
Konseling Pembelajaran dan Prestasi
- ISBN 13 : 9786233841627
- Judul : Konseling Pembelajaran dan Prestasi
- Pengarang :
- Penerbit : prenada media
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2022
- Halaman : 244
-
Ketersediaan :
Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.
Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.
Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,
Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.
Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan teknologi media. Buku ini ditujukan untuk para pendidik, pengembang kurikulum, dan praktisi pembelajaran yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang efektif dan inovatif. Dalam buku ini, penulis menjelajahi konsep-konsep dasar pembelajaran yang mendukung penggunaan teknologi media dalam proses pembelajaran. Mereka menguraikan prinsip-prinsip desain yang terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan. Para pembaca akan diperkenalkan pada teori-teori pembelajaran terkini, termasuk pendekatan berbasis kognitif, konstruktivis, dan kontekstual, serta bagaimana menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam merancang pengalaman pembelajaran yang menggugah minat dan memaksimalkan pemahaman siswa. Buku ini juga membahas berbagai teknologi media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk video, audio, gamifikasi, simulasi, dan platform pembelajaran online. Para pembaca akan mempelajari cara mengintegrasikan teknologi ini ke dalam desain pembelajaran yang efektif, termasuk strategi penggunaan yang tepat dan evaluasi yang sistematis. Terdapat juga panduan praktis untuk memilih alat dan sumber daya yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa. Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya mengadaptasi pengalaman pembelajaran dengan mengikuti tren dan inovasi terkini dalam pengembangan teknologi media. Para pembaca akan diajak untuk berpikir secara kreatif dalam merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa masa kini. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" memberikan panduan yang komprehensif bagi para praktisi pembelajaran yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi media. Buku ini mengilhami para pembaca untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang memotivasi, interaktif, dan relevan, sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai potensi belajar mereka yang penuh.
Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan ...
Buku ini hadir dalam rangka memahami konsep manajemen oleh seorang pemimpin dalam perilaku menjadi seorang leader yang futuristik dan modern karena buku ini didasarkan pada penelitian terhadap materi-materi dari perkuliahan meliputi: Konsep dan Definisi Kepemimpinan, Karakteristik Kepemimpinan, Syarat Dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Kepemimpinan Dan Manajemen, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Kepemimpinan Sekolah Yang Sukses, Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah, Kepimpinan Pendidikan Pada Konteks Yang Multikultural Dan Menantang, Konteksasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Negeri, Kontestasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta. Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal.
Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku ...
Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Buku ini dimulai dengan definisi dan ruang lingkup pembelajaran berbasis teknologi, lalu membahas teori pembelajaran dan integrasi teknologi, serta berbagai model pedagogi yang relevan. Topik utama lainnya mencakup pembelajaran blended, kelas terbalik (flipped classroom), e-learning, pembelajaran berbasis mobile, dan alat digital untuk pembelajaran interaktif. Selain itu, buku ini juga menawarkan panduan praktis tentang integrasi teknologi di kelas, pengembangan profesional untuk guru, evaluasi pembelajaran dengan teknologi, dan alat penilaian online. Dengan pembahasan yang mendalam dan menyeluruh, buku ini memberikan wawasan serta strategi implementasi yang efektif untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam pembelajaran, menjadikannya sumber yang berharga bagi para pendidik di era digital.
Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran.
Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...
Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan, perkembangan teknologi pendidikan, teori pembelajaran dan teknologi, aplikasi pembelajaran digital, desain kurikulum berbasis teknologi, pembelajaran berbasis game, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital, evaluasi dan pengukuran pembelajaran digital, keamanan dan etika dalam pendidikan digital, pengembangan profesional guru di era digital, tantangan sosial dan psikologis dalam pembelajaran digital, inklusi digital: meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan masa depan teknologi pendidikan.
Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan.