kita mafhumi bersama bahwa dalam realitas sejarah, Islam memiliki banyak wajah, banyak ruang, ada Islam 'luas, ada Islam sempit di bidang agidah, mistisisme, maupun figh. Sebagai konsekuensinya memunculkan banyak mazhab, sekte dan aliran. Bahkan ada Islam tekstualis dan kontekstualis serta dari sisi typology dan pendekatan ada yang bercorak purivikasi dan ada yang pendekatan kultural dengan mengakomodasi budaya lokal daerah setempat. Lalu pada tataran implementatif keagamaan banyak bermunculan organisasi kemasyarakatan (keagamaan) yang bermuatan pesan-pesan pemahaman dari doktrin dan ajaran agama yang berbeda. Hal ini bisa difahami dari asbab al-ikhtilaf pemahaman keagamaan yang kelihatannya berbeda, paling tidak disebabkan oleh adanya beda dalil, beda pemahaman dalil, beda metode dan beda konsep masalah. Tetapi dengan berhujjah pada 'Ihtilaf al-Imam Rahmat al-Ummah, maka kita dapat mengatakan sepakat dalam perbedaan dengan bersikap tasamuh, toleran dengan pandangan orang/ kelompok/ aliran/ paham lain—apalagi ada adagium yang mengatakan, sepanjang mereka memiliki dalil, maka memiliki potensi benar—dengan meyakini bahwa yang memiliki kemutlakan kebenaran hanyalah Tuhan. Sehingga dengan meminjam bahasa Nurcholish Madjid, jangan memutlakkan pandangan, interpretasi kita, karena jika demikian kita sudah terjebak pada kemusyrikan—sudah mensejajarkan diri dengan Tuhan—memutlakkan pendapat dan pandangannya. Sehingga, untuk mencapai idealitas Islam yang rahmatan li al-alamin yang memiliki ruang kemanusiaan untuk berbeda pandangan, diperlukan upaya pendidikan yang komprehensif. Pendidikan yang mampu membimbing dan mengarahkan manusia, sehingga menjadi manusia yang paripurna—walaupun kita melihat banyak problem yang dihadapi pendidikan (Islam)—untuk mencapai idealitas Islam itu sendiri. Adalah tugas kita bersama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat (Islam), sehingga perbedaan menjadi modal dasar dalam memajukan ummat (Islam) dan bangsa Indonesia.

... of learning or science is used in its application to the affairs of other or ini the practice of an art founded upon it‖, pada Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), h.

Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar

Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.

juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...

Refleksi atas persoalan keislaman

seputar filsafat, hukum, politik, dan ekonomi

Islamic teaching on philosophy, law, politics, and economy.

Islamic teaching on philosophy, law, politics, and economy.

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya

Didorong oleh keinginan memberikan jawaban kepada para guru, melalui buku ini penulis mendemonstrasikan sebuah ijtihad tentang cara menanamkan nilai keimanan kepada Allah dan ajaran Islam dalam pembelajaran IPA melalui buku teks. Meskipun model ini menggunakan buku sebagai medianya, namun para guru dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk media pembelajaran lainnya. Bahkan, pendekatan ini sebenarnya dapat juga diterapkan pada pelajaran-pelajaran lain seperti IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Penulis berharap suatu saat ada di kalangan guru yang berbakat dalam menulis bisa menulis buku pelajaran IPA (atau pelajaran lainnya) yang islami dengan menggunakan konsep-konsep yang telah diuraikan di dalam buku ini. Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa

Buku ini disusun menyesuaikan dengan standar kurikulum yang ada dan diperkaya dengan berbagai pokok bahasan yang terkait dalam praktik keperawatan jiwa. Dalam isi buku ini, terdapat berbagai pokok bahasan yang bersifat umum dan khusus terkait dengan aplikasi psikologi sebagai landasan keilmuan dalam praktik keperawatan jiwa.

Suryabrata, S. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, M. 2006, Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya. Syaifuddin.1992. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat.

Landasan Bersama di Kepulauan Kei: Telur dari Satu Ikan dan satu Burung (The Commond Ground in The Kei Islands)

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi. Pada saat menulis laporannya, ini adalah saat mengakhiri pendidikan formalku di antropologi, saya tidak bisa menahan diri untuk tidak bertanya pada diriku sendiri: “Apa artinya studi sepuluh tahun itu secara khusus terhadap disertasi ini?” Saya harus mengakui bahwa pelatihan akademik saya tidak ada kaitannya dengan keakrabanku dengan orang Kei, karena saya bukan seorang yang terlibat dalam wacana Budaya Kei, dan saya baru saja mengenal budaya Kei. Jawaban atas pertanyaan saya kemudian harus ditemukan di luar pengetahuan faktual saya. Selama studi, saya telah berkenalan dengan berbagai teori, atau berbagai lensa melalui beberapa di antaranya saya seharusnya -pada waktu yang diharuskan- untuk memfokuskan pikiran dan inderaku pada objek pengamatanku. Dalam pengertian ini, pendidikanku dalam antropologi telah mengkondisikan bentuk disertasi ini (etnografi masyarakat Kei). Refleksi singkat pada saat-saat tertentu dalam studi saya di antropologi dapat mengungkapkan kondisi -selektivitas pengamatan saya dan interpretasi fenomena yang diamati- di mana disertasi ini ditulis.

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi.