Sebanyak 38348 item atau buku ditemukan

Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pendidikan Umum Dan Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi

Buku ini merupakan pengembangan dari disertasi penulis yang selesai pada tahun 2022. Pada bagian awal dimulai dengan bahasan dinamika pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia untuk memberikan gambaran apa yang terjadi dan apa yang dapat dilakukan agar Pendidikan Kewarganegaraan dapat sesuai dengan kehendak negara. Pada bagian berikutnya dibahas mengenai berbagai padangan yang berkaitan dengan teori-teori yang sesuai dengan konteks pendidikan umum dan pendidikan karakter dari berbagai ahli. Adapun penyusunan buku ini bertujuan untuk membantu dosen dan mahasiswa secara khusus dan masyarakat secara umum memahami pengetahuan, keterampilan, dan watak yang dibutuhkan warga negara dalam usahausaha bela negara meski tidak dengan mengangkat senjata, melainkan dengan profesi dan keahlian masing- masing warga negara. Oleh sebab itu, materi-materi yang terdapat dalam buku ini, disesuaikan dengan perbedaan profesi dan keahlian tersebut dengan harapan dapat membimbing mahasiswa dan masyarakat menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan PKn yaitu membentuk warga negara yang baik (to be a good citizenship) sesuai dengan harapan bangsa dan negara.

... citizenship education in volatile times: preparing students for citizenship in the 21st century. Singapore: Springer. Kerr, D., Sturman, L., Schulz, W., & Burge, B. (2010). The International Civic and Citizenship Education Study ...

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANDAR METABE’ DAN MEPUANG

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANDAR METABE’ DAN MEPUANG

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANDAR METABE’ DAN MEPUANG

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER AYAT-AYAT HAJI

Buku ini memuat analisis nilai pendidikan karakter pada ayat-ayat haji, sehingga menghasilkan ekstrak nilai pendidikan karakter, tentunya diharapkan sebagai tawaran pemikiran dari sumber autentik Al-Qur’an, dalam rangka membentuk karakter pribadi, keluarga dan masyarakat. Semoga tulisan kecil ini dengan adanya pendidikan karakter dari ayat-ayat haji menjadi jalan keluar dari permasalahan ditengah-tengah masyarakat, terutama era sekarang yang sangat cepat mengalami perubahan dari seluruh sendi kehidupan yang simultan mendegradasi moral anak bangsa. Karena itu hendaknya semua stakeholder pendidikan berupaya dengan kemampuan maksimal yang dimiliki untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Buku ini sangat cocok dibaca terutama pendidik, sangat penting dimiliki bagi calon tamu Allah yang bercita-cita berhaji, dan wajib dimiliki oleh alumni haji agar lebih memaknai apa yang sudah dijalani selama berhaji, dan spesial kepada semua pencinta ilmu Al-Qur’an untuk menambah khazanah keilmuan.

Buku ini memuat analisis nilai pendidikan karakter pada ayat-ayat haji, sehingga menghasilkan ekstrak nilai pendidikan karakter, tentunya diharapkan sebagai tawaran pemikiran dari sumber autentik Al-Qur’an, dalam rangka membentuk karakter ...

Toleransi Antarumat Beragama di Papua

Buku ini merupakan studi kasus pendidikan karakter toleransi antarumat beragama di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura.

Buku ini merupakan studi kasus pendidikan karakter toleransi antarumat beragama di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura.

TARA, TURU, TORO

(Pendidikan Karakter dalam Budaya Bahari)

Salah satu penyebab terjadinya berbagai ketimpangan dalam dunia pendidikan adalah sistem pendidikan yang masih bersifat mekanistik dan dogmatis. Peserta didik atau masyarakat yang bersekolah masih dianggap sebagai individu yang tidak mengetahui apa-apa. Akibatnya, kegiatan pendidikan atau pembelajaran lebih terfokus pada pemindahan pengetahuan (transfer of knowledge). Di samping itu, muatan kurikulum sangat sentralistis sehingga mengabaikan potensi kearifan budaya masyarakat yang berada di daerah. Berangkat dari hal tersebut, penggalian atas kearifan budaya itu sendiri, sangatlah penting untuk diketengahkan. Melalui riset etnografi realis, buku ini memberikan deskripsi dan interpretasi pemahaman, sekaligus pemaknaan masyarakat Wakatobi mengenai Tara, Turu, Toro sebagai landasan nilai Pendidikan karakter; melakukan deskripsi dan interpretasi berbagai institusi sosial yang dijadikan sebagai wahana sosialisasi nilai-nilai budaya Tara, Turu, Toro dalam menanamkan pendidikan karakter; melakukan deskripsi dan interpretasi perbedaan dan persamaan nilai-nilai budaya Tara, Turu, Toro dengan 18 nilai pendidikan karakter; serta melakukan deskripsi dan interpretasi bagaimana masyarakat Wakatobi menegosiasikan nilai budaya Tara, Turu, Toro dengan kurikulum pendidikan karakter.

Melalui riset etnografi realis, buku ini memberikan deskripsi dan interpretasi pemahaman, sekaligus pemaknaan masyarakat Wakatobi mengenai Tara, Turu, Toro sebagai landasan nilai Pendidikan karakter; melakukan deskripsi dan interpretasi ...

Progres Pendidikan Karakter Kristen Dari Masa Penciptaan Hingga Abad 21

Sistematika buku Progres Pendidikan Karakter Kristen dari Masa Penciptaan hingga Abad 21 mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan pendidikan karakter Kristen yang lebih baik. Buku ini terdiri atas 12 Bab yang dibahas secara rinci, di antaranya : Pendidikan Karakter sejak Penciptaan hingga Peristiwa Air Bah, Dalam Zaman Abraham hingga Zaman Yusuf, Pada Masa Perbudakan di Mesir hingga Padang Gurun, Pada Masa Memasuki Tanah Kanaan di Bawah Kepemimpinan Yosua, Pada Zaman Hakim-hakim, Dalam Zaman Raja-raja, Dalam Masa Pembuangan, Dalam Masa Kembali dari Pembuangan, Di Masa Intertestament hingga Masa Tuhan Yesus, Dalam Masa Para Rasul, Pada Abad Pertengahan, dan Pada Abad 21.

Sistematika buku Progres Pendidikan Karakter Kristen dari Masa Penciptaan hingga Abad 21 mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan pendidikan karakter Kristen yang ...

Etika Pendidikan

Buku Etika Pendidikan disusun dengan harapan sebagai bekal bagi mereka yang mengabdi di bidang pendidikan, terutama para pendidik, baik guru, pamong, atau apa pun sebutan lainnya. Harapannya, mereka dapat menjalankan norma-norma etik dalam pengabdian profesional maupun kehidupan sehari-harinya kelak. Sangat jarang ada buku mengenai etika pendidikan ditulis di Indonesia walaupun di dalam khazanah ilmu pendidikan jelas sekali bahwa etika menjadi salah satu fondasinya.

Buku Etika Pendidikan disusun dengan harapan sebagai bekal bagi mereka yang mengabdi di bidang pendidikan, terutama para pendidik, baik guru, pamong, atau apa pun sebutan lainnya.

Pendidikan Karakter Bangsa Dan Bela Negara

Negara sebagai sebuah organisasi sosial, adalah sesuatu yang lahir dan berkembang bersama dengan peradaban manusia. Bangsa Indonesia yang memiliki sejarah, nasionalisme diartikan sebagai suatu kesatuan solidaritas masyarakat yang terbangun oleh perasaan kebersamaan Esdecorb akibat kesediaan saling berkorban dalam waktu yang panjang serta kesediaan untuk melanjutkan di masa kini dan masa depan dengan berlandaskan atas kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bersama. Nasionalisme dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dikenal sebagai sebuah kata sakti yang mampu membangkitkan kekuatan berjuang melawan penindasan selama beratus-ratus tahun lamanya. Perasaan senasib dan sepenanggungan yang dialami mampu mengalahkan perbedaan etnik, budaya dan agama sehingga lahirlah sejarah pembentukan kebangsaan Indonesia. Dalam gagasan pembangunan bangsa yang berkarakter, pendidikan memiliki fungsi sebagai pemersatu bangsa, penyamaan kesempatan dan pengembangan potensi diri. Pendidikan diharapkan dapat memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memungkinkan setiap warga negara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal.

Negara sebagai sebuah organisasi sosial, adalah sesuatu yang lahir dan berkembang bersama dengan peradaban manusia.

Aristotelian Character Education

This book provides a reconstruction of Aristotelian character education, shedding new light on what moral character really is, and how it can be highlighted, measured, nurtured and taught in current schooling. Arguing that many recent approaches to character education understand character in exclusively amoral, instrumentalist terms, Kristj�nsson proposes a coherent, plausible and up-to-date concept, retaining the overall structure of Aristotelian character education. After discussing and debunking popular myths about Aristotelian character education, subsequent chapters focus on the practical ramifications and methodologies of character education. These include measuring virtue and morality, asking whether Aristotelian character education can salvage the effects of bad upbringing, and considering implications for teacher training and classroom practice. The book rejuvenates time-honoured principles of the development of virtues in young people, at a time when 'character' features prominently in educational agendas and parental concerns over school education systems. Offering an interdisciplinary perspective which draws from the disciplines of education, psychology, philosophy and sociology, this book will appeal to researchers, academics and students wanting a greater insight into character education.

Introduction : what is Aristotelian character education?