Sebanyak 40 item atau buku ditemukan

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

Pengembangan Profesi Keguruan

Dewasa ini bangsa Indonesia tengah berjuang untuk menjadi bangsa yang sejajar, bahkan melebihi kemajuannya dibandingkan bangsa-bangsa lain di dunia. Pendidikan dalam arti seluas-luasnya dipercaya untuk mewujudkan cita-cita yang demikian itu. Pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang unggul dan bermutu tinggi baik secara moral (heart), intelektual (head) maupun keterampilan (hand). Dalam pada itu, hampir semua pakar pendidikan sepakat, bahwa di antara komponen pendidikan yang paling menentukan dalam meningkatkan mutu lulusan pendidikan adalah guru. Itulah sebabnya, strategi peningkatan mutu lulusan pendidikan dimulai dari peningkatan mutu para guru. Pekerjaan mendidik, mengajar, atau melatih sebagaimana yang dilakukan para guru adalah pekerjaan seorang profesional. Yaitu pekerjaan yang selain didasarkan pada kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial, juga atas panggilan jiwa dan cita-citanya untuk mengabdi bagi kepentingan kemanusiaan, dengan cara membantu manusia mewujudkan cita-cita dan impiannya melalui pendidikan. Melalui guru yang profesional seperti itulah dapat dihasilkan manusia yang memiliki wawasan budaya Indonesia yang Pancasilais dan Islami. Yaitu manusia yang terbina daya rasa (heart), cipta (head), dan karsa (hand) nya secara seimbang. Melalui manusia-manusia yang demikian itulah pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban bangsa maju yang didasarkan atas nilai-nilai Pancasila, budaya bangsa dan ajaran Islam dapat diwujudkan.

Dewasa ini bangsa Indonesia tengah berjuang untuk menjadi bangsa yang sejajar, bahkan melebihi kemajuannya dibandingkan bangsa-bangsa lain di dunia.

Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Hingga saat ini, masyarakat dunia masih mempercayai dan menaruh harapan besar terhadap peran dan fungsi pendidikan sebagai salah satu sarana yang paling efektif dan terukur untuk merubah nasib manusia. Proses mobilitas vertikal yang dapat mengangkat derajat manusia, dan mobilitas horizontal yang memperluas jangan relasi manusia akan dapat dilakukan apabila manusia memiliki modal pendidikan. Namun seiring dengan terjadinya era globalisasi yang dipicu oleh produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, khususnya teknologi komunikasi berbasis digital, menyebabkan terjadi perubagan paradigma dalam semua aspek kehidupan. Wawasan, sikap dan keterampilan yang dimiliki manusia manusia mau tidak mau harus berbasis teknologi komunikasi digital. Dalam keadaan demikian tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Mutu pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang sejalan dengan tantangan globalisasi, era 4.0, bahkan era 5.0 yang ditandai oleh perubahan yang amat cepat, luas dan terkadang sulit diprediksi. Sehubungan dengan itu, pengelolaan pendidikan saat ini tidak bisa lagi dilakukan biasa-biasa saja (as usual), melainkan harus dikelola dengan manajemen mutu yang memuaskan masyarakat pelanggan (customers satisfaction). Dalam kaitan ini, Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu Terpadu) yang semula digunakan dalam kegiatan bisnis yang bersifat profit (laba material), terpaksa harus digunakan dalam kegiatan pendidikan; karena dengan cara itulah pendidikan juga dapat memuaskan client (pelanggan) yakni masyarakat pada umumnya. Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, mengharuskan adanya proses adaptasi dan colaborasi antara TQM dan pendidikan yang antara satu dan lainnya saling menopang Buku Manajemen Mutu Pendidikan Islami yang saat ini ada di tangan para pembaca yang budiman, akan membantu Anda dalam melakukan adaptasi dan kolaborasi TQM dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini menjadi amat penting dibaca dan dipraktekkan, karena terkait erat dengan upaya mengintegrasikan Islam dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen yang dapat membawa kemajuan umat dan masyarakat yang seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat. “Selama Membaca, Memahami dan Mengamalkan” Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, ...

Problematika politik Islam di Indonesia

Islam and politics in Indonesia; collection of articles.

Dengan doktrin politik yang bernuansa moderat dan fleksibel , dan dengan tujuan politik untuk menguntungkan warga nahdliyyin , bisa dipahami bahwa perpolitikan NU selalu konsisten , walaupun cara atau metodenya mungkin berubah dari ...

Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tasawuf

Islam yang dijumpai dalam sejarah ternyata tidak sesempit yang dipahami pada umumnya. Dalam sejarah dijumpai bahwa Islam bersumber pada Alquran dan Sunnah dapat berhubungan dengan pertumbuhan masyarakat luas. Dari persentuhan ini melahirkan berbagai disiplin ilmu keislaman seperti teolog, filsafat, dan tasawuf. Bagi umat Islam umumnya dan kaum cendikia khususnya adalah panggilan sejarah untuk terus mengembangkan warisan intelektual mereka, studi, dan penelitian yang tiada henti. Buku ini membahas sejarah timbulnya masalah aqidah; aliran-aliran ilmu kalam; kontak pertama kaum muslimin dengan filsafat Yunani; rasional dan tradisional dalam pemikiran kalam; para filosof di dunia Islam bagian Timur dan Barat; masalah-masalah dalam filsafat Islam; filsafat Islam pasca Ibn Rusyd; arti dan asal usul tasawuf dalam Islam; zahid-zahid masa awal; sufi-sufi besar; perkembangan modern dalam teologi, filsafat, dan tasawuf. Buku ini untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari Dirasah Islamiyah IV tentu sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan bacaan bagi kaum muslimin pada umumnya.

Buku ini membahas sejarah timbulnya masalah aqidah; aliran-aliran ilmu kalam; kontak pertama kaum muslimin dengan filsafat Yunani; rasional dan tradisional dalam pemikiran kalam; para filosof di dunia Islam bagian Timur dan Barat; masalah ...

Sejarah Pendidikan Islam

Dalam sejarah perkembangannya, Islam terbukti telah memainkan peran penting dalam kebudayaan dan peradaban bangsa-bangsa di dunia. Khusus di bidang pendidikan dan pengajaran, tradisi dan kebudayaan Islam telah meletakkan visi dan misi, tujuan, kurikulum, kelembagaan, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, evaluasi, dan berbagai komponen pendidikan lainnya secara teratur dan terukur yang mentradisi. Berbagai nama kelembagaan pendidikan dan keagamaan seperti masjid, madrasah, dan majelis ilmu sudah ada sejak zaman Klasik Islam. Demikian pula dengan metode dan pendekatan belajar mengajar, seperti halaqah, munadzarah, dan mujadalah; termasuk pula istilah yang berkaitan dengan guru, seperti syekh, mursid, muallim, mudarris, dan ustadz; serta tradisi ilmiah seperti perjalanan menuntut ilmu, upaya penerjemahan, perpustakaan, menahkikkan, dan penerbitan buku merupakan warisan sejarah Islam sejak kehadiran pertamanya di Timur Tengah. Warisan sejarah Islam di bidang pendidikan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Fakta-fakta sejarah Islam tentang pendidikan tersebut pada hakikatnya merupakan hasil ijtihad para pemikir dan ulama dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk tugas ilmiah dan akademik; dan (3) membangkitkan kesadaran masyarakat tentang perlunya mempelajari dan memahami sejarah untuk diambil pelajaran, hikmah, dan didikan yang terkandung di dalamnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana

Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk ...

Sejarah pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia

History of Islamic religious education in Indonesia.

History of Islamic religious education in Indonesia.