Sebanyak 91 item atau buku ditemukan

TRANSFORMASI DIGITAL: PERSPEKTIF ORGANISASI, TALENTA, DAN BUDAYA DIGITAL

Transformasi Digital adalah sebuah keniscayaan dan keharusan sebagai sebuah proses alami yang harus dilalui. Perubahan demi perubahan mengantarkan manusia pada titik yang semakin tinggi dengan berbagai inovasi yang diciptakannya. Mesin dan teknologi bukanlah menjadi pesaing yang pantas bagi manusia, mereka adalah ciptaan atas inovasi dan karya manusia agar pekerjaan semakin mudah dan memiliki kualitas dalam menjalani hidup lebih baik. Sehingga dengan kehadiran “teman” baru ini diharapkan paradigma dan persepsi atau cara pandangnya menjadi berbeda. Bersama “teman” ini akan memudahkan bagi manusia dapat terus melakukan eksplorasi dan penghayatan dengan banyak hal menciptakan pengetahuan baru yang akan menambah manfaat dan kualitas hidup bagi umat manusia.

Transformasi Digital adalah sebuah keniscayaan dan keharusan sebagai sebuah proses alami yang harus dilalui.

Islamic Perspectives on the New Millennium

This book brings to the attention of non-Muslims the range of views, which Muslims in the Middle East and in South and Southeast Asia hold on 6 topics of importance to life in the 21st century. Topics addressed are: the new world order; globalisation andmodernity; banking and finance; the nation-state; the position of women; and law and knowledge.

This book brings to the attention of non-Muslims the range of views, which Muslims in the Middle East and in South and Southeast Asia hold on 6 topics of importance to life in the 21st century.

FIQH MULTI AKAD

Buku Fiqih Multi akad ini merupakan kajian dua akad atau lebih yang dilakukan secara bersamaan, yang dalam kajian fiqh, dikenal dengan istilah al-‘Uqud al-Murakkabah (Akad-akad yang bergabung atau merangkap) yang dalam bahasa Inggris disebut Hybrid Contract yaitu suatu kontrak yang menghimpun beberapa kontrak dalam satu kontrak atau dua akad atau lebih yang bergabung dalam satu akad, ini yang dikenal dengan Multi Akad. Buku ini berisi tentang tinjauan umum Multi Akad, Multi Akad Dalam Kartu Kredit Syari.ah, Multi Akad Dalam E- Money BNI Syari’ah, Multi Akad Dalam Aplikasi Go-Jek, Multi Akad Dalam Obligsi Syari’ah, Multi Akad Dalam Leasing Syari’ah, Multi Akad Dalam Asuransi Syari’ah, Multi Akad Dalam Bisnis Bank Syari’ah, Multi Akad Dalam Letter of Credit Bank Syari’ah, Multi Akad Dalam Gadai Syari;ah, Multi Akad Dalam Factoring Syari’ah, Multi akad Dalam Reksadana Syari’ah dan Multi Akad Dalam Pasar Uang dan Pasar Modal Syari’ah.

... Salam. Salam adalah akad jual beli dengan cara memesan barang dengan spesifikasi tertentu yang dibayar dimuka, sedang barang diserahkan dikemudian hari sesuai dengan tempat dan waktu yang ditentukan dalam kontrak. Akad Salam ada dua ...

Dimensi Islam dan Moderasi Beragama: Mewujudkan Islam yang Damai, Toleran dan Inklusif

Naskah buku ini sebagian besar materinya berasal dari sejumlah referensi yang dikombinasikan dengan resultan kontemplasi penulis untuk menggapai wajah Islam yang damai, toleran, dan inklusif. Semangat moderasi beragama adalah untuk mencari titik temu dua kutub ekstrem dalam beragama. Di satu sisi, ada pemeluk agama yang ekstrem meyakini mutlak kebenaran satu tafsir teks agama, seraya menganggap sesat penafsir selainnya. Kelompok ini biasa disebut ultra-konservatif. Di sisi lain, ada juga umat beragama yang esktrem mendewakan akal hingga mengabaikan kesucian agama, atau mengorbankan kepercayaan dasar ajaran agamanya demi toleransi yang tidak pada tempatnya kepada pemeluk agama lain. Mereka biasa disebut ekstrem liberal. Keduanya perlu dimoderasi. Karenanya, untuk menjadikan moderasi beragama sebagai solusi, kita perlu memiliki pemahaman yang benar tentang makna kata tersebut, dan untuk keperluan itulah buku Islam dan moderasi beragama ini disusun. Moderasi telah lama menjadi aspek yang menonjol dalam sejarah peradaban dan tradisi semua agama di dunia. Masing-masing agama niscaya memiliki kecenderungan ajaran yang mengacu pada satu titik makna yang sama, yakni bahwa memilih jalan tengah di antara dua kutub ekstrem, dan tidak berlebih-lebihan, merupakan sikap beragama yang paling ideal.

Naskah buku ini sebagian besar materinya berasal dari sejumlah referensi yang dikombinasikan dengan resultan kontemplasi penulis untuk menggapai wajah Islam yang damai, toleran, dan inklusif.

Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah

Sistematika buku Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen Pendidikan berbasis sekolah, diantaranya: Konsep Dasar Teori Manajemen; Konsep Dasar Perilaku Organisasi dalam Pendidikan; Manajemen Kurikulum Berbasis Sekolah; Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah; Manajemen Ekstrakurikuler Sekolah; Manajemen Peserta Didik; Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Sekolah; Manajemen Operasional Berbasis Sekolah; Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah; Manajemen Keuangan Sekolah; Manajemen Sistem Informasi Sekolah; Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Sekolah; Supervisi Pendidikan; Manajemen Mutu Sekolah; serta Monitoring dan Evaluasi Program di Sekolah.

Sistematika buku Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Architektur in Deutschland 1919-1939

die Vielfalt der Moderne

Such eclectic pluralism gives the lie to two widely held assumptions about modernist architecture in Germany: that it was synonymous with Bauhaus-style functionalism, and that it came to an abrupt end with the Nazis' accession to power in 1933.

Such eclectic pluralism gives the lie to two widely held assumptions about modernist architecture in Germany: that it was synonymous with Bauhaus-style functionalism, and that it came to an abrupt end with the Nazis' accession to power in ...

PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA REVOLUSI 4.0

Judul : PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA REVOLUSI 4.0 Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 255 Halaman ISBN : 978-623-497-168-2 Sinopsi Buku Pendidikan agama Islam sebagai proses menumbuhkan dan mengembangkan potensi intelektual, spiritual, fisik, sosial, etika, estetika dan moralitas (akhlak) yang terdapat pada peserta didik. Sehingga ia dapat tumbuh dan terbina secara optimal, melalui cara memelihara, mengasuh, merawat, memperbaiki dan mengembangkannya secara terencana, sistematis, metodologis dan berkelanjutan. Jadi pendidikan agama Islam dengan mengacu pada istilah التربية الإسلامية sangat konprehensif dan mendalam, karena di dalamnya terdapat nilai dan kandungan antara lain; al-Tarbiyah ( التربية ) al- Ta’lim (التعليم), al-Tadris (التدريس ), al-Ta’dib ( التأديب ), al-Tazkiyah (التزكية), al-Riyadhoh ( الرياضة), dengan kandungan tersebut dapat menghantarkan manusia meraih ketenangan dan kebahagiaan di dunia mapun di akhirat. Revolusi Industri 4.0 yang sarat akan teknologi yang super cepat akan membawa perubahan yang cukup signifikan, salah satunya terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Perubahan dalam sistem pendidikan berdampak pada peran guru sebagai tenaga pendidik. Dalam menghadapi era Revolusi 4.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Peserta didik diharapkan dapat memiliki kecakapan hidup abad 21 yang dikenal dengan istilah 4C, yakni creativity, critical thinking, communication, dan collaboration. Oleh karena itu ada tiga hal yang harus dimanfaatkan pendidik di era society 5.0, antara lain: Internet of things pada dunia Pendidikan (IoT), Virtual/Augmented reality dalam dunia pendidikan, dan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk mengetahui serta mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik. Guru professional dituntut memiliki kompetensi tinggi untuk menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Ada lima kompetensi yang harus dimiliki oleh guru pada era Revolusi Industri 4.0 ini yaitu: 1). Educational competence, kompetensi berbasis internet of thing sebagai basic skill. 2). Competence for technological commercialization, memiliki sikap kewirausahaan (entrepreneurship) berbasis teknologi 3). Competence in globalization, kompetensi hybrid dan keunggulan memecahkan masalah 4). Competence in future strategies, kompetensi memprediksi masa depan berikut strateginya. 5) Counselor competence. Kompensi memahami psikologis anak. Kemudian seorang guru profesional harus punya prinsip dalam proses pembelajaran, diantaranya; Proses Pemebelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif Efetif, efisien dan edukatif dan Menyenangkan. Dan lebih mudahnya disingkat dengan PAIKEM.

Judul : PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA REVOLUSI 4.0 Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 255 Halaman ISBN : 978-623-497-168-2 Sinopsi Buku Pendidikan agama Islam sebagai proses menumbuhkan dan ...

Perdikan Tawangsari Lawang Berseri : Sejarah Peradaban Islam Tulungagung Zaman Mataram Islam

Diandra Kreatif

Sejarah jangan dijadikan alasan sebagai warisan yang membebani untuk keturunannya, tetapi keberadaan sejarah dapat dioptimalkan sebagai wacana intelektual antar generasi keturunan dapat belajar dan memahami sejarah para leluhur, agar kedepannya mampu menjalani kehidupan yang luhur dan beradab di lingkungan masyarakat. Segala bentuk perubahan pada lingkungan memiliki sifat kesejarahan. Begitu pula dengan manusia dan lingkungannya dapat dijadikan dialektika kajian antar generasi pada kurun waktu tertentu. Prespektif kajian sejarah peradaban Islam menghantarkan pada aspek dialektika kehidupan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan agar dapat dijadikan wawasan pengetahuan. Dari kurun waktu, tentu sejarah peradaban Islan lokal memberi kontribusi membangun perdaban kemanusiaan dan lingkungan. Sudah berang tentu, sejarah sebagai wacana pengetahuan yang dapat memberi berbagai asumsi dan multi tafsir. Tradisi tutur tulis tidak lain sebagai pendokumentasian adanya sejarah lokal yang terdapat di daerah Tulungagung. Segala bentuk kajian untuk dokumentasi tulis (narasi sejarah) sudah sepantasnya sejarah peradaban Islam menjadi angin segar wawasan pengetahuan. Disinilah harus "wajib" adanya hubungan emosional antara pendokumentasi dengan objek kajian, agar dapat merasakan nuansa olah jiwa dan olah hati dari peristiwa sosok tokoh Islam. Perdikan Tawangsari hadir sebagai wacana sejarah peradaban Islam di daerah Tulungagung masa Mataram Islam.

Masuknya masyarakat muslim ke Indonesia tentunya tidak hanya membawa ajaran agama Islam, tetapi juga membawa kebudayaan Islam ke Indonesia. Budaya-budaya Islam ini kemudian berkembang dengan pesat di Indonesia ketika agama Islam menjadi ...