Sebanyak 41536 item atau buku ditemukan

Ilmu Alamiyah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD), Ilmu Budaya Dasar IBD dalam Perspektif Islam

Materi buku ini telah disesuaikan dengan silabi/kurikulum nasional UIN, program S1 (strata Satu) yang diterbitkan oleh Koopertais wilayah IV Surabaya. Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), yang termasuk komponen MKU (mata kuliah umum), diberikan kepada mahasiswa UIN, STAIN, dan PTAIS semua fakultas dan jurusan. Dengan diterbitkannya buku ini diharapkan para mahasiswa dapat memahami secara mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dikaji dalam Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), antara lain memiliki kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa kita disamping memiliki ilmu pengetahuan yang memadai. Sehinga diharapkan mahasiswa dapat memahami masalah-masalah sosialsecara interdisipliner serta mampu mengembangkan wawasan dan kepekaan terhadap lingkungan sosial.

Materi buku ini telah disesuaikan dengan silabi/kurikulum nasional UIN, program S1 (strata Satu) yang diterbitkan oleh Koopertais wilayah IV Surabaya.

Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dalam Alquran dan Sunnah

Modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan dengan jalan mengadopsi sistem pendidikan Barat ternyata menimbulkan krisis dalam masyarakat Islam. Ini dikarenakan lemahnya visi atau tidak jelasnya arah pendidikan yang dilaksanakan. Tidak ada upaya menuntut ilmu tanpa spirit, dimana spirit itu sendiri tentu tidak bisa dikopi melainkan dinyatakan dalam sebuah visi diri, dunia, dan realitas yang secara ringkas dimotivasi oleh agama. Dunia pendidikan kita lemah dalam hal visi tersebut. Materi dan metodologi pendidikan yang diajarkan di dunia Islam saat ini adalah kopian dari Barat, tetapi meninggalkan visi yang menggerakkan mereka belajar di Barat. Lemahnya visi ini menjadikan mereka sebagai alat jiplakan. Secara tak sadar, materi dan metodologi tanpa spirit ini terus menerus menimbulkan proses de-Islamisasi yang mempengaruhi para pelajar dengan anggapan bahwa hal tersebut merupakan pendidikan Islam alternatif. Pada kenyataannya pola yang demikian hanya mampu melahirkan Barat sekuler yang dipoles dengan nama Islam. Mencermati hal itu, ke masa depan ummat Islam harus merumuskan sendiri pandangan dunianya (world of view) yang bersumber dari Alquran dan Hadiś. Jangan hanya ketika berbicara soal hukum dan ibadah baru kita bereferensi kepada Alquran dan Hadiś, tapi berbicara soal kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan juga pendidikan, semestinya Alquran dan Hadits menjadi rujukan utama, karena Alquran telah mendapat jaminan dari Allah Swt., sebagai solusi dan petunjuk bagi segala bentuk permasalahan ummat manusia. Isyarat-isyarat ilmiah dan konsep-konsep normatif Islam perlu digali, dikaji dan dikembangkan, untuk selanjutnya dirumuskan menjadi kerangka teoritik bagi aplikasinya di lapangan

Modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan dengan jalan mengadopsi sistem pendidikan Barat ternyata menimbulkan krisis dalam masyarakat Islam.

Kajian Epistemologi terhadap Ilmu Hikmah dan Penyimpangan Prakteknya dalam Masyarakat: Studi pada Wirid Hizib Asror di Pesantren Nurul Hikmah Bojonegara Serang-Banten

Pengamalan ilmu hikmah merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan bagi masyarakat Banten. Karena tingginya suatu kepercayaan terhadap hal-hal yang bersifat supranatural. Masyarakat Bojonegara masih meyakini bahwa dengan pengamalan ilmu hikmah segala urusan baik urusan sosial maupun ekonomi dapat tercapai karena menganggap ilmu hikmah mempunyai kekuatan yang dapat mempercepat keinginan secara pragmatis. Bagi masyarakat Bojonegara ilmu hikmah yang berkembang saat ini ialah suatu amalan yang berupa ayat al-Qur`an, do`a-do`a tertentu, wirid dan hizib yang semata-mata dijadikan sebagai ikhtiyar untuk mendekatkan diri dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Akan tetapi tanpa disadari masih banyak masyarakat yang praktek pengamalannya tidak sesuai dengan ajaran Islam Untuk Pengamalan ilmu hikmah tersebut biasanya, para warga dapat berguru kepada sang kiyai, yang mengajarkan ilmu hikmahnya melalui pesantren-pesantren, khusunya pesantren salafi, dari berbagai macam ilmu hikmah yang di ajarkan lewat pesantren-pesantren tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaiman memperoleh ilmu hikmah Wirid Hizib Asror dan Penyimpa-ngan prakteknya dalam masyarakat Bojonegara Serang Banten Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan tentang apa itu ilmu hikmah Wirid Hizib Asror, bagaimana proses memperoleh dan manfaat lmu hikmah Wirid Hizib Asror, bagaimana kedudukan ilmu hikmah dalam epistemologi, serta mendiskripsikan praktek pengamalan masyarakat sesuai dengan ajaran Islam dan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan epistemologi Islam, teknik pengumpulan data yang digunakan Library Research dan Field Research. Ilmu Hikmah Wirid Hizib Asror ialah amalan-amalan baik berupa bacaan zikir, dan do`a-do`a yang mampuh memberikan kekuatan spiritual yang bersifat rahasia, yang diperoleh melalui niat, adanya seorang guru, berijazah, berpuasa,wirid, dan Istiqamah. Kemanfaatan dari ilmu hikmah Wirid Hizib Asror membantu mempercepat tercapainya keinginan menolak suatu bahaya, dan pengobatan. Serta dilihat dari sebuah kedudukannya dalam epistemologi Ilmu hikmah Wirid Hizib Asror jelas dapat dikatakan sebagai epistemologi, sebab unsur-unsur dari sub ontologi, epistemologi dan aksiologinya terpenuhi.

Pengamalan ilmu hikmah merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan bagi masyarakat Banten.

Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh

Suatu Pengantar

Manusia adalah makhluk Allah satu-satunya, yang dipilih menjadi khalifah-Nya di muka bumi. Sebagai khalifah, manusia mendapat tugas untuk mengurus, mengatur, dan memelihara bumi dengan segala isinya. Pemilihan ini menunjukkan bahwa kedudukan manusia amat terhormat di antara makhluk-makhluk lainnya. Agar dapat menjalankan tugas dengan baik, manusia oleh Allah diberi perlengkapan berupa akal dan peraturan hidup berupa dîn al-Islam untuk dijadikan pedoman dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah. Tugas hidup manusia adalah untuk mengabdi kepada Allah, dan dalam mengabdi akan dilihat siapa yang lebih baik prestasinya. Agar pengabdiannya sesuai dengan yang dikehendaki Allah, maka manusia harus memahami kehendak Allah. Pemahaman manusia tentang kehendak Allah dalam mengabdi kepada-Nya disebut fiqh. Buku ini memberikan gambaran umum tentang Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, meliputi pandangan para fuqaha tentang fiqh dan ushul fiqh, faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya, dan seluruh perkembangannya selama lebih kurang 14 abad. Gambaran ini walaupun bersifat informatif, tetapi merupakan rangkaian cerita yang bermakna, di mana terdapat saling hubungan antara fenomena dan aspek-aspek yang ada dalam suatu sistem yang dinamakan Ilmu Fiqh. Ilmu Fiqh adalah ilmu tentang (atau himpunan) hukum-hukum syara` mengenai perbuatan yang diperoleh dari dalil-dalilnya yang rinci. Sedang Ilmu Ushul al-Fiqh adalah ilmu tentang (atau himpunan) kaidah-kaidah yang diperlukan untuk mengeluarkan hukum-hukum tersebut dari dalil-dalilnya yang rinci. Objek yang menjadi perhatian Ilmu Fiqh adalah perbuatan manusia ditinjau dari segi perlu tidaknya dilakukan menurut penilaian syara`. Karena itu, tujuan mempelajarinya ialah untuk mengetahui perbuatan-perbuatan yang diharuskan melakukan (wajib), dianjurkan (mandub), dibolehkan (mubah), dicegah (makruh), dan dilarang (haram) oleh syara`. Sedang objek yang menjadi perhatian Ilmu Ushul Fiqh adalah dalil-dalil syara` yang menjadi sumber dari mana hukum-hukum itu ditarik, baik yang berupa tuntutan untuk melakukan perbuatan atau meninggalkannya, pilihan antara alternatif-alternatif, ataupun konsekuensi dari suatu perbuatan. Lebih dari itu, Ushul al-Fiqh juga menaruh perhatian pada perumusan kaidah yang diperlukan untuk memahami dan mengeluarkan hukum yang terkandung di dalam dalil-dalil atau sumber-sumber yang rinci.

Buku ini memberikan gambaran umum tentang Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, meliputi pandangan para fuqaha tentang fiqh dan ushul fiqh, faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya, dan seluruh perkembangannya selama lebih kurang 14 abad.

Membangun paradigma baru ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan

Study of social sciences and humanism from Islamic viewpoint in Indonesia.

Study of social sciences and humanism from Islamic viewpoint in Indonesia.

Teori Wawancara Psikodignostik

Wawancara merupakan metode yang pertama digunakan dalam penelitian. Dengan berkembangnya waktu wawancara digunakan oleh semua displin ilmu, tidak terkecuali pskologi. Psikologi yang berfokus pada perilaku manusia tentunya membutuhkan teknik wawancara untuk memahami perilaku itu sendiri. Kemampuan wawancara adalah keterampilan yang harus dimiliki pada setiap lulusan psikologi. Hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan lulusan psikologi dilakukan dengan wawancara untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan sebagai pertimbangan langkah selanjutnya. Secara umum wawancara merupakan metode yang digunakan baik dalam penelitian maupun dunia kerja pada semua bidang. Bagi mahasiswa S-1 psikologi, buku yang secara utuh berisi tentang teori-teori wawancara sangat terbatas. Secara umum referensi merujuk pada buku-buku metodologi penelitian yang beberapa bagian membahas metode pengumpulan data dengan wawancara. Keterbatasan buku-buku wawancara yang berfokus pada psikologi atau yang sering disebut mata kuliah psikodiagnostik. Penulis berharap buku ini bisa menjadi tambahan referensi bagi mahasiswa psikologi dan semua disiplin ilmu secara umum.

Wawancara merupakan metode yang pertama digunakan dalam penelitian.

Tips Wawancara Kerja: 50 Pertanyaan dan Jawabannya

Setiap individu memiliki tujuan hidup dan impian, tidak jarang semua itu membutuhkan pengalaman dan juga kemampuan finansial. Untuk mendapatkannya cara paling umum adalah dengan bekerja. Walau kemampuan atau pendidikan sudah mencukupi, masih memungkinkan gagal dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Perlu persiapan matang dari tahap awal, salah satunya adalah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja. Buku ini disusun agar dapat membantu pencari kerja untuk bisa lebih siap menjawab pertanyaan dengan tepat. Semoga para pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai impiannya.

Setiap individu memiliki tujuan hidup dan impian, tidak jarang semua itu membutuhkan pengalaman dan juga kemampuan finansial.