
pengantar evaluasi pendidikan
- ISBN 13 : 9794214957
- Judul : pengantar evaluasi pendidikan
- Pengarang :
- Penerbit : PT Rajagafindo Persada
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2007
- Halaman : 488
-
Ketersediaan :
011837 Tersedia di Library of UI BBC
011837 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan acuan patokan; jawaban mereka belum benar. Untuk alasanalasan inilah buku ini diterbitkan dalam bentuk tanya jawab.
Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan ...
Kajian dalam buku ini diawali oleh kegelisahan bahwa masih terbatasnya buku ajar evaluasi pendidikan yang secara spesifik mengkaji evaluasi pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku ajar ini dihadirkan untuk melengkapi dan menyempurnakan buku-buku referensi yang sudah ada selama ini, sehingga menambah khasanah keilmuan dalam bidang evaluasi pendidikan dan pembelajaran Buku ini terdiri atas enam bab.
Kajian dalam buku ini diawali oleh kegelisahan bahwa masih terbatasnya buku ajar evaluasi pendidikan yang secara spesifik mengkaji evaluasi pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam.
Buku ini Evaluasi Pembelajaran ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya buku ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana itu yang dimaksud dengan evaluasi pembelajaran yang meliputi pengukuran, penilaian dan evaluasi dari proses pembelajaran tersebut.
Buku ini Evaluasi Pembelajaran ini disusun sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan.
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, serta segala kemudahan yang telah diberikan, penulis dapat menyelesaikan pembuatan buku dengan judul Evaluasi Pendidikan. Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar perkuliahan. Buku ajar ini terdiri dari 8 bab yang disusun secara terstruktur dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para mahasiswa. Setiap babnya dijelaskan secara terperinci sebagai penunjang materi yang diajarkan di kelas. Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan yang positif agar di kemudian hari dapat memperbaiki kekurangan buku ini. Akhir kata, hanya ucapan terima kasih dan doa yang bisa penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.
Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar ...
Kegiatan evaluasi atau penilaian merupakanhal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaranpendidikan jasmani di sekolah. Kegiatan tersebubermakna ganda baik bagi guru maupun bagi pesertadidik. Bagi guru, hasil evaluasi akan menjadi sumberinformasi mengenai kemampuan awal dankemampuan akhir peserta didik, serta peningkatankemampuan peserta didik yang pada akhirnyamenjadi bahan bagi guru dalam mengevaluasiprogram pembelajaran yang telah dilaksanakannyaSedangkan bagi peserta didik sendiri, hasil evaluasmenyediakan informasi bagi peserta didik mengenatingkat pengetahuan, kecakapan/keterampilannyadan posisi keterampilannya dibandingkan denganteman sebayanya sehingga dapat menjadi bahanmotivasi dan evaluasi diri (self evaluation).
Kegiatan evaluasi atau penilaian merupakanhal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaranpendidikan jasmani di sekolah.