Sebanyak 41484 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini

Sains dan matematika merupakan salah satu Spembelajaran yang dapat dikenalkan pada anak sejak usia dini. Anak usia dini sudah mampu dalam menerima konsep sains dan matematika sederhana. Pengenalan sains dan matematika pada anak perlu diberikan dengan cara yang tepat dan pemilihan kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Buku ini berisikan penjelasan mengenai sains dan matematika untuk anak usia dini dari pengertian, konsep dasar kegiatan, dan juga penilaian kemampuan sains dan matematika bagi anak usia dini. Buku ini dapat digunakan oleh praktisi, guru, dan juga mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai sains dan matematika untuk anak usia dini, sehingga penerapan kegiatan sains dan matematika dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Sains dan matematika merupakan salah satu Spembelajaran yang dapat dikenalkan pada anak sejak usia dini.

MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI-EKOLOGI (PSB MUGI) BAGI ANAK USIA DINI

Buku ini ditujukan untuk pembaca yang tertarik dalam mengembangkan pembelajaran sains anak usia dini dengan menerapkan Model PSB Mugi karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional dan fisik anak di PAUD khususnya untuk anak usia 4-6 tahun. Diharapkan dengan membaca buku ini pembeca/guru dapat melaksanakan Model PSB Mugi sesuai dengan dengan prinsip pembelajaran dan karakteristik utama. Buku ini juga ditujukan untuk pengembangan ilmu bagi mahasiswa Strata 1 jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Strata 2 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Buku panduan ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama yaitu: Pendahuluan, yang terdiri dari Latar belakang, Tujuan, Cakupan, dan Pengalaman belajar. Bagian Kedua adalah Teori Model Pembelajaran Sains Berbasis multisensori-ekologi (PSB Mugi), yang menguraikan Teori model pembelajaran, Pembelajaran sains anak usia dini, Pembelajaran berbasis multisensori, Pembelajaran berbasis ekologi, dan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-ekologi. Bagian ketiga, berupa Kiat Sukses Melaksakan Model (PSB Mugi) tediri dari 5 langkah yaitu: Memahami karakteristik model PSB Mugi, Memahami prinsip model PSB Mugi, Memahami strategi pembelajaran dalam model PSB Mugi, Memahami teknik penilaian dalam model PSB Mugi dan Membuat perencanaan pembelajaran. Bagian keempat, Kiat praktis PSB Mugi terdiri yang dari 4 bagian yaitu Persiapan ruangan belajar, Persiapan media pembelajaran, Membimbing anak dalam pembelajaran, dan Melakukan penilaian terhadap anak. Bagian kelima buku ini memuat Program PSB Mugi dengan tema bumi dan langit yang mencakup kegiatan Lingkunganku bersih, Tong sampah istimewa, Bermain air, Cahaya matahari dan Pelangiku. Bagian keenam berisi Program PSB mugi dengan tema Tanaman yang terdiri dari kegiatan Bermain di Taman, Berkebun, Fun cooking, Aku suka makan buah-buahan dan Eksplorasi bunga. Bagian ketujuh memuat Program PSB Mugi dengan tema Kendaraan yang memuat kegiatan Tempat penjualan mobil, Kendaraan buatanku 1, Kendaraan buatanku 2, Kendaraan bersih dan Tempat parkir. Bagian kedelapan buku ini memuat Praktik yang telah Diterapkan terdiri dari Praktik yang diterapkan dan Pendekatan interdisipliner dan transdisipliner ilmu pada PSB Mugi. Bagian kesembilan merupakan Penutup.

Karakteristik model webb adalah adanya tema yang dapat membentuk jaringan dari berbagai bidang pengembangan yang menggunakan pendekatan tematik. 3. Pembelajaran melalui Bermain Bermain merupakan aktifitas yang penting bagi.

Kemampuan Berbahasa, Sains Dan Matematika

Pendidikan bagi anak usia dini semakin populer . Orang tua semakin merasakan
pentingnya memberikan pendidikan kepada anak sejak dini dan berlomba
memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi anak - anaknya . Perkembangan ...

Cepat Pintar Sains 1

Herry Prasetyo. Pengantar Belajar Ilmu Sains dapat dimulai dari usia dini . Anak -
anak diperkenalkan secara sederhana semua hal yang berkaitan dengan alam
sekitar untuk menambah pengetahuan yang dimilikinya . Orangtua dan guru ...

Sains Untuk Anak

Elmatera

Sains adalah bagian dari kehidupan. Sains juga merupakan mata pelajaran di sekolah. Namun bukuini hadir dengan sesuatu yang berbeda. Buku ini mencoba menghadirkan pertanyaan-pertanyaan seputar sains. Pertanyaan-pertanyaan yang disajikan adalah pertanyaan-pertanyaan kritis yang dapat membantu anak menjadi anak cerdas. Anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Cerdas, tidak hanya merupakan bawaan atau bakat yang diperoleh sang anak. Setiap orang tua bisa menjadikan anaknya menjadi anak cerdas. Tentu saja, hal ini tergantung dari cara mendidik anak sejak dini. Salah satu cara agar anak menjadi cerdas adalah orang tua harus membiasakan anaknya bertanya. Bertanya adalah langkah awal untuk menjadi kritis. Berilah jawaban yang akurat dan tepat ketika anak bertanya.

Sains adalah bagian dari kehidupan.

Cepat Pintar Sains 2

Herry Prasetyo. Pengantar Belajar Ilmu Sains dapat dimulai dari usia dini . Anak -
anak diperkenalkan secara sederhana semua hal yang berkaitan dengan alam
sekitar untuk menambah pengetahuan yang dimilikinya . Orangtua dan guru ...

Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum. Selain itu, adanya penguatan-penguatan informasi mengenai sains yang sesuai dengan abad 21 menjadi unsur tambahan yang sangat direkomendasikan. Terbitnya buku ini di tengah-tengah dinamika pendidikan PAUD diharapkan dapat membantu Guru atau mahasiswa calon guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran PAUD yang inovatif dan terkini. Terlebih lagi, dalam buku ini dijelaskan mengenai berbagai model pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendekatan saintifik yang sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013 untuk PAUD.

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum.

Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk memulai memberikan stimulus agar anak dapat berkembang secara optimal. Apa yang dipelajari seseorang di awal kehidupan akan mempunyai dampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Usia dini adalah masa peka bagi anak. Pada usia ini perkembangan anak akan berkembang secara optimal, karena pada masa ini merupakan peletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan nilai agama moral. Usia ini sering disebut sebagai usia emas (The Golden Age), karena masa ini akan terjadi perkembangan yang pesat terhadap semua aspek perkembangan dan akan terjadi sekali dalam seumur hidup, dan tidak akan kembali lagi setelah anak-anak dewasa nantinya. Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Adapun materi yang dibahas pada buku ini yakni sepenuhnya berkaitan dengan Pengembangan Fisik Motorik untuk mahasiswa Perguruan Tinggi pada umumnya.

Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam ...

Engineering psychology : prinsip dasar rekayasa kerja berbasis integrasi fisik, psikis, dan teknik

Engineering Psychology: Prinsip Dasar Rekayasa Kerja Berbasis Integrasi Fisik, Psikis, dan Teknik merupakan buku pertama di Indonesia yang membahas mengenai keilmuan Engineering Psychology. Engineering psychology sendiri merupakan disiplin ilmu dengan konsep multidisiplin yang berfokus pada optimalisasi kinerja manusia melalui interaksi antara manusia dengan mesin, produk, objek, maupun teknologi yang berlandaskan integrasi aspek fisik, psikis dan teknik, dengan mempertimbangkan kelebihan dan keterbatasan manusia sebagai pusat dari rancangan. Buku ini terdiri dari 15 yang disusun oleh para penulis yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yaitu psikologi, teknik dan kedokteran. Setiap bab ditulis secara spesifik oleh dosen yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Buku ini dibagi atas empat bagian; bagian pertama terdiri dari dua bab yang membahas pengantar keilmuan dan dasar hubungan manusia mesin, bagian kedua terdiri dari empat bab yang ditulis oleh para ahli dari fakultas kedokteran membahas mengenai dasar-dasar pancaindra, memori, dan anatomi, bagian ketiga terdiri dari lima bab membahas mengenai manusia dan aktivitas kerja serta bagian keempat terdiri empat bab yang membahas mengenai human performance. Buku ini dapat menjadi pegangan utama untuk mata kuliah Engineering Psychology, suatu mata kuliah baru yang akan diperkenalkan di Unika Atma Jaya Jakarta. Karena isi buku secara ringkas membahas mengenai aspek manusia dari sisi pendekatan psikologi, fisik dan teknik yang disusun oleh para ahli dari tiga fakultas berbeda (psikologi, kedokteran dan teknik), sebagian besar materi dalam buku ini juga dapat menjadi pegangan untuk beberapa mata kuliah yang terkait di kedokteran, psikologi, dan teknik. Buku ini cocok menjadi buku pegangan bagi mahasiswa peserta kuliah, dosen, praktisi, maupun khalayak umum.

Usaha yang digunakan untuk meningkatkan output motorik dari korteks motorik
primer disebut sistem fasilitasi. Input dari sistem fasilitasi meningkatkan aktivitas
pada bagian korteks motorik asosiasi dan korteks motorik primer, sehingga ...

Kemampuan Fisik, Seni, Dan Manajemen Diri

Pendahuluan Pendidika endidikan bagi anak usia dini semakin populer . Orang tua semakin merasakan pentingnya memberikan pendidikan kepada anak sejak dini dan berlomba memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi anakanaknya .