Buku ini ditujukan bagi mahasiswa program pendidikan, guru, serta para masyarakat yang peduli tentang pendidikan. Isi buku ini mencakup teori belajar mengajar yang sesuai dengan abad 21, dan dilengkapi dengan contoh praktis tentang metode, strategi dan model pembelajaran yang diperlukan guru dalam mengajar dikelas. Membaca buku ini membuka wawasan tentang bagaimana strategi belajar mengajar abad 21 untuk menciptakan lulusan, guru yang kreatif, inofatif dan menyenangkan di dalam kelas.
Strategi adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari suatu sasaran kegiatan. Secara umum strategi dapat berupa garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Berkaitan dengan masalah belajar dan pembelajaran strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru-anak didik dalam upaya mengoptimalkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Buku ini merupakan pengembangan dari buku ajar Strategi Belajar Mengajar (SBM) yang pernah penulis susun pada tahun 2010 dan menjadi buku suplemen untuk mata kuliah Strategi Belajar Mengajar bagi mahasiswa FKIP UNIKU dan setelah berdirinya Prodi PGSD FKIP UNIKU sejak tahun 2013 buku ajar ini pun dijadikan buku suplemen bagi mahasiswa pengampu mata kuliah SBM. Setelah melalui revisi pada berapa bagian, dan penambahan di sana sini ditambah pertimbangan hasil diskusi kelas dengan para mahasiswa peserta mata kuliah SBM, Alhamdulillah jadilah sebuah buku referensi yang ada dihadapan para pembaca.
Buku ini merupakan pengembangan dari buku ajar Strategi Belajar Mengajar (SBM) yang pernah penulis susun pada tahun 2010 dan menjadi buku suplemen untuk mata kuliah Strategi Belajar Mengajar bagi mahasiswa FKIP UNIKU dan setelah berdirinya ...
Penulisan buku ini bertujuan untuk menjadi pedoman mahasiswa dalam perkuliahan Strategi Belajar Mengajar. Materi ajar yang terdapat pada buku ini pembahasannya disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah disusun. Penulisan buku ini merupakan tindakan yang sangat strategis dan bijak guna memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk mendapatkan materi kuliah yang praktis, efektif, dan efisien dalam menunjang proses perkuliahan
Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya. Salah satu peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah pembenahan paradigma baru dalam pendidikan. Ancaman yang diprediksi bagi pendidikan kita saat ini adalah ketidaksiapan rancangan model pembelajaran dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia global, belum lagi bila dihubungkan dengan modal nasional berdasarkan hasil PISA (2018) bahwa kemampuan matematik, sains, dan literasi anak-anak Indonesia menempati urutan ke-72 dari 76 negara. Ketidaksiapan dunia pendidikan akan menjadi bencana apabila berlanjut dengan ketidakmampuan menghasilkan luaran dari kegiatan proses pendidikan yang tidak mampu menyelaraskan diri dengan ekologi belajar 4.0. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan tersebut. Buku ini dilengkapi dengan hasil perkembangan terbaru dalam pendidikan, seperti strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis, peningkaran kemampuan, dan keterampilan metakognisi siswa.