Sebanyak 59 item atau buku ditemukan

The Dark Continent: Sejarah Afrika

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern. Adapun konten dari setiap BAB adalah hasil library research penulis dikolaborasikan dengan hasil penelitian dari peneliti/penulis lain kemudian disunting secara kritis, komparatif dan komprehensif sehingga menghasilkan sebuah buku ajar Sejarah Afrika yang relevan. BAB I secara umum memberikan gambaran tentang geografis Afrika, demografi Afrika dan pola kehidupan masyarakat Afrika secara umum. BAB II menguraikan tentang berbagai temuan-temuan arkeologis di Afrika dibeberapa tempat yang menggambarkan pola kehidupan Pra-Aksara di Afrika hingga lahirnya Peradaban Mesir Kuno. BAB III menceritakan tentang kerajaan-kerajaan tradisional di Afrika (Pasca Runtuhnya Mesir) berdasarkan catatan-catatan sejarah penting dari beberapa tokoh yang hidup dilingkungan kerajaan-kerajaan Afrika tersebut. BAB IV dan BAB V berisi tentang sejarah perkembangan Islam di Afrika dan kehidupan bangsa-bangsa Afrika sebelum Imperialisme bangsa Eropa di abad 19. BAB VI menguraikan sejarah muncul dan berkembangnya imperialisme Eropa di Afrika yang menandai adanya perubahan hubungan antara bangsa Afrika dan Eropa pada abad XIX. BAB VII menggambarkan secara umum perjuangan Bangsa-bangsa Afrika dalam melepaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa. Terakhir, pada BAB VIII berisi uraian tentang sepak terjang Bangsa Afrika Pada Peristiwa Perang Dunia I dan II.

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern.

Tri Pusat Kecerdasan Sosial "Membangun Hubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan di Era Teknologi"

Pada Bagian Pertama, akan menyajikan secara realita tentang krisis permasalahan di lingkungan teknologi yang saat ini sedang dialami oleh para remaja kita. Serta juga beberapa permasalahan seperti turunnya empati, simpati, etika, kognis sosial dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang dapat di baca. Saya berharap dari permasalahan-permasalahan itu dapat membuka wawasan kita bahwa krisis anak bukan hanya pada satu titik di daerah kita saja (regional), akan tetapi krisis anak harus dipahami pada skala Nasional agar perubahan ini dapat serentak dilakukan oleh kita semua pendidik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pada Bagian Kedua, akan dipaparkan tentang teori sosial terkait tentang permasalahan-permasalahan sosial yang sudah di paparkan pada bagian satu. Pemaparan ini diharapkan agar kita sebagai pendidik di lingkungan pendidikan dapat memahami, menganalisis, mengukur, dan mengevaluasi,. Dari semua proses itu saya berharap orang tua mempunyai landasan awal yang valid untukuntuk bertindak sesuai dengan teori yang tepat untuk berikhtiar merubah krisis pada anak kita. Pada Bagian Ketiga, akan memberikan sedikit penjelasan tentang “apa dan bagaimana” model dan strategi yang baik untuk membentuk hubungan baik sosial bagi anak kita di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Seluruh penjelasan pada bagian ketiga ini merupakan rangkuman dari bagian pertama tentang permasalahan sosial dan teori sosial sehingga membentuk sebuah satu konsep aplikasi menumbuhkan hubungan sosial antar personal manusia. Pada bagian ini juga akan dipaparkan beberapa contoh konsep dan bahkan beberapa contoh yang sudah pernah saya lakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Maka dari itu di dalam dunia global saat ini lingkungan pendidikan haruslah menggabungkan kedua konsep antara budaya dan modernisme yang artinya membangun manusia yang berbudaya dan beradab. Proses pendidikan merupakan suatu proses ...

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan tujuan yang ingin dicapai, presiden dan eksekutif menetapkan ketentuan yang tidak memerlukan komunikasi langsung dengan semua anggota. Anggota membuat grup dan menentukan siapa yang bertanggung ...

Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku ajar ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan capaian kompetensi pada Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan adanya buku ajar ini diharapkan agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti perkuliahan yang lebih baik dan nantinya dapat meraih nilai yang memuaskan.

Buku ajar ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan capaian kompetensi pada Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.

SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN

Improvisasi Memanusiakan Manusia via Pendidikan

Penulis buku “SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN: Improvisasi Memanusiakan Manusia via Pendidikan” –yang merupakan teori yang dikembangkan melalui perenungan penulis dalam menggapai tujuan pendidikan yang kaffah melalui seni mengajar dan mendidik sesuai dengan semangat humanismemengajak para pembaca mengeksplorasi, mengeksplanasi atau bahkan mengelaborasi segala bentuk startegi pembelajaran yang ada dalam sekolah atau lembaga pendidikan mana pun. Berdasarkan teori-teori dan juga eksplorasi sumber yang auntentik, penulis mencoba merangkai rajutan teori menjadi suatu buku yang dapat dijadikan rujukan pengembangan teori yang lain.

DAFTAR PUSTAKA Abdullah Nashih Ulwan, 1992, Tarbiyatul Aulad Fil Islam (Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-Kaidah Dasar) Terjemahan Halilulah Ahmas, Bandung Remaja Rosdakarya An-nihlawi, Abdurrahman, 1992, Prinsip-prinsip dan Metode ...

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK ANAK USIA DINI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Karakteristik kurikulum 2013 adalah salah satunya tematik. Model pembelajaran tematik sejatinya adalah model pembelajaran terpadu yang menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk dijadikan satu keutuhan dalam satu tema. namun, mengingat bahwasanya dalam pendidikan anak usia dini tidak memiliki mata pelajaran, maka tematik disini adalah mengaitkan satu tema dengan seluruh perkembangan anak usia dini yang berdasarkan kurikulum 2013 ada 6 aspek perkembangan yaitu spiritual, sosial emosional, kognitif, bahasa, keterampilan dan terakhir adalah seni. Hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran tematik adalah tema yang diangkat sesuai dengan berbagai macam pengalaman siswa dan lingkungannya. Dalam buku ini akan membahas sebagai berikut : 1) hakikat Konsep Pembelajaran tematik 2) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik 3) Desain pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi AUD 4) Model Pembelajaran Tematik 5) Penyusunan Satuan Kegiatan Harian Pembelajaran RA Semoga buku kolaborasi antar Perguruan Tinggi ini dapat bermanfaat bagi dunia akademik khususnya dan menambah khazanah keilmuan dibidang Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kebijakan Fiskal dan Moneter: Teori dan Empirikal

Buku ini menguraikan siklus kegiatan ekonomi, kebijakan ekonomi makro, sasaran kebijakan, keseimbangan antar-sasaran, efektivitas dan strategi kebijakan, target dan pengendalian kebijakan, serta peranti dan sarana pendukung kebijakan. Studi kasus kebijakan fiskal dan moneter ini meliputi kebijakan fiskal di Indonesia sejak 1950 hingga 2011; sedangkan kajian kebijakan moneter di Indonesia dimulai sebelum 1983 hingga 2011. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dalam beberapa tahun terakhir, strategi kebijakan fiskal lebih diarahkan untuk melanjutkan dan memantapkan langkahlangkah konsolidasi fiskal dalam mewujudkan APBN yang sehat dan berkelanjutan (fiscal sustainability), tetapi masih dapat ...