Semoga buku ini bermanfaat untuk para pembaca agar digunakan untuk penuntun dalam mengoperasikan Microsoft Office 2013 yang berisi materi Microsoft Office Word, Microsoft Office Ms Excel, dan Microsoft Office Power Point. Pada penyusunan buku ini, penyusun berusaha memberikan materi yang sederhana agar lebih mudah diaplikasikan. Buku ini disusun sedemikian rupa agar para pembaca dapat memahami dan mempraktekkan isi dari buku ini karena selain materi juga dilengkapi dengan contoh kasus untuk digunakan sebagai bahan latihan.
Semoga buku ini bermanfaat untuk para pembaca agar digunakan untuk penuntun dalam mengoperasikan Microsoft Office 2013 yang berisi materi Microsoft Office Word, Microsoft Office Ms Excel, dan Microsoft Office Power Point.
Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan intrepretasi. Bagi pihak luar (di luar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang diperlukannya adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik. Hal ini karena komunikasi efektif antara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak ketiga. Manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik dapat melibatkan bantuan diri sendiri, kerja sama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Suatu pendekatan yang berorientasi pada proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik.
Bagi setiap umat Islam membayar zakat adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan. Karena zakat merupakan rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mengaku dirinya seorang muslim. Istilah zakat (pemberian) telah ada sebelum Rasulullah diutus. Hanya saja, pemberian dilakukan waktu itu penuh dengan kemusyrikan, karena dipersembahkan kepada berhala. Maka dari itu sistem kehidupan manusia telah diatur secara rinci dalam Al-Quran maupun hadis, yang dikenal dengan sebutan Al-Ahkâm al-Khamsah (hukum yang lima). Yang terdiri dari aturan mengenai wajib, sunnah, mubah, makruh, dan haramnya suatu aturan hukum dari setiap perbuatan manusia. Oleh karena itu, buku khutbah tentang zakat, infaq, dan shodaqoh tentu akan sangat bermanfaat.
Buku ini merupakan kumpulan makalah mahasiswa semester VII Kelas D di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Kumpulan makalah masiswa yang sengaja dibukukan sebagai tugas di akhir semester pada mata kuliah Sejarah Indonesia dan Dunia di jurusan PGMI UIN Mataram yang terdiri dari 6 materi yang memuat: Perkembangan Zaman Prasejarah sampai Zaman Protosejarah Indonesia dan Dunia; Kondisi Alam dan Sistem-Sosial Politik, Adat-Istiadat, serta Ragam Kepercayaan Masyarakat Indonesia; Masuknya Penjajahan ke Indonesia; Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Mempertahankan Kemerdekaan; dan Posisi Indonesia di Tengah-tengah Kehidupan Masyarakat Dunia.
Kumpulan makalah masiswa yang sengaja dibukukan sebagai tugas di akhir semester pada mata kuliah Sejarah Indonesia dan Dunia di jurusan PGMI UIN Mataram yang terdiri dari 6 materi yang memuat: Perkembangan Zaman Prasejarah sampai Zaman ...
Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD. Pada bagian awal atau bab pertama mengulas tentang historisitas pembelajaran tematik yang mendeskripsikan bahwa pembelajaran tematik bukanlah hal baru dalam pengembangan kurikulum di Indonesia, sebab cikal-bakal dan mula-mula sudah ada sejak kurikulum sebelumnya; KBK dan KTSP, hanya saja proses penyempurnaannya terus berlangsung ketika dicanangkan dan ditetapkan kurikulum 2013, melalui peraturan pemerintah dan permendikbud yang terus mengalami pengembangan hingga revisi ketiga di tahun 2016. Pada bagian ini juga dikemukakan bahwa pembelajaran tematik adalah alternatif perubahan atau inovasi pembelajaran dari konvensional menuju kontekstual yang fungsional.
Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD.