Implementasi pendekatan sistem dalam memecahkan permasalahan pendidikan yang semakin ruwet dari waktu ke waktu sehingga sering kita tidak tahu bagaimana memecahkan masalah itu serta strategi dan langkah untuk memulai darimana kita harus memecahkannya. Kita sering memandang ketiga jenis sub-sistem pendidikan, yaitu pendidikan formal, non formal dan in formal, secara terpisah yang satu dari yang lain. Dan pandangan demikian mewarnai segala upaya pemecahan masalah yang demikian kompleks itu.
Implementasi pendekatan sistem dalam memecahkan permasalahan pendidikan yang semakin ruwet dari waktu ke waktu sehingga sering kita tidak tahu bagaimana memecahkan masalah itu serta strategi dan langkah untuk memulai darimana kita harus ...
Buku ini membahas tentang pengimbasan pendekatan STEM oleh Guru Penggerak melalui MGMP sebagai upaya mencapai peningkatan mutu pendidikan. Tujuan buku adalah mengemukakan peran Guru Penggerak menyebarluaskan dan menerapkan pendekatan STEM kepada guru lain untuk memahami, menguasai, dan menerapkan dalam pembelajaran. Buku ini merupakan sebagian hasil dari kajian. Namun, apa yang dikemukakan masih bersifat konseptual, dan belum diujicobakan. Berbagai kekurangan dan kelemahannya masih perlu diperbaiki dan disempurnakan agar dapat dijadikan acuan dalam operasionalisasinya.
Tegasnya penerapan pendekatan STEM bertumpu pada pembelajaran memecahkan permasalahan (problem-based learning/PBL) sehingga akan dapat membangkitkan sikap aktif, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi siswa dalam menyampaikan pemikiran ...
Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu pendidikan khususnya tentang inovasi pembelajaran peningkatan kualitas guru yang terbit pada tahun 2022. Kontributor dari buku ini adalah para peneliti dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian ilmu pendidikan dengan tema tentang Inovasi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Guru yang menjadi isu dan problematika saat ini.
Dari uraian di atas dapat dikemukakan, bahwa yang mendorong perlunya dilaksanakan inovasi pendidikan adalah permasalahan atau kelemahan yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri dan faktor permasalahan yang terdapat dari luar sistem ...