Sebanyak 112 item atau buku ditemukan

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo ini merupakan salah satu luaran Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Ristek Dikti Tahun Anggaran 2019 dengan judul Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Seni Reyog Ponorogo. Modul ini sangat penting kehadirannya sebagai dasar pembelajaran Reyog Ponorogo dalam bidang seni pertunjukan maupun penanaman nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya di sekolah dan pesantren obyek penelitian, yakni SMPN 1 Ponorogo, SMPN 2 Ponorogo, SMPN 3 Ponorogo, SMPN 4 Ponorogo, SMPN 5 Ponorogo, SMPN 6 Ponorogo, SMA MUhammadiyah 1 Ponorogo, MI MUuhammadiyah 09 Beton Siman Ponorogo, SMPN 1 Jetis Ponorogo, Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pondok Modern Arrisalah Selahung Ponorogo, dan Pondok Modern Walisongo Ngabar Ponorogo. Madul ini pada awalnya dipergunakan sebagai dasar pijak Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Tahun ke 2 Ristek Dikti Tahun Anggaran 2020 tindak lanjut dari penelitian tahun ke 1, yakni penerapan model penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada grup-grup Reyog di sekolah. Namun demikian, dalam posisi pengembangan dan perbaikan, modul ini juga diharapkan bisa dipergunakan sebagai salah satu dasar pembelajaran karakter seni Reyog Ponorogo, terutama di kalangan Konco Reyog Santri atau Varian Reyog Santri.

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo ini merupakan salah satu luaran Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Ristek Dikti Tahun Anggaran 2019 dengan judul Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Seni Reyog ...

Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang menganggap SPSS dan penelitian kuantitatif merupakan sosok yang menakutkan dan enggan jika harus berurusan dengan SPSS. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa ahli dalam pengolahan data penelitiannya, sehingga membuat mahasiswa tidak mandiri dan akan mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai contoh yang praktis sehingga mudah untuk dipahami. Materi pada buku ini menitikberatkan pada pendekatan mahasiswa S1 untuk berbagai Fakultas dan Program Studi seperti Ekonomi, Pendidikan, Psikologi, Peternakan, Sosial, dan lain-lain. Dalam pembahasan buku ini penulis menggunakan program SPSS 24, dan bagi pembaca yang mengunakan SPSS versi d iatas ataupun di bawahnya tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti karena tidak banyak terdapat perbedaan dalam pengaplikasiannya.

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif.

Teori Dan Model Pembelajaran

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968. Tamat SD 1983 di SD Negeri Emplawas, Tamat SMP Negeri Tepa Tahun 1987, Tamat PGAKP Tual Tahun 1990, D2 PAK, STAKPN-Ambon Tahun, 1999, S1 PAK, STAKPN-Ambon, Tahun 2003, dan Tahun 2006, diangkat sebagai tenaga pengajar (Dosen) pada STAKPN-Ambon, dan melanjutkan study S2 PAK STAKPN Ambon, Tahun 2010. Pengembangan profesi ketika diangkat sebagai tenaga pengajar dengan fungsional Dosen, Mata Kuliah; Teori Belajar Dalam PAK, dan Mata Kuliah tambahan, Kateketik. Selanjutnya dengan berjalannya waktu dalam pengembangan profesi masi tetap dengan Mata Kuliah Fungsional Dosen, Teori Belajar Dalam PAK dan tambahan Mata Kuliah Etika. Jabatan yang pernah di emban sebagai Sekertaris Prodi S2 PAK STAKPN Ambon, dan juga sebagai sekertaris pengelola jurnal Mara Christy pada STAKPN Ambon. Pada Tahun 2018 ketika STAKPN Ambon beralih status menjadi IAKN-Ambon. Saya diberi tanggungjawab sebagai Kaprodi PSM (Pendidikan Seni Musik) dengan Mata Kuliah, Teori Dan Model Pembelajaran, dan tambahan Mata Kuliah; PAK (Pendidikan Agama Kristen). Sekarang tetap sebagai staf pengajar pada Prodi PSM (Pendidikan Seni Musik) Fakultas Seni Keagamaan Kristen dan Prodi PAK (Pendidikan Agama Kristen) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pada IAKN-Ambon. Jabatan Saat ini masi sebagai Kaprodi PSM-FSKK-IAKN Ambon.

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968.

BERPIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri)

Judul : BERPIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri) Penulis : Wira Suciono Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-68729-6-3 Buku ini membahas tentang Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia masyarakat Indonesia dan dunia pendidikan pada khususnya. Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama tentang Kemandirian Belajar yang meliputi Pengertian Kemandirian Belajar, Aspek-Aspek Kemandirian Belajar, Karakteristik Kemandirian Belajar, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar dan Strategi Kemandirian Belajar. Bab kedua membahas tentang Kemampuan Akademik yang meliputi Pengertian Kemampuan Akademik, Variasi Kemampuan Akademik dan Meningkatkan Kemampuan Akademik Siswa. Bab ketiga membahas tentang Efikasi Diri yang meliputi Pengertian Efikasi Diri, Aspek-Aspek Efikasi Diri, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi diri. Bab keempat tentang Kemampuan Berpikir Kritis yang meliputi Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kritis dan Pembelajaran, Karakteristik Kemampuan Berpikir Kritis, Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Langkah-Langkah Kemampuan Berpikir Kritis. Bab kelima tentang Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri yang meliputi Pendahuluan, Rumusan Masalah, Teknik Pengumpulan Data, Populasi dan Sampel, Teknik Analisis Data dan Pengujian Hipotesis, Hasil Penelitiaan dan Pembahasan dan Simpulan.

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar ... belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital.

RISET OPERASI MANAJEMEN TRANSPORTASI

Bismillahi rohamni rahiim Assalamu alaikum waroh matulohi wabarakatuh Dengan puji syukur ke hadirat Allah SWT bahwasannya kita masih diberikan kesehatan selama ini. Penyusun menguraikan buku teori ini bermaksud untuk memudahkan para pembaca memahami permasalahan transportasi logistik memudahkan belajar pada arah topik yang dituju terutama dalam masalah sistem transportasi logistik. Penyusun dengan senang hati dapat menyelesaikan Buku Teori Riset Operasi Manajemen Transportasi ini walaupun banyak yang perlu diperbarui, terutama sesuai dengan situasi permasalahan sistem transportasi masa kini. Buku ini disusun berdasarkan materi selama satu semester. Secara substansi terdiri dari permasalahan transportasi dengan menggunakan metode matematis programa linier. Setiap buku terdiri dari teori-teori, kemudian diterapkan pada studi kasus transportasi logistik, lalu disertakan pula soal latihan responsi sehingga dapat dipahami dari berbagai sisi. Praktikum disusun pada buku praktikum terpisah dari buku ini. Subtansi dari buku teori riset operasi ini terdiri dari: (1) Sejarah dan isu permasalahan transportasi masa lalu, kini, dan masa depan. (2) Programa linier dengan grafis, (3) Programa linier dengan matematis (metode simpleks), (4) Metode big M, (5) Metode dua fase, (6) Metode dualitas (7) Analisis sensitivitas. (8) Model Transportasi (solusi awal): Dummy & Balance Problem, Linier Programming Method, Northwest Corner Method (NCM), dan Minimum/Least Cost Method (LCM). (9) Model Transportasi (solusi Perbaikan): Stepping Stone Method (SSM), dan Modified Distribution Method (MODI), (10) Model Penugasan (Assignment) : Metode Hungarian (11) Model Terminal Antara (Transhipment), (12) Model Jaringan: Shortest Route Method, Spanning Tree Method, Maximum Flow Problem, (13) Manajemen Proyek I : Perencanaan Proyek, (14) Manajemen Proyek II : konsep Crushing Method. Seluruh buku dapat berubah sesuai dengan situasi permasalahan transportasi masa kini terjadi. Buku ini tentu jauh dari kesempurnaaan. Penyusun menerima saran dan kritik. Akhirul Kalam, Wassalamualaikum Waromatulohi Wabarakatuh.

Ilmu riset operasi yaitu ilmu untuk melakukan penyelidikan terhadap operasional
suatu masalah dengan formulasi model gambar d. Ilmu riset operasi yaitu ilmu
yang mengkaji hanya pada masalah manajemen transportasi saja. e. Ilmu riset ...

Pengantar Manajemen

Ilmu manajemen jelas tidak pernah bisa dipisahkan dari hidup manusia. Immanuel Kant, filsuf Jerman, pernah menyatakan, bahwa ada tiga pertanyaan mendasar di dalam filsafat dalam kaitan dengan hidup manusia. Yang pertama adalah, apa yang dapat kita ketahui? Kedua, apa yang harus kita lakukan? Dan ketiga, apa yang boleh kita harapkan? Ilmu manajemen memberikan jawaban yang kritis, rasional dan sistematis terhadap ketiga pertanyaan tersebut dengan sepenuhnya menggunakan akal budi manusia. Di era revolusi industri 4.0 setiap organisasi membutuhkan ilmu ini untuk mengelola organisasinya sesuai tujuan yang hendak dicapai. Untuk itu, penulis menulis buku ini untuk membantu pembaca mengenal serta memahami lebih mudah mengenai konsep dasar ilmu manajemen. Dalam buku ini dibahas mulai dari filsafat ilmu manajemen, sejarah dan tokoh ilmu manajemen, perencanaan, pengorganisasian, hingga pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi. (Rheza Pratama_2020) Pengantar Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Dalam buku ini dibahas mulai dari filsafat ilmu manajemen, sejarah dan tokoh ilmu manajemen, perencanaan, pengorganisasian, hingga pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi. (Rheza Pratama_2020) Pengantar Manajemen ini diterbitkan ...

MANAJEMEN BIAYA

COST MANAGEMENT

mata kuliah ini membahas peran informasi manajemen biaya dalam hubungannya dengan (1) strategi dan implementasinya, seperti konsep biaya, balancer scorecard dan value chain, ABC dan ABM, (2) Perancangan dan pengambilan keputusan seperti pembuatan anggaran induk, biaya relevan dan telaah stratejik, dan perencanaan biaya untuk siklus hidup produk, (3) pengendalian operasional, seperti produktivitas dan efektivitas pemasaran dan analisis profitabilitas stratejik, (4) Pengendalian Manajemen, seperti pengendalian manajemen dan pengukuran kinerja stratejik, dan unit – unit investasi stratejik dan penetapan harga transfer, dan (5) Topik – topik lanjutan manajemen biaya, sepertia kompensasi manajemen dan penilaian bisnis, dan penganggaran kapital.

Selain itu antusiasme pelaksanaan pendidikan yang sangat tinggi, didukung dengan sarana prasarana pendidikan yang cukup memadai. 2.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Buku ini sangat membantu mahasiswa, guru dalam berinovasi proses belajar mengajar.

Buku ini dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar serta tidak menutup kemungkinan bagi guru dan tempat bimbingan belajar yang ada di Indonesia.

Best Practice

Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning

Dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalisme guru, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tertanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam peraturan itu dinyatakan bahwa guru diwajibkan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang di antaranya dapat dilakukan dalam bentuk publikasi ilmiah. Guru tentunya telah memperoleh banyak pengalaman dalam pelaksanaan tugasnya. Dari pengalaman-pengalaman tersebut, dimungkinkan salah satunya merupakan Best Practice (pengalaman terbaik). Bila pengalaman terbaik tersebut dipublikasikan, maka akan menjadi pembelajaran bagi guru yang lain, dan sekaligus juga merupakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dari guru.

Bulu Best Practice: Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.