Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya. Selain itu, guru yang profesional juga harus mampu meningkatkan kompetensinya agar tercapai kondisi proses pembelajaran yang efektif dan tercapai tujuan belajar secara optimal. Untuk itu, adanya mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ialah salah satu bentuk upaya guna mencetak guru yang profesional. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik memiliki kepribadian, menguasai bahan pelajaran, menguasai cara-cara mengajar sebagai dasar kompetensi sehingga mampu memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk meningkatkan penguasaan dan prestasi belajar siswa. Buku ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi penulis untuk memberikan sumber belajar bagi mahasiswa calon pendidik dan semua pihak yang berkepantingan dalam dunia pendidikan dalam memahami Strategi Belajar Mengajar.

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya.

PANDUAN BERCERITA BERPASANGAN JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN

Situs sejarah merupakan tempat manusia masa lalu melaksanakan aktivitas hidupnya dan meninggalkan sisa-sisa aktivitasnya sebagai ungkapan kebudayaan yang berlaku sesuai jamannya. Situs ini memiliki arti penting bagi kehidupan masa kini. Cerita dibalik situs dan peninggalan sejarah dapat dijadikan sumber motivasi manusia untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya. Tanpa pengalaman manusia tak akan bisa mengambil putusan penting, tak akan mampu memperbaiki kondisinya, bahkan mungkin tak akan bisa melangsungkan hidupnya. Ini sejalan dengan ucapan Prof. Sartono Kartodirdjo, bahwa tidak mengetahui sejarah dapat diibaratkan orang yang membaca buku roman hanya pada halaman terakhir. Dengan demikian tidak diketahui "intrige" ceritera itu dan "happy end"-nya tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh". Dengan memahami peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk peng- alaman bersama sebagai ungkapan reaksi kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa. Untuk itu, situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta dan masyarakat. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah perlu adanya pihak-pihak yang menjaga dan bertanggung jawab. Salah satunya yakni mengangkat juru pelihara walaupun tidak untuk semua situs. Kondisi seperti memotivasi warga masyarakat untuk turut serta hadir sebagai pemelihara yang biasa disebut juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Bahkan mereka seringkali menjadi sasaran pertanyaan dari para pengunjung. Mengingat tidak semua juru pelihara dan juru kunci melaksanakan pendalaman dan/atau pengayaan secara ilmiah atas situs yang dipeliharanya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya perbaikan tersebut salah satunya melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Kemenristek RI dengan metode bercerita berpasangan.

Pendidikan Keterampilan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rusman. (2014
). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan.

Seminar Sejarah Nasional IV: Sub tema pendidikan sejarah

Pertama , naskah terpilih adalah naskah yang isinya mengandung nilai
pendidikan sesuai dengan judul makalah ini . Kedua ... dapat dipandang
sebagai zaman peralihan , yaitu peralihan menuju zaman yang dipengaruhi
kebudayaan Islam .

Sejarah Sulawesi Tenggara dan 45 tahun Sultra membangun

History and development of Sulawesi Tenggara Province, Indonesia.

Pendidikan Dunia Usaha Pendidikan Sejarah b . Ilmu Pendidikan - Psikologi
Pendidikan dan Bimbingan c . Pendidikan Matematika dan IPA ( MIPA ) -
Pendidikan matematika - Pendidikan Biologi - d . Pendidikan Bahasa dan Seni ...

Sejarah perkembangan Jalasenastri, 1946-1981

Dalam penanganan masalah pendidikan bagi para anggota ini tidak mudah ,
karena sifatnya yang tidak homogen ... masing dan bekerja sama dengan dinas
serta berupa ceramahceramah psikologi pendidikan , pola hidup sederhana ...

Sejarah sebuah penilaian

refleksi 70 tahun Prof. Dr. H. Asmawi Zainul, M.Ed

On history of Indonesia and education improvement; festschrift in honor of Asmawi Zainul, professor of history science, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sardar , Ziaudin . ( 1986 ) . Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim . Bandung
: Mizan . Sjadzali , Munawir . ( 1990 ) . Islam dan Tata Negara ; Ajaran Sejarah
dan Pemikiran . Jakarta : University Indonesia Press . Suni , Bakran . ( 1995 ) .

Seminar Sejarah Nasional V

2 , Tahun 1989 , Tentang Sistem Pendidikan Nasional . 2 ) T . Raka Joni ,
Wawasan ... Press , 19883 ) , halaman 1 . 10 ) J . Dewey dalam Lester D. Crow
dan Alice Crow , Psikologi Pendidikan Buku I , terjemahan Z. Kasijan ( Surabaya
: PT .

Sejarah dan dialog peradaban

Dynamics of the Indonesian history then and present time; festschrift in honor of Taufik Abdullah, a historian and a prominent figure in Indonesian literature.

83. " Sejarah , Kekuasaan , dan Intelektual Muslim , " dalam Islam dan Kebudayaan Indonesia : Dulu , Kini , dan Esok ... History , Political Image and Cultural Encounter : The Dutch in The Indonesian Archipelago , " Studia Islamica ...

Sejarah dan perkembangan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

... Jakarta , pada tanggal 30 Maret sampai dengan tanggal 4 April 1976 dengan
hasil sebagai berikut : 1 ) naskah laporan penelitian ( ringkasan ) istilah biologi ,
kimia organik , pertanian , psikologi , pendidikan , geografi , ilmu pengetahuan ...