Sebanyak 38358 item atau buku ditemukan

Jurnal studi Indonesia

... 10 Aqidah Akhlak Ushul Fiqih Fiqud Da'wah Bahasa Arab Tajwid / Alqur'an
Fiqih Mahfudzot Alqur'an Hadist Ilmu Tafsir Ilmu Hadist Nahwu Shorof Sej
Kebudayaan Islam 7 2 2 8 2 2 2 6 9 2 6 2 2 2 2 10 4 2 10 11 4 4 12 2 2 JUMLAH
28 16 16 ...

Studi Hadis

Kedudukan hadis sebagai salah satu sumber terpenting telah lama menjadi objek kajian para ulama dari masa ke masa hingga kemudian mengkristal dalam disiplin keilmuan tersendiri. Berbagai hal penting dalam disiplin tersebut dipaparkan secara komprehensif dan sistematis dalam buku ini. Kelengkapan bahasan mencakup pula kajian hadis para orientalis terkait dalam perspektif mereka terhadap autentitas dan validitas hadis sebagai salah satu sumber hukum Islam. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Kedudukan hadis sebagai salah satu sumber terpenting telah lama menjadi objek kajian para ulama dari masa ke masa hingga kemudian mengkristal dalam disiplin keilmuan tersendiri.

Studi Hermeneutika Kajian Pengantar

Hermeneutika dalam tradisi pemikiran Islam adalah sesuatu yang masih menjadi polemik. Ada yang menerima tanpa reserve dan ada yang menolaknya secara mati-matian, sekaligus ada yang bersikap moderat. Penyusunan buku ini adalah untuk memberikan pemahaman awal agar terhindar dari pretensi yang menjebak pada dua kubu ekstremitas, yaitu menerima dan/atau menolaknya tanpa bersikap kritis kepadanya. Bukankah ada ungkapan yang menyatakan khudz al-Hikmah wala Yadurruka min Ayyi wi’a in kharajat ? Nah, penyusunan buku ini dimaksudkan untuk memenuhi proses tersebut sekaligus agar proses perkuliahan dapat berlangsung dengan lebih terarah, terfokus sehingga tujuan perkuliahan dapat lebih tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

... naskah-naskah tersebut. Arkoun mencoba menggunakan metodologi berbagai ilmu sosial yang ada, baik sejarah, politik, psikologi, sosiologi, mitologi, filsafat, semantik, maupun linguistik untuk menelaah naskah-naskah dan teks-teks ...

Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'an

Buku yang ada di hadapan Anda ini, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur`an, sengaja kami hadirkan untuk menjadi salah satu sahabat Anda dalam menyelami ayat-ayat Al-Qur`an yang dalam tak berujung dan luas tak bertepi. Melalui buku ini, Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Al-Qur`an dan hal-hal lain yang mengitarinya. Mungkin bahasanya sedikit akademis, tapi kami yakin insya Allah ia termasuk yang paling mudah untuk buku sejenisnya, semoga Anda dapat memetik manfaat yang luas melalui buku ini, dan hari-hari Anda menjadi hari-hari yang dihiasi dengan tadabbur Al-Qur`an. Sesungguhnya kitab yang mulia ini adalah kitab terbesar dan teragung yang mengajak Anda kepada kebahagiaan, kegembiraan, kesukacitaan dan kesenangan. Ia membahagiakan Anda seolah mengatakan: `Tenanglah, teguhlah, bahagialah, berfikir positiflah, suka-cita dan gembiralah, karena di penghujung setiap malam ada pagi yang cerah, di balik setiap bukit ada taman, setelah perjalanan jauh ada sungai yang mengalir, dan di balik batu yang besar ada mata air yang sejuk, di bawah terik matahari ada tempat bernaung, dan setelah kelelahan ada tidur yang tenang yang lelap dan melapangkan. Dan “Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan.” (Al-Insyirah: 6). (DR. ‘Aidh Al-Qarni) - Pustaka Al-Kautsar Publisher - Dilarang keras mem-PDF-kan, mendownload, dan memfotokopi buku-buku Pustaka Al-Kautsar. Pustaka Al-Kautsar tidak pernah memberikan file buku kami secara gratis selain dari yang sudah tersedia di Google Play Book. Segala macam tindakan pembajakan dan mendownload PDF tersebut ada ilegal dan haram.

Buku yang ada di hadapan Anda ini, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur`an, sengaja kami hadirkan untuk menjadi salah satu sahabat Anda dalam menyelami ayat-ayat Al-Qur`an yang dalam tak berujung dan luas tak bertepi.

Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja

Masa remaja merupakan masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Remaja bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang. Masa remaja adalah masa dimana seseorang mengalami proses penyesuaian terhadap lingkungan maupun diri sendiri dan sangat rentan dengan keadaan lingkungan dan pergaulan. Pada era sekarang ini remaja telah terkontaminasi dengan perkembangan jaman dan teknologi. Perkembangan teknologi ada yang berfungsi positif dan ada yang menjadikan remaja menuju ke hal-hal yang negatif serta seringkali menyebabkan seorang remaja mengalami penurunan motivasi belajar. Motivasi sangat penting karena apabila remaja tidak memiliki motivasi belajar, maka tidak akan terjadi kegiatan belajar pada diri remaja tersebut. Pentingnya peranan motivasi dalam proses belajar perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Motivasi belajar dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi/memuaskan suatu kebutuhan. Guru adalah salah satu bagian dari komponen peningkatan motivasi belajar yang paling berpengaruh pada pelajar. Dalam meningkatkan motivasi belajar maka dalam proses pembelajaran haruslah dengan metode yang tepat, karena ketepatan metode yang akan diterapkan akan mempengaruhi motivasi keingintahuan yang nantinya juga akan mempengaruhi motivasi belajar. Guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengalaman teoritis tapi juga harus memiliki kemampuan praktis. Kedua hal ini sangat penting karena seorang guru dalam pembelajaran bukanlah sekedar menyampaikan materi semata tetapi juga harus berupaya agar mata pelajaran yang sedang disampaikan menjadi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami. Pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila siswa terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun sosial dalam proses untuk mencapai hasil pembelajaran yang ingin dicapai sehingga remaja dapat mencapai tugas-tugas perkembangan dengan baik dan positif serta tidak menghambat proses perkembangan di tahap selanjutnya.

Masa remaja merupakan masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa.

Psikologi Bermain: Bermain & Permainan bagi Perkembangan Anak

Bermain adalah dunia anak. Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan dari bermain anak terstimulasi perkembangannya. Buku ini selain sebagai penunjang referensi dalam ilmu psikologi, dasar awalnya adalah ingin mengubah mindset para khalayak umum yang menyampaikan bahwa anak sebaiknya belajar dan belajar. Tidak boleh bermain! Namun, dengan berjalannya waktu ketika muncul keinginan para pendidik untuk membuat proses belajar yang menarik, mulailah bermain dimasukkan dalam metode anak belajar, dengan harapan belajar menjadi menyenangkan (joyful learning). Selain itu, banyaknya keluhan dampak ketika anak bermain gadget, maka perlu adanya referensi untuk memperjelas mengapa hal tersebut dapat terjadi. Buku ini diawali dengan pemahaman mengenai sejarah bermain yang mendasari munculnya teori-teori dalam bermain. Proses psikologis terjadi selama proses anak bermain. Fungsinya dapat sebagai stimulasi maupun intervensi perkembangan anak. Bermain sebagai stimulasi dan intervensi banyak dilakukan dalam bidang psikologi klinis dan psikologi pendidikan. Teori bermain baik yang klasik dan modern menjadi dasar dalam menganalisis dampak atau manfaat bermain bagi perkembangan. Setelah selesai membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu memahami manfaat bermain bagi perkembangan dan akhirnya akan mampu merancang permainan yang dapat digunakan dalam menstimulasi perkembangan, maupun ketika membeli mainan dapat mempertimbangkan fungsi stimulasi yang ada. Ketika seseorang melakukan permainan, maka di dalamnya terdapat dasar perilaku berpura-pura. Unsur berpura-pura dalam bermain dikenal dengan istilah pretending. Melalui visualisasi dalam buku ini, pembaca akan melihat macam dan jenis alat mainan sehingga akan lebih mudah untuk menentukan/memilih alat mainan ketika telah mengetahui manfaatnya. Selanjutnya, dibahas tentang bermain yang terkait dengan perkembangan theory of mind, yaitu perkembangan mental anak, bagaimana anak mampu memahami mental dirinya dan memahami mental orang lain. Dunia bermain yang dekat dengan anak akan membuat anak merasa nyaman dalam mengungkapkan perasaan ketika dia bermain peran, alat-alat serta pelaksanaan dari play therapy.

Bermain adalah dunia anak.

Profil penelitian kelangsungan hidup, perkembangan, perlindungan ibu dan anak di [nama propinsi].: Propinsi Nusa Tenggara Barat

Evaluation of profile survey on child and maternal health service in various provinces in Indonesia.

Karena di kebanyakan desa NTB peran dukun pengobatan anak masih berperan
, maka penyuluhan selain kepada dukun bayi juga penting diberikan kepada
dukun pengobatan . Sehingga keterlambatan pada pengobatan dini yang sering
 ...