Sebanyak 18166 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTI KULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA PAUD

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Kemampuan berbahasa, kemampuan sosialemosional, dan kemampuan lainnya berkembang pesat . Gambar 7.4 Anak belajar satu sama lain dalam lingkungan sosial e) Anak belajar satu sama lain dalam lingkungan sosial.

Pendidikan karakter ACPI

Model Pendidikan Karakter Bangsa untuk Kemandirian Pangan Melalui Gerakan Aku Cinta Produk Indonesia

Buku ini lahir diilhami oleh pemikiran perlunya menanamkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air (WANGSA CITA) pada generasi muda. Konten dan kajian buku ini berdasarkan hasil telaah teoretis dan penelitian di lapangan dalam kerangka Pengembangan Model Pendidikan Karakter Bangsa untuk mendukung Kemandirian Pangan dan Cinta Produk Indonesia di perguruan tinggi. Lebih lanjut kajian ini difokuskan pada persoalan konsep, masalah, solusi, dan aksi. Pada akhirnya, ini dapat dijadikan sebagai landasan praktik pendidikan karakter sebagai model dan paradigma baru pendidikan karakter di perguruan tinggi dan penyiapan pendidikan guru yang profesional di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK). Rumusan AKU CINTA PRODUK INDONESIA DEMI KEMANDIRIAN BANGSA merupakan SLOGAN dan FORMULA untuk menjadi WARGA NEGARA DAN BANGSA YANG BERMARTABAT DAN BERDAYA SAING.

Buku ini lahir diilhami oleh pemikiran perlunya menanamkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air (WANGSA CITA) pada generasi muda.

Model-Model Penyelenggaraan Pendidikan Vokasional

Pendidikan vokasional merupakan salah satu jenis pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik/pembelajar menjadi calon tenaga kerja dan siap bersaing dalam pasar kerja. Lembaga pendidikan, termasuk pendidikan vokasional, tidak hanya menyiapkan lulusan yang terdidik semata, tetapi juga telah terlatih dan terampil dalam kompetensi/bidang keahlian tertentu. Oleh karena itu, pendidikan vokasional sebagai bentuk pendidikan untuk bekerja (education-for-work) terus berupaya meningkatkan kapabilitas lulusan guna menyediakan calon tenaga terampil dengan kuantitas dan kualitas sesuai permintaan yang dibutuhkan di pasar kerja (demand driven). Selain itu, kompetensi yang harus dimiliki lulusan harus senantiasa diselaraskan dengan harapan pasar kerja (competency based) sehingga transisi dari masa persekolahan menuju masa bekerja (school-to-work transition) berlangsung lebih cepat dan mulus.

Pendidikan vokasional merupakan salah satu jenis pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik/pembelajar menjadi calon tenaga kerja dan siap bersaing dalam pasar kerja.

Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi Tridarma Perguruan Tinggi Swasta

Urgensi pengembangan perguruan tinggi yang berorientasi pembentukan perilaku wirausaha bagi lulusannya, selama ini telah menjadi komitmen sebagian besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Adapun sikap wirausaha sebagai salah satu elemen kompetensi lulusan perguruan tinggi, bukanlah suatu kondisi atau ukuran hasil yang berdiri sendiri terlepas dari prosesnya. Hal itu merupakan kualitas keluaran atau hasil pendidikan yang akan bergantung pada kualitas proses pendidikan. Buku ini dimaksudkan sebagai referensi pengembangan model manajemen pendidikan kewirausahaan terintegrasi tridarma bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah, dengan uji coba di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal dan IKIP Veteran Semarang.

Buku ini dimaksudkan sebagai referensi pengembangan model manajemen pendidikan kewirausahaan terintegrasi tridarma bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah, dengan uji coba di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas ...

Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring (Sebuah Model Konseptual)

Pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan serta peluang pemanfaatannya di dunia pendidikan, diperlukan adanya adaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran karakter, khususnya dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, dibutuhkan konsep yang jelas agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. Namun penelitian terdahulu, belum ditemukan adanya model pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang dapat dijadikan acuan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang mencakup metode dan strategi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan pokok bahasan, serta sistem sosial, prinsip reaksi, sintaks, bahan dan alat yang dibutuhkan, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif dengan mengkombinasikan Social Cognitive Theory (SCT), Komponen Karakter Lickona (KKL), dan framework TPACK untuk membantu penyusunan model. Penelitian ini merupakan penelitian konseptual dengan tipe model dengan menerapkan multi method qualitative dalam pengumpulan datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dan Focus Group Discussion (FGD). SLR dilakukan dengan cara mencari, menyeleksi, dan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, sedangkan FGD dilakukan sebanyak 3 kali (31 Januari 2021 – 14 Februari 2021) yang melibatkan 18 guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti atau Diniyah dari berbagai lembaga pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan 123 referensi penelitian yang relevan dan pengumpulan data dari FGD, dilakukan triangulasi data dan ditemukan 45 kegiatan pembelajaran yang dipetakan menjadi metode dan strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring.Penelitian ini menemukan bahwa metode dan strategi pada pendidikan karakter membutuhkan kesesuaian dengan KI/KD mapel PAI & BP SMP berdasarkan karakteristik KKL masing-masing. Implementasi metode dan strategi dalam pembelajaran daring disesuaikan dengan tipe aplikasi utama yang akan digunakan. Sistem pendukung lainnya disesuaikan dengan tipe aplikasi utama, metode dan strategi tersebut. Dalam sintaks pembelajarannya perlu diperhatikan sintaks sosial dan prinsip reaksi yang telah disusun dan ditetapkan oleh sekolah. Integrasi dan operasionalisasi dari prosedur tersebut direpresentasikan dengan model konseptual yang diajukan dalam penelitian ini, serta desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran khusus untuk pembelajaran daring (RPP Daring) yang dilengkapi dengan cara pengisiannya.

Pembahasan tentang karakter pada penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan Teori Komponen Karakter oleh Lickona. Pengimplementasian Komponen Karakter oleh dibatasi berdasarkan pada karakteristik seluruh konten atau pokok ...

Model Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan

Sekolah alam adalah sekolah impian yang menjadi kenyataan bagi mereka yang mengangankan dan menginginkan perubahan dalam dunia pendidikan secara menyeluruh yang pada akhirnya mengarah pada perbaikan mutu dan hasil akhir dari proses pendidikan itu sendiri. Pada sekolah alam, anak-anak dibebaskan bereksplorasi, bereksperimen dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat diniding dan berbagai aturan, yang mengekang rasa ingin tahu mereka, yang membatasi interaksi mereka dengan kehidupan yang sebenarnya, yang membuat mereka berjarak dan tak akrab dengan alam lingkungan mereka. Anak dibebaskan menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi dirinya untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan siap menjadi pemimpin di muka bumi (khalifatu fil ardh). Anak dibebaskan dari tekanan ‘mengejar’ nilai dan rangking, tapi didorong untuk menumbuhkan tradisi ilmiah. Prestasi tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka memaksimalkan potensi diri dan menjadi lebih baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan, tidak membebani. Belajar jadi kebutuhan, bukan keharusan. Sekolah tidak menjadi penjara yang membosankan. Di sekolah alam, guru dibebaskan berkreasi dalam mengajar. Kreatifitas guru tidak dibatasi oleh buku paket dan target nilai. Guru tak sekadar mengajar, tapi mendidik. Guru tak hanya menjadi panutan, tapi teman. Guru adalah fasilitator. Guru-guru yang beridealisme tinggi dan penuh dedikasi di sekolah ini membantu anak didik mengenali kelebihan dan kekurangannya dan menjadikan mereka tidak sekedar mandiri, tapi bias membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dikerjakan. Berdasarkan riset yang penulis lakukan, ada guru berpendapat bahwasanya semua anak itu adalah juara. Menurut penulis, berdasarkan teori the multiple of inteleg, dalam artian kemampuan yang berbeda, dalam fenomena penulis temukan di lapangan, satu orang guru sekolah alam mengajarkan seluruh bidang studi termasuk materi agama, hal ini akan menimbulkan kesenjangan desain. Apakah mampu seorang guru mengetahui potensi 20 orang siswa deangan 2 fasilitator, sedangkan dia bukan ahli di bidang agama. Oleh karena itu perlu ada kesimbangan yang terangkum dalam sebuah model. Buku ini menawarakan sebuah model yang teruji melalui sebuah penelitian yang panjang berkenaan dengan model pendidikan agama Islam berbasis Lingkungan

5) Kelebihan dan kekurangan Tafakkur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Adapun kelebihan dan kekurangan Tafakkur dalam Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan yaitu: a) Kelebihan Tafakkur dalam Pembelajaran ...

CALL FOR BOOK TEMA 4 (MODEL & METODE PEMBELAJARAN)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Pembahasan Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif yang dipaparkan yakni TGT, STAD, Jigsaw dan TPS. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif ...

Pengembangan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Calon Guru IPA Era Revolusi Industri 4.0

Buku ini memberikan gambaran dan pengetahuan bagi pembaca cara mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) secara sistematis. Sehingga dengan demikian pembaca dapat melakukan inovasi pengembangan produk lainnya berdasarkan cara yang penulis sampaikan dalam buku ini. Buku ini memuat cara dan pengetahuan pengembangan PBL dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah calon guru IPA era revolusi industri 4.0 sebagai berikut: (1) Pendahuluan, (2) Landasan Teori Pengembangan, (3) Metode Pengembangan, (4) Hasil Pengembangan, (5) Kesimpulan.

Buku ini memberikan gambaran dan pengetahuan bagi pembaca cara mengembangkan model Problem Based Learning (PBL) secara sistematis.

Teori Dan Model Pembelajaran

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968. Tamat SD 1983 di SD Negeri Emplawas, Tamat SMP Negeri Tepa Tahun 1987, Tamat PGAKP Tual Tahun 1990, D2 PAK, STAKPN-Ambon Tahun, 1999, S1 PAK, STAKPN-Ambon, Tahun 2003, dan Tahun 2006, diangkat sebagai tenaga pengajar (Dosen) pada STAKPN-Ambon, dan melanjutkan study S2 PAK STAKPN Ambon, Tahun 2010. Pengembangan profesi ketika diangkat sebagai tenaga pengajar dengan fungsional Dosen, Mata Kuliah; Teori Belajar Dalam PAK, dan Mata Kuliah tambahan, Kateketik. Selanjutnya dengan berjalannya waktu dalam pengembangan profesi masi tetap dengan Mata Kuliah Fungsional Dosen, Teori Belajar Dalam PAK dan tambahan Mata Kuliah Etika. Jabatan yang pernah di emban sebagai Sekertaris Prodi S2 PAK STAKPN Ambon, dan juga sebagai sekertaris pengelola jurnal Mara Christy pada STAKPN Ambon. Pada Tahun 2018 ketika STAKPN Ambon beralih status menjadi IAKN-Ambon. Saya diberi tanggungjawab sebagai Kaprodi PSM (Pendidikan Seni Musik) dengan Mata Kuliah, Teori Dan Model Pembelajaran, dan tambahan Mata Kuliah; PAK (Pendidikan Agama Kristen). Sekarang tetap sebagai staf pengajar pada Prodi PSM (Pendidikan Seni Musik) Fakultas Seni Keagamaan Kristen dan Prodi PAK (Pendidikan Agama Kristen) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pada IAKN-Ambon. Jabatan Saat ini masi sebagai Kaprodi PSM-FSKK-IAKN Ambon.

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968.

DEGUNG KAWIH WANDA ANYAR

Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda

Buku ini merupakan pengembangan dari penelitian penulis dengan judul ”PENERAPAN MODEL Pembelajaran Gamelan Degung dengan Menggunakan Sistem TABUHAN Jatuhan DENGAN Teknik Dicaruk: Penelitian Quasi Eksperimen Proses Belajar Mengajar Gamelan Degung di SLTP Negeri 26 Bandung”. Hasil penelitian ini kemudian disempurnakan melalui penerapan langsung di SMP Negeri 2 Sukaraja serta SMK Bina Bangsa Kab. Tasikmalaya dalam kurun waktu tahun 2006 sampai 2017. Oleh sebab itu, proses penyusunan buku ini telah melewati beberapa implementasi kurikulum yaitu: kurikulum 94, kurikulum berbasis kompetensi (KBK), kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dan terakhir Kurikulum 2013, sehingga materi dalam buku ini diharapkan bersifat fleksibel dan relevan dengan situasi serta kondisi kekinian dengan beberapa penyesuaian tentunya. Buku ini tidak dianjurkan dipergunakan langsung oleh siswa, melainkan diperuntukan bagi guru-guru baik SD, SLTP, SLTA, maupun mahasiswa terutama mahasiswa PGSD dan Pendidikan Seni. Bagi guru-guru dapat dijadikan salah satu rujukan model pembelajaran seni sekaligus sumber materi pelajaran dan pengembangan model. Sedangkan bagi mahasiswa selain bisa dijadikan sebagai referensi, juga dapat dipergunakan sebagai bahan kajian dalam rangka pengembangan model pembelajaran lainnya. Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan kajian analisis beberapa karya seni genre seni degung kawih wanda anyar. Contoh-contoh partitur disajikan dalam dua bentuk notasi yaitu notasi da-mi-na dan notasi balok musik Barat untuk membantu pembaca yang kurang memahami penulisan musik tradisi Sunda atau sebaliknya. Meskipun demikian, tidak dimaksudkan sebagai penyamaan antara dua budaya musik karena memang secara bunyi tidak sama antara keduanya. Tetapi, diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mengasosiasikan bunyi nada agar lebih mudah dipahami. Harapan yang diusung melalui buku ini adalah para guru dapat kembali mengaktualisasikan kembali seni tradisional Sunda yang memang saat ini terasa mulai pudar eksistensinya di masyarakat. Hal ini seiring dengan salah satu fungsi pendidikan seni yang mengemban misi sebagai pengembang dan pelestari seni tradisi budaya Sunda. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan ...