Sebanyak 41507 item atau buku ditemukan

INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH KIAT JITU MEWUJUDKAN SEKOLAH NYAMAN BELAJAR

Buku ini merupakan buku referensi untuk guru dan kepala sekolah. Ditulis dengan maksud: (1 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru dan kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah nyaman belajar; (2 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah, tentang bagaimana mengelola sekolah dengan inovasi manajemen pendidikan; (3 ) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi kepala sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah nyaman belajar; (4 ) Sebagai referensi bagi kepala sekolah untuk melakukan penelitian tindakan sekolah atau best practice. Buku ini terdiri dari enam bab: (1 ) BAB I Pendahuluan; (2 ) BAB II Sekolah Nyaman Belajar; (3 ) BAB III Manajemen, Manajer, dan Kepala Sekolah; (4 ) BAB IV Inovasi Manajemen Pendidikan di Sekolah; (5 ) BAB V Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar; dan (6 ) BAB VI Penutup. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada: (1 )Istriku Indri Cahyaningtyas, Anak-anakku Ratnani Lintang Juliardini dan Ardian Langit Krisetia yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan buku ini; dan (2 ) Pihak-pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian buku ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada dalam buku ini untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap pembaca untuk penyempurnaan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya, guru dan kepala sekolah pada khususnya untuk mewujudkan tujuan sekolah yang akan dicapai dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Temanggung, 15 April 2019 Suranto, M.Pd

Manajemen pendidikan nasional

kajian pendidikan masa depan

Management of national education in Indonesia.

Management of national education in Indonesia.

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Pendidikan Islam” merupakan buku ke 2 Penulis, yang mana merupakan hasil Reproduksi Penelitian. Dan tersusunya buku ini tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, rekan-rekan, dan pihak-pihak lainnya yang membantu secara moril dan material bagi tersusunya buku ini.

Buku yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Pendidikan Islam” merupakan buku ke 2 Penulis, yang mana merupakan hasil Reproduksi Penelitian.

Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Teori dan Praktik

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi murid, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan kurikulum, lembaga pendidikan Islam dapat memberikan pengalaman belajar bagi murid agar siap menghadapi tantangan pada zamannya, sehingga kurikulum perlu susun dan dikembangkan sesuai kebutuhan murid dan seiring dengan perkembangan sains dan teknologi. Selama ini, banyak lembaga pendidikan Islam yang hanya fokus pada kurikulum ilmu-ilmu keislaman (tradisional) dan kurang mengapresiasi ilmu-ilmu sains-humaniora, sehingga berdampak pada berkurangnya minat masyarakat. Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak diminati) oleh masyarakat (generasi) Milineal. Dalam buku ini, ada tiga bab yang dibahas, yaitu (1) pendahuluan yang mengkaji tentang kebijakan otonomi daerah, perkembangan kebijakan kurikulum, tipologi pendidikan Islam, perkembangan lembaga pendidikan Islam, dan urgensi manajemen pendidikan Islam, (2) teori pengembangan kurikulum yang mengkaji tentang konsep kurikulum, teori pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum, ideologi kurikulum pendidikan Islam, dan (3) praktik pengembangan kurikulum pendidikan Islam di pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Selamat membaca!

Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak ...

Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat kemajuannya sekarang dan di masa mendatang. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dengan merujuk kepada berbagai sumber kependidikan Islam yang otoritatif serta melalui analisis induktif, makalah ini tidak berpretensi dapat memberikan jawaban memuaskan terhadap berbagai pertanyaan tersebut, melainkan hanya memberikan ...

STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN PROFESIONAL

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya melalui pengembangan kurikulum nasional dan kurikulum lokal. Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, penggandaan buku-buku. Namun penggandaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan hasilnya belum memuaskan. Karena belum menunjukan peningkatan mutu yang merata. Masalah rendahnya mutu pendidikan tersebut, sebetulnya terutama terletak pada masalah pendidikan. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MBS). Oleh karena itu, pelaksanaannya harus dapat sejalan dengan jiwa dan semangat otonomi pendidikan. Buku ini membahas tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang terdiri dari Konsep dasar Manajemen Berbasis Sekolah sebagai reorientasi penyeleng­garaan pendidikan, strategi implementasi MBS sesuai dengan kondisi negara, daerah maupun sekolah masing-masing termasuk perencanaan pengembangan sekolah, Komunikasi Pendidik dengan Orang Tua, Sesama Pendidik, dan Masyarakat, Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) sebagai salah satu pilar MBS dimana juga dibahas kaitan pembelajaran dan manajemen kelas, konsep, pendekatan dan langkah-langkah manajemen kelas serta manajemen kelas berbasis ICT, dan diakhiri uraian tentang peningkatan profesi­onalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Mendukung MBS. Setiap bab dilengkapi dengan latihan, rangkuman dan hasil-hasil penelitian terkait serta pada akhir buku disajikan glosarium.

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.