Sebanyak 41484 item atau buku ditemukan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan PTK Melalui Model Pelatihan dan Pembimbingan Tutor Teman Sebaya

Tengah, khususnya di sekolah kami. Peningkatan kemampuan menulis laporan PTK masih sangat diperlukan oleh guru dalam rangka memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik serta mewujudkan peningkatan mutu pendidikan. Penulisan laporan PTK di sekolah masih sangat perlu ditingkatkan sesuai dengan amanat Permenpan dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bahwa salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat atau jabatan adalah melalui publikasi ilmiah diantaranya PTK. Melalui Penelitian Tindakan Sekolah ini penulis berharap dapat memberikan sumbangan bagi peningkatan kemampuan para guru di sekolah kami dalam menyusun laporan penelitian tinndakan kelas

Tengah, khususnya di sekolah kami.

Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan

Buku ini saya persembahkan kepada Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) dan Majelis Kehormatan Etik Keperawatan (MKEK) Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan kesempatan saya untuk berkunjung dan belajar tentang pengelolaan etika keperawatan di Thailand. Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model-model kesejahteraan sosial Islam

perspektif normatif filosofis dan praktis

Social welfare from Islamic perspectives in Indonesia; collection of articles.

Hisbah : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , Vol . 5 ( 1 ) , 2006 , hal 1-14 . Pannea , P. , Mustafa , D. , Sekarwinahyu M. ... Setiana , L. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat . Bogor : Ghalia Indonesia , 2005 .

Model pemberdayaan anak jalanan berbasis keluarga dengan pendekatan multisystem

studi kasus di tiga kota : Tangerang, Bandung, dan Surabaya

Pendekatan Pelayanan Sosial Anak Jalanan Pendekatan pelayanan merupakan metode dan teknik pemberian pelayanan kepada ... dan komunikasi dan melakukan kegiatan , seperti : konseling , diskusi , permainan , literasi , dan sebagainya .

Model Logo Konseling untuk Memperbaiki Low Spiritual Self -Esteem

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, transendensi-diri, kesadaran diri, dan nilai-nilai sikap, yang terintegrasi dalam potensi diri, aktivitas diri, dan evaluasi diri, yang berguna bagi perubahan perilaku positif, yaitu dari low spiritual self-esteem ke healthy spiritual self-esteem. Substansi model merupakan kerangka teoretik dan kerangka berpikir model logo konseling. Pedoman pelaksanaan dan panduan pelatihan merupakan implementasi model dan teknik pelaksanaan program intervensi logo konseling untuk memperbaiki permasalahan perkembangan dan dimensi low spiritual self-esteem, dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sikap, kompetensi, dan integritas diri, penerimaan dan ketegasan diri, transendensi diri dan realisasi makna.

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, ...

Micro Teaching (Pengembangan Kemampuan Mengajar)

Micro teaching adalah salah satu implementasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dasar mengajar calon guru/guru yunior, dan juga sebagai tuntutan pengembangan professional guru. Calon guru,guru yunior harus terus memperdalam kemampuan mengajarnya dengan banyak berlatih melalui micro teaching, sehingga dapat diperoleh kemampuan yang maksimal dan lebih berkualitas. Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Buku disusun utuk memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa sebagai calon guru, disamping itu, dapat juga dijadikan pedoman dalam praktik laboratorium micro teaching dan praktik pengalaman lapangan (PPL), serta bermanfaat dalam menjembatani jika terjadi perbedaan pendapat antara mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pembelajaran micro teaching. Buku ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru atau mahasiswa calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan dasar mengajar, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, dan keterampilan menutup pelajaran.

Ketua bidang Pendidikan P2TP2A Kota Lhokseumawe Aktifitas yang pernah diikuti, Pemberdayaan Ulama Perempuan, Medan 2001, Pelatihan TOT HAM Banda Aceh 2000, TOT Psikologi/Konseling Untuk Anak, Jakarta 2004. Pelatihan Trafiking 2007 ...

Dr. Ida Bagus Made Astawa, M.Si.

Buku ini sangat penting bagi semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching) di jurusan atau program studi kependidikan. Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman tentang konsep-konsep micro teaching, serta isu-isu relevan yang berhubungan dengan upaya penyiapan mahasiswa calon guru untuk memiliki performa mengajar yang baik dan profesional. Bahasan buku dimulai dengan pengenalan Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kurikulum baru tersebut, pengantar micro teaching, strategi asesmen dan alat asesmen yang diperlukan dalam kegiatan micro teaching. Buku ini juga membahas tentang ‘Reflective Teaching’ tentang pentingnya melakukan refleksi dalam pembelajaran dan bagaimana refleksi tersebut dilakukan. Keunggulan utama buku ini adalah adanya instrumen yang lengkap yang digunakan untuk mengarahkan mahasiswa mulai pada tahap perencanaan, latihan pada tiap-tiap keterampilan dasar maupun pada tahap latihan semua keterampilan dasar secara terpadu. KATA PENGANTAR vi Pengantar Micro Teaching Instrumen-instrumen tersebut di samping memudahkan dosen pengajar dalam menilai keterampilan mahasiswa, juga memberikan arahan kepada mahasiswa untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada tiap-tiap tahapan agar mereka mengembangkan karakter-karakter dirinya untuk siap terjun menjadi guru masa depan di abad ke-21 ini. Dengan kata lain, instrumen yang dikembangkan berfungsi untuk menilai dan juga berfungsi untuk mengarahkan dan mengajarkan apa yang harus dipelajari dan dikerjakan pada tiap-tiap langkah mengajar maupun pada tahapan melaksanakan keterampilan dasar dalam mengajar.

Buku ini sangat penting bagi semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching) di jurusan atau program studi kependidikan.

DASAR-DASAR MICRO TEACHING

Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori.

... yang sesuai untuk mengatasi perilaku tersebut dan menjadikan mereka target dalam program remedial, bekerja sama dengan mitra dan konselor, memilih perilaku peserta didik yang harus diubah dan memberikan berbagai variasi penguatan.

MODEL MICRO-TEACHING BERORIENTASI KECERDASAN EMOTIONAL

Buku ini disusun dengan harapan mahsiswa memahami berbagai hal yang diperlukan dalam melakukan pembelajaran micro sehingga mampu menjadi guru yang profesional, dengan adanya buku Microteching ini mahasiswa dapat lebih mudah untuk belajar dan dapat menerapkannya secara mandiri setiap saat.

Buku ini disusun dengan harapan mahsiswa memahami berbagai hal yang diperlukan dalam melakukan pembelajaran micro sehingga mampu menjadi guru yang profesional, dengan adanya buku Microteching ini mahasiswa dapat lebih mudah untuk belajar ...

KETERAMPILAN MENGAJAR OFFLINE & ONLINE DALAM PEMBELAJARAN MICRO

Dari isi buku “Keterampilan Mengajar OFFLINE & ONLINE dalam Pembelajaran Micro”, merupakan buku yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa calon guru dalam menghadapi kegiatan mengajar secara langsung (offline) atau daring (Online) dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan sikap sebagai guru yang professional. Selain itu, buku ini juga memberikan setiap evaluasi seperti tes formatif pada setiap materi atau bab yang disampaikan karena keterampilan dalam mengajar sangat penting dilakukan agar tercipta proses pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik. Pada kondisi yang telah mengubah sistem pembelajaran seperti Pandemik COVID-19, guru dituntut untuk mengubah stategi dalam proses pembelajaran maka buku ini akan menuntut mahasiswa calon guru untuk mencapai proses pembelajaran yang baik.

Pembelajaran Mikro. Sumedang: UPI Sumedang Press. Sutarto. 2020. Teacher Stategies in Online Learning to Increase Students' Interest in Learning during COVID19 Pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol. 8, No.3, 2020, pp.