Sebanyak 21388 item atau buku ditemukan

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Web

Buku ini menjelaskan cara mengembangkan bahan ajar sejarah berbasis web dengan metode penelitian pengembangan berdasarkan pengalaman peneliti di SMA Negeri 1 Batu. Dalam buku ini dijelaskan secara teoritis dan praktis mengenai pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web.

Dalam buku ini dijelaskan secara teoritis dan praktis mengenai pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web.

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis WEB

Pembelajaran sejarah dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Oleh karena itu perubahan pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan. Sejarawan Inggris bernama Arnold Joseph Tonybee dikenal dengan teori challenge and respons mengatakan setiap gerakan sejarah timbul karena ada rangsangan, sehingga akan muncul reaksi yang melahirkan perubahan. Begitu juga dalam pembelajaran sejarah di era digital juga mengalami perubahan. Teknologi digital dalam dunia pendidikan telah memberikan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Salah satu peluang untuk mengikuti perkembangan teknologi digital adalah mengembangkan bahan ajar web. Bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang dikemas dengan menggunakan media website. Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017. Pada tahun 2020 Covid-19 telah melanda di Indonesia menjadikan perubahan pembelajaran dari tatap muka ke daring (dalam jaringan). Dengan buku ini kita dapat mengembangkan inovasi pembelajaran daring dengan media web

Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017.

PENGGUNAAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan panggilan untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan seumur hidup. Penggunaan media digital, termasuk media interaktif dan sosial, telah tumbuh, dan bukti kajian menunjukkan bahwa media baru ini menawarkan manfaat dan risiko bagi kesehatan anak-anak dan remaja. Pada era industri 4.0 saat ini, literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting bagi setiap individu. Berbagai data dan informasi pada saat ini hampir semua dikemas secara digital, termasuk berbagai literatur bahan ajar. Untuk itu, penting bagi guru untuk berupaya meningkatkan literasi digital para peserta didik sebagai bagian dari hasil belajar yang menjadi tujuan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan peserta didik untuk berinteraksi dengan sumber bahan ajar yang dikemas secara digital. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber-sumber belajar digital yang tersedia di internet atau guru belajar untuk merancang sendiri bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media digital. Oleh karenanya, penggunaan bahan ajar komik digital berbasis digital yang dirancang interaktif merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara antusiasme belajar, rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran dalam jaringan (daring). Bahan ajar komik berbasis digital yang dirancang interaktif dapat diakses lintas perangkat dan lintas platform yang bersifat produktif sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang khas bagi peserta didik. Dalam konteks ini, sifat interaktif dari bahan ajar komik berbasis digital yang dikembangkan dalam kajian ini adalah karena bahan ajar komik digital disusun dan dirancang sedemikian rupa yang disertai dengan suara (audio), sentuhan layar, tautan (link) dengan beragam sumber belajar lain, dan animasi yang relevan, serta sajian soal latihan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang interaktif.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan ...

Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. Kakiay, M.Si (Rektor IAKN Ambon) Tuntutan dunia internasional terhadap tugas guru memasuki abad ke-21 tidaklah ringan. Guru diharapkan mampu dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang bertumpu dan melaksanakan empat pilar belajar yang dianjurkan oleh Komisi Internasional UNESCO untuk Pendidikan, hal ini didasari bahwa Pendidikan merupakan komunikasi terorganisasi dan berkelanjutan yang dirancang untuk menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik (education as organized and sustained communication designed to bring about Learning). Learning to be merupakana pendidikan seharusnya memberikan bekal kemampuan untuk mengembangkan diri. Proses belajar memungkinkan terciptanya peserta didik yang mandiri, memiliki rasa percaya diri, mampu mengenal dirinya, pemahaman diri, aktualisasi diri atau pengarahan diri, memiliki kemampuan emosional dan intelektual yang konsisten, serta mencapai tingkatan kepribadian yang mantap dan mandiri. Bahan ajar interaktif berbasis karakter menjadi salah satu media yang relevan untuk dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dalam proses pembelajaran abad-21, karena sesuai dengan karakteristik generasi milenial. Bahan ajar interaktif merupakan bahan ajar yang bersifat aktif dengan desain tertentu agar dapat melakukan perintah balik kepada pengguna (siswa) untuk melakukan aktifitas sehingga siswa terlibat interaksi dua arah dengan bahan ajar yang sedang dipelajari. Buku bahan ajar interaktif tepat digunakan sebagai refferensi bagi tenaga pendidik (guru, dosen, praktisi, peneliti) dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif secara kusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, karena buku ini merupakan hasil konversi penelitian.

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. ...

Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Sikap, karakter, serta kecenderungan personal generasi muda usia sekolah ini berperan besar dalam munculnya berbagai isu problem belajar di sekolah mulai dari motivasi, bahan ajar, dan media ajar. Sebagai contoh problem motivasi belajar siswa khususnya Generasi Z kerap dijumpai karena derasnya gempuran media sosial berikut segenap atributnya seperti influencer, gamer, youtuber dan sebagainya. Banyak anak-anak sekolah lebih termotivasi mendapatkan popularitas seperti role model mereka masing-masing di media sosial dibanding prestasi akademik karena umumnya penggiat media sosial memang tidak mengangkat tema akademis. Hal tersebut pada dasarnya bukan hal yang bersifat negatif mengingat di era digital ini bahkan keterampilan mengelola media sosial dapat menjadi aset yang sangat berharga. Akan tetapi, hal ini banyak disalah artikan oleh Generasi Z sehingga menurunkan motivasi belajar dan menimbulkan problem bagi sekolah, guru, maupun orangtua.

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun ...

Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Academic Writing) Berbasis Systemic Functional Linguistics (SFL): Studi Design Based Research (DBR)

Buku ini sangat baik untuk digunakan sebagai referensi dalam menulis di bidang akademik (Academic Writing) khususnya dalam mendalama riset di bidang akademik writing yang secara khusus membahasa parafrase dan ringkasan yang merupakan kunci dalam menulis akademik agar penulis dapat terhindar dari unsur plagiarisme. Sehingga, buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis dalam bidang penulisan karya ilmiah khususnya ditingkat perguruan tinggi.

Buku ini sangat baik untuk digunakan sebagai referensi dalam menulis di bidang akademik (Academic Writing) khususnya dalam mendalama riset di bidang akademik writing yang secara khusus membahasa parafrase dan ringkasan yang merupakan kunci ...

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Kesehatan merupakan cara seseorang menawarkan produknya yang berkaitan dengan kesehatan, atau sama dengan penyuluhan kesehatan masyarakat yang sering dilakukan oleh tenaga kesehatan sebelum menyampaikan program-program yang harus disosialisasikan, Cara ini tidak sepenuhnya salah jika Dikaitkan dengan pengertian promosi dan kesehatan itu sendiri, terdapat beberapa teori dasar promosi kesehatan. Sebelumnya nama kegiatan promosi adalah Program Bina Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) tahun 1975 dan tingkat Internasional tahun 1978 Deklarasi Alma Ata tentang Primary Health Care menjadi tonggak cikal bakal Kesehatan Promosi (Departemen Kesehatan, 1994). Istilah Health Promotion (promosi kesehatan) sebenarnya sudah mulai dicetuskan setidaknya pada tahun 1986, ketika Promosi Kesehatan diselenggarakannya Konferensi Internasional pertama tentang Health Promotion di Ottawa, Kanada pada tahun 1986. Pada Waktu Itu “The Ottawa Charter” diluncurkan, yang berisi definisi dan prinsip. Prinsip dasar promosi kesehatan. Buku ajar ini hadir dengan harapan dapat memenuhi rasa ingin tahu tentang konsep dasar Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Sehingga harapannya dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang fenomena masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Semoga buku ini memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pengetahuan siswa guna mencapai kompetensi yang dipersyaratkan dalam kurikulum, serta bekal untuk menyelesaikan pendidikan dan berkarya di bidang lingkungan dan kesehatan masyarakat. Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Bahan Ajar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Panduan Praktis Membuat & Memublikasi Video Bahan Ajar

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar dapat melalui peningkatan kualitas pengajaran. Salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh guru dan dosen dalam usaha ke arah pencapaian/peningkatan hasil belajar adalah membenahi strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Bahan ajar berbasis audiovisual (video) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan pemahaman belajar, serta meningkatkan minat belajar siswa maupun mahasiswa. Dalam pembuatan bahan ajar audiovisual (video) sangat diperlukan suatu keterampilan mengoperasikan alat, dapat berupa software ataupun aplikasi gratis (opensource). CamStudio merupakan salah satu alat yang sangat mudah dipahami, dan efektif untuk membuat bahan ajar berbasis audiovisual (video). Internet dapat digunakan oleh guru maupun dosen sebagai media publikasi video bahan ajar secara online. Dengan adanya pemanfaatan fasilitas ini, maka proses belajar mengajar akan lebih maksimal. Buku ini menjelaskan secara praktis tentang cara membuat video bahan ajar dengan menggunakan CamStudio, dan juga memublikasikan video ajar secara online seperti YouTube. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang cara mengunduh serta menginstalasi software CamStudio; freemake video converter; maupun Web Browser Google Chrome, dan cara mengonversi format video ke bentuk format lainnya.

Buku Panduan Praktis Membuat & Memublikasi Video Bahan Ajar ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Bahan Ajar Surat-Surat Paulus

Bahan ajar ini menampilkan pribadi Paulus, skema surat-surat Paulus dan warisannya atau pengalaman hidup Paulus bersama Yesus Kristus.Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mendalami Kitab Suci dan Teologi.

Bahan ajar ini menampilkan pribadi Paulus, skema surat-surat Paulus dan warisannya atau pengalaman hidup Paulus bersama Yesus Kristus.Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mendalami Kitab Suci dan Teologi.

Bahan Ajar Home Care

Modul ini berisi konsep untuk aplikasi mata kuliah home care yang diperuntukkan bagi mahasiswa program studi S1 Keperawatan Universitas Kader Bangsa Palembang. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan modul ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk meningkatkan mutu dari penulisan ini sangat kami harapkan. Pada kesempatan ini kami menghanturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu proses penyusunan modul ini. Semoga dengan adanya modul home care ini dapat membantu proses belajar mengajar mata kuliah home care dengan lebih baik lagi. Akhirul kalam, kami selaku penulis senantiasa berdoa semoga bantuan dan bimbingan ibu serta saudara-saudara mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT. “Aamiin.....”

Modul ini berisi konsep untuk aplikasi mata kuliah home care yang diperuntukkan bagi mahasiswa program studi S1 Keperawatan Universitas Kader Bangsa Palembang.