Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

“Buku ini kembali mengajak kita kepada menelusuri konsep dan hakikat pendidikan lingkungan hidup yang hakiki yang disandingkan dengan pemahaman akan lingkungan yang utuh. Sebuah konsep pendidikan lingkungan hidup yang memang perlu ditanamkan kepada siapapun yang bergerak di bidang PLH. Di samping itu, Buku ini sangat relevan dengan kondisi saat ini.” Prof. Dr. Eri Berlian, MS (Ketua Program Studi S3 Ilmu Lingkungan) “Tema buku ini menarik bagi kalangan dosen dan pendidik, spesifik dan mampu menjawab tantangan akan minimnya buku pegangan pendidikan lingkungan hidup. Seharusnya memang perlu dikenalkan sebuah model pendidikan lingkungan hidup yang orisinil dan buku ini sangat pantas digunakan sebagai rujukan untuk hal tersebut. Buku ini sangat layak dan perlu bagi pendidik ataupun calon pendidik yang akan berkecimpung dengan dunia pendidikan lingkungan hidup.” Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd (Rektor Universitas Negeri Jakarta tahun 2004-2013)

Sebuah konsep pendidikan lingkungan hidup yang memang perlu ditanamkan kepada siapapun yang bergerak di bidang PLH. Di samping itu, Buku ini sangat relevan dengan kondisi saat ini.” Prof.

MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI

Judul : MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI Penulis : Ira Ririhena, M. Pd Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-52-9 Lingkungan Hidup menjadi issue global dalam tatanan merawat bumi sebagai tempat tinggal dan keberlangsungan mahkluk ciptaan Tuhan. Dinamika lingkungan hidup dapat diatasi melalui berbagai strategi penanganannya sesuai kapasitas sumber daya manusia yang diberdayakan. Domain Pendidikan Lingkungan Hidup mencakup seluruh sistem pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi hingga Anak Usia dini. Pentingnya Pendidikan lingkungan Hidup harus dimulai sejak dini kepada anak sebagai generasi peduli alam. Anak memiliki peran untuk mengenal lingkungan hidup yang dimulai dari pengenalan dirinya sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mewujudkan nilai-nilai integrasi PLH AUD ke ranah lingkungan yang lebih luas. Buku ini merupakan panduan belajar bagi mahasiswa/para pelajar, pegiat dan penyintas lingkungan Hidup dan fokus kepada para guru PAUD yang menjadi ‘gerbang’ utama dalam mendidik anak usia dini. Penulis menyajikan konsep, metode, strategi PLH AUD, pedagogi PLH dan langkah-langkah praktis penerapan PLH, lingkungan ramah anak, serta bagaimana menyusun rencana belajar PLH bagi anak usia dini yang menjadi bagian integral pendidikan lingkungan hidup (PLH).

Judul : MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI Penulis : Ira Ririhena, M. Pd Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-52-9 Lingkungan Hidup menjadi issue global dalam tatanan merawat bumi sebagai ...

Dampak pembangunan pendidikan sekolah terhadap kehidupan sosial budaya keluarga

Impact of education development on social life in Tahanabang, Jakarta, Indonesia.

Impact of education development on social life in Tahanabang, Jakarta, Indonesia.

Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup di Sekolah-Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup

Orang bijak adalah orang yang mampu memuliakan sampah. Memuliakan sampah berarti ia memilah sampah berdasarkan jenisnya, meletakkan sampah pada tempat sesuai dengan kategorinya, dan kemudian mengelola sampah dengan kreatif. Pengelolaan sampah itu bisa melalui Bank Sampah, menjadikan sampah sebagai materi prakarya di sekolah, atau bahan kerajinan daur ulang yang banyak dikelola masyarakat. Pendeknya, sampah adalah berkah dan bisa menjadi emas Buku persembahan penerbit Best Media (GalangPressGroup)

Orang bijak adalah orang yang mampu memuliakan sampah.

Pendidikan Lingkungan (Environmental Education)

Permasalahan yang muncul terlihat seolah diskret satu sama lain. Seringkali solusi yang dilakukan pun bersifat parsial. Oleh karena itu masalah demi masalah pun selalu bergantian muncul seiring waktu terkait persoalan lingkungan. Dengan demikian dibutuhkan cara pandang yang komprehensif dan terintegrasi terhadap lingkungan hidup guna menemukan dan mengupayakan solusi yang simultan dan komprehensif pula. Buku ini sebenarnya merupakan pendekatan dan pintu gerbang ke arah cara pandang yang demikian. Pendekatan itu, terjabar dalam aspek pewarisan, pemeliharaan dan rekonstruksi nilai dan keterampilan hidup di antar generasi. Hal yang demikian, mau tidak mau berada dalam dimensi pendidikan. Sebab akar permasalahan lingkungan hidup tak lain tak bukan adalah “perilaku” yang merupakan ranahnya pendidikan secara formal, informal dan nonformal. Pendidikan Lingkungan (Environmental Education) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pendidikan Lingkungan (Environmental Education) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi. Korupsi tidak hanya merugikan keuangan dan perekonomian negara, tetapi juga telah melanggar hak-hak ekonomi dan sosial (economic and social rights) masyarakat secara luas yang akibatnya akan menggerus kemampuan dan kemapanan ekonomi suatu bangsa. Korupsi berkaitan dengan berbagai permasalahan, tidak hanya permasalahan hukum dan penegakannya, tetapi juga menyangkut masalah moral/sikap mental, masalah pola hidup serta budaya dan lingkungan sosial, masalah kebutuhan dan tuntutan ekonomi dan kesenjangan sosial, masalah struktur/ sistem ekonomi, masalah sistem budaya, masalah budaya politik, masalah mekanisme pembangunan dan lemahnya birokrasi (administrasi dan pengawasan) di bidang keuangan dan pelayanan publik. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sekilas Lintasan Sejarah Korupsi Bab 2 Jenis dan Bentuk Korupsi Bab 3 Dasar Hukum dan Lembaga Pemberantasan Korupsi Bab 4 Korupsi dalam Pandangan Islam Bab 5 Efek Krusial Perilaku Korupsi dan Langkah Serta Upaya Pencegahan Korupsi Bab 6 Otonomi Daerah dan Ancaman Korupsi serta Transparansi dan Good Governance Bab 7 Sistem Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan yang Dilakukan Penyelenggara Negara Bab 8 Hambatan dan Tantangan Pemberantasan Korupsi Bab 9 Membangun Kesadaran Perilaku Anti Korupsi Bab 10 Keluarga dan Sekolah Sebagai Pilar Pembudayaan Perilaku Anti Korupsi Bab 11 Pendidikan Agama Sebagai Proses Penguatan Mental Anti Korupsi

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi.

Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup

Modul ini dirancang sebagai tambahan referensi untuk mahasiswa dalam berupaya mengubah perilaku dan sikap mahasiswa, bertujuan (goal) pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang telah ditetapkan didasarkan pada batasan pendidikan lingkungan yang menekankan pada pengenalan tentang konsep-konsep kependudukan dan lingkungan hidup, perubahan sikap, dan munculnya partisipasi sebagai wujud perilaku dalam pengambilan keputusan rasional terhadap lingkungan. Sebagai program pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) mempunyai misi dalam upaya pendewasaan seseorang, dalam hal ini peserta didik agar berperilaku yang rasional dan bertanggung jawab tentang masalah kependudukan dan lingkungan hidup. Dapat disimpulkan bahwa salah satu tujuan pendidikan lingkungan adalah membentuk warga negara berwawasan kependudukan dan lingkungan atau lebih konkrit disebut perilaku warga negara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, atau dikenal dengan REB

Sebagai program pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) mempunyai misi dalam upaya pendewasaan seseorang, dalam hal ini peserta didik agar berperilaku yang rasional dan bertanggung jawab tentang masalah kependudukan ...