Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Jalan Syari'at Hakikat dalam Ibadah Zakat

Marilah kita arungi lautan syari’at hakikat dari kajian keempat kitab ini yaitu Zakat. Zakat adalah rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi setiap muslim. Tetapi, sayangnya tidak banyak orang memahami sebenar-benar makna zakat dari jalan hakikat yang akan menyempurna-kan zakat syari’at yang selalu dikeluarkan setiap tahun yaitu Zakat Fitrah (Zakat makanan pokok) dan Zakat Maal (harta yang telah sampai nisab dan haulnya). Semua dari kita tentu memahami bahwa dimensi diri sebagai seorang manusia adalah ber-jasad dan ber-roh, sehingga dalam konsekuensi zakat itu, harus pula mampu sampai menyentuh (mensucikan) kepada jasad dan roh atau zahir dan batin itu pula. Kemudian bagian akhir dari bab ini, penulis akan simpulkan pula paduan antara zakat syari’at dan hakikat dimana ketika zakat itu dikeluarkan maka diri jangan merasa memiliki kuasa mengeluarkannya. Hal ini dilakukan tentunya agar diri benar-benar tersucikan, dengan manjaga hati, jangan sampai rasa itu tersalah kedudukan.

Marilah kita arungi lautan syari’at hakikat dari kajian keempat kitab ini yaitu Zakat.

Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan. Filsafat pendidikan terdiri dari apa yang diyakini seseorang mengenai pendidikan, merupakan sekumpulan prinsip yang membimbing tindakan professional seseorang. Inilah mengapa para calon pendidik menjadi penting mempelajari Filsafat Pendidikan. Buku ini merupakan pengantar bagi mahasiswa/i yang ingin mendalami lebih jauh berkenaan dengan filsafat pendidikan. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkahnya bagi penyusun.

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan.

Kurikulum Pendidikan Islam Nonformal

(Aqidah, Ilmu al-Qur’an, Ilmu Hadits, Ushul Fiqih, Praktik Ushul Fiqih)

Kebanyakan majlis-majlis dalam pelaksanaannya hanya terfokus pada komponen isi atau materi pelajaran saja. Memang ada majlis atau studi club dalam proses pengembangan isi atau bahan materi dilakukan dengan prosedur dan proses penelitian, mudzakrah, kajian literatur klasik dan kontemporer, akan tetapi komponen tujuan, metode dan evaluasi juga sangat penting dirumuskan (dituliskan) karena antara tujuan, bahan materi, metode dan evaluasi adalah komponen dasar yang saling keterkatian. Oleh sebab itu, buku ini menawarkan 5 bidang pelajaran yang telah dikemas menjadi kurikulum yang sangat sistematis berdasarkan hasil penelitian yang panjang.

Kebanyakan majlis-majlis dalam pelaksanaannya hanya terfokus pada komponen isi atau materi pelajaran saja.