Buku ini dapat digunakan sebagai referensi pada perkuliahan genetika baik pada program S1 Pendidikan Biologi, S1 Biologi, S2 Pendidikan IPA dan S2 Biologi. Buku ini9 juga dapat menjadi referensi bagi guru dan praktisi Pendidikan dalam membelajarkan konsep-konsep biologi di sekolah. Penyajian yang sederhana, kontekstual dan mudah diaplikasikan diharapkan akan membantu pembaca memahami pembelajaran biologi secara komprehensif. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para siswa, mahasiswa, guru, dosen dan pembaca pada umumnya.
Buku ini dapat digunakan sebagai referensi pada perkuliahan genetika baik pada program S1 Pendidikan Biologi, S1 Biologi, S2 Pendidikan IPA dan S2 Biologi.
Buku kumpulan artikel ini hanyalah sedikit menambah wawasan mengenai manajemen yang berusaha mencoba membuka pandangan arti sebuah manajemen. Semoga buku ini bisa bermanfaat untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang.
Fungsi kepemimpinan pendidikan sebagai administrator mencakup kemampuan mengelola administrasi kegiatan belajar-mengajar serta bimbingan dan konseling, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, dan prasarana, maupun aspek kemampuan mengelola ...
Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya. Salah satu peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah pembenahan paradigma baru dalam pendidikan. Ancaman yang diprediksi bagi pendidikan kita saat ini adalah ketidaksiapan rancangan model pembelajaran dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia global, belum lagi bila dihubungkan dengan modal nasional berdasarkan hasil PISA (2018) bahwa kemampuan matematik, sains, dan literasi anak-anak Indonesia menempati urutan ke-72 dari 76 negara. Ketidaksiapan dunia pendidikan akan menjadi bencana apabila berlanjut dengan ketidakmampuan menghasilkan luaran dari kegiatan proses pendidikan yang tidak mampu menyelaraskan diri dengan ekologi belajar 4.0. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan tersebut. Buku ini dilengkapi dengan hasil perkembangan terbaru dalam pendidikan, seperti strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis, peningkaran kemampuan, dan keterampilan metakognisi siswa.
Dewasa ini perkembangan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) berjalan dengan pesat. Untuk mengimbanginya diperlukan penelitian dan karya ilmiah yang berkualitas agar siap mengikuti perubahan zaman dan mampu bersaing secara sehat. Dalam melakukan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah, seorang peneliti harus mengerti dan memahami berbagai macam hal mengenai penelitiannya dan harus dapat menemukan, merumuskan serta memecahkan masalah secara pasti dan benar. Saat melakukan kegiatan penelitan, seorang peneliti harus menerapkan langkah-langkah metode ilmiah antara lain observasi, merumuskan masalah, menyusun kerangka pemikiran, merumuskan hipotesis, melakukan latihan penelitian dasar, studi literatur, dan latihan menarik kesimpulan serta berlatih mengkomunikasikan hasil penelitian dengan menulis karya ilmiah. Buku Kisi-Kisi Dasar Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah Biologi ini hadir untuk memudahkan kita dalam menjalankan penelitian dan karya ilmiah. Buku ini diperkaya dengan contoh karya ilmiah penulis saat kuliah yang diharapkan dapat menambah motivasi dalam menulis karya ilmiah setelah selesai melakukan penelitian.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan • Pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia . Uraian materi pokok : Pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia . 2x45 Ulangan Harian Uraian Bebas ...
Membaca rangkuman materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Rangkuman yang menyajikan poin-poin penting dan ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam kegiatan belajar. Buku ini menyajikan rangkuman materi Biologi kelas XII SMA/MA selama satu tahun pelajaran, soal-soal latihan, dan jawaban. Soal mulai dari yang paling mudah, sulit, sampai memerlukan analisis ada di buku ini.
Biologi tidak melulu hafalan. Belajar Biologi dapat mudah dilakukan oleh kalian para siswa dengan mempelajari konsep dasar dari sebuah materi. Untuk mempelajari konsep dasar secara menyeluruh, kalian dapat melakukannya dengan belajar melalui rangkuman materi. Selain itu, belajar Biologi akan lebih mudah dan menyenangkan apabila disajikan dalam contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Buku ini menyajikan rangkuman materi Biologi kelas X SMA/MA yang disusun secara ringan sehingga diharapkan memudahkan kalian dalam memahaminya. Jadi, hilangkan persepsi kalian bahwa Biologi adalah HAFALAN!
Buku ini disusun sebagai pegangan mahasiswa S-1 Gizi ataupun mahasiswa program studi lain yang relevan. Ilmu mikrobiologi makanan sangat dibutuhkan oleh ahli gizi agar mereka dapat menyiapkan makanan yang aman dan bebas dari cemaran mikrobiologis. Oleh karena itu, ahli gizi dituntut untuk mengetahui mikroorganisme apa saja yang dominan pada berbagai sumber bahan pangan dan potensi bahayanya jika keberadaan mikroorganisme tersebut tidak dikendalikan. Pada buku ini juga disampaikan materi terkait bagaimana cara mengidentifikasi mikroorganisme dalam makanan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan pembelajaran mikrobiologi makanan ialah untuk membantu tercapainya kompetensi utama (KU) sarjana gizi, yaitu menguasai landasan ilmiah ilmu gizi yang meliputi ilmu biomedik, ilmu pangan dan ilmu gizi (KU1), serta mampu melakukan pengelolaan kegiatan penyelenggaraan makanan massal (KU4). Dengan kompetensi ini, sarjana gizi diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dalam penyelenggaraan makanan massal terutama kaitannya dengan aspek mikrobiologis dan keamanan pangan. Dengan adanya buku ini, mahasiswa diharapkan mampu menentukan mikroorganisme secara kualitatif dan kuantitatif, dapat mengidentifikasi mikroorganisme yang menguntungkan dan peranannya dalam pengembangan pangan, gizi, dan kesehatan, serta mampu mengidentifikasi mikroorganisme yang merugikan dan pengaruhnya terhadap keamanan pangan. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]