Sebanyak 510 item atau buku ditemukan

Keterampilan Dasar Mengajar Guru Era New Normal

Diandra Kreatif

Pandemi Covid-19 membuat perubahan dalam setiap sendir kehidupan, termasuk pendidikan. Era new normal menjadikan semua orang memiliki kebiasaan baru untuk meminimalisasi dampak Covid-19 tersebut. Kebiasaan baru juga mesti dimiliki oleh seorang guru. Keterampilan dasar mengajar mutlak diperlakukan guru agar pelaksanaan pembelajaran menjadi efektif. Era kenormalan baru, guru juga dituntut untuk mengubah cara mengajar mereka. Buku ini memberikan gambaran keterampilan dasar mengajar guru era new normal. Buku ini mengulas secara lengkap keterampilan dasar mengajar yang mesti dimiliki oleg guru. Dalam buku ini juga membahas tentang guru di era revolusi industri 4.0. Buku ini diharapkan memberikan manfaat kepada dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya dalam melihat keterampilan dasar mengajar guru serta pembelajaran di era new normal.

Era kenormalan baru, guru juga dituntut untuk mengubah cara mengajar mereka. Buku ini memberikan gambaran keterampilan dasar mengajar guru era new normal.

Cerita Guru di Atas Garis

Apa maksudnya di atas garis? Garis seperti apa atau garis apa? Garis khatulistiwa atau garis kehidupan atau apa? Pertanyaan itu muncul tatkala buku Siswa di Atas Garis dan Guru di Atas Garis lahir. Demikian pula kakak dari buku yang ada di tangan Anda ini, Pribadi di Atas Garis. Rentetan pertanyaan itu tentu membutuhkan jawaban. Di atas garis merupakan frasa biasa yang bisa bermakna di atas rata-rata. Di atas garis berarti tidak sekadar apalagi di bawah standar. Di atas garis berarti melampaui ambang normal, ambang batasnya, melebihi aturan biasa. Buku Cerita Guru di Atas Garis, unik ditulis bukan hanya oleh guru, motivator, tetapi berbagai latar belakang profesi, bahkan seorang hakim yang telah menjadi Ketua Pengadilan Negeri pun urun rembuk menorehkan kisah inspiratif gurunya semasa SMA.

Buku Cerita Guru di Atas Garis, unik ditulis bukan hanya oleh guru, motivator, tetapi berbagai latar belakang profesi, bahkan seorang hakim yang telah menjadi Ketua Pengadilan Negeri pun urun rembuk menorehkan kisah inspiratif gurunya ...

Menjadi Guru Asyik Tapi Menantang (Dinamika Profesi Guru)

Tujuan: Panduan praktis bagi sahabat guru dalam melaksanakan tugasnya dengan menikmati setiap tantangan yang dihadapinya

Kelompok ketiga adalah guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bersertifikat profesional. Dalam kelompok ini, guru yang dimaksud adalah mereka yang telah memiliki sertifikat profesi guru. Sertifikat profesional (pada fase ...

6 JURUS JITU MENJADI GURU COACH PROFESIONAL

Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan coaching sebagai bentuk pendekatan komunikasi sebagai seorang pendidik. Mengapa keterampilan coaching? Pendekatan Coaching dalam komunikasi diperlukan karena kita melihat para murid kita sebagai sosok merdeka, Sosok yang dapat menentukan arah dan tujuan pembelajarannya, serta meningkatkan potensinya sendiri. Mereka hanya memerlukan dorongan dan tuntunan dari Anda sebagai pemimpin pembelajaran untuk melejitkan potensi mereka.

Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan coaching sebagai bentuk pendekatan komunikasi sebagai seorang pendidik.

RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN, PROFESIONALISME GURU, DAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA

Segala Puji dan Syukur kami panjatkan selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah yang sudah diberikan sehingga kami bisa menyelesaikan buku panduan yang berjudul “Rancangan Penelitan Tindakan Kelas” dengan tepat waktu. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para guru sekolah dasar untuk mengembangkan kompetensi melalui PTK. Buku ini juga akan memberikan informasi mengenai konsep dasar, format penulisan PTK, dan laporannya. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku panduan ini. Kami juga sadar bahwa buku yang kami buat masih belum bisa dikatakan sempurna. Maka dari itu, kami meminta dukungan dan masukan dari para pembaca, agar kedepannya kami bisa lebih baik lagi di dalam menulis sebuah buku.

Segala Puji dan Syukur kami panjatkan selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah yang sudah diberikan sehingga kami bisa menyelesaikan buku panduan yang berjudul “Rancangan Penelitan Tindakan Kelas” dengan tepat ...

GURU PROFESIONAL

Buku guru profesional ini ditulis dalam beberapa BAB, yaitu; BAB I. GURU PROFESIONAL, BAB II. KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL, BAB III. KOMPETENSI PAEDAGOGIK, BAB IV. KOMPETENSI KEPRIBADIAN, BAB V. KOMPETENSI SOSIAL, BAB VI. KOMPETENSI PROFESIONAL, BAB VII. CITRA GURU PROFESIONAL, BAB VIII. KOMITMEN GURU PROFESIONAL, BAB IX. KODE ETIK PROFESI KEGURUAN, BAB X. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI SUPERVISI, BAB XI.MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI ORGANISASI PROFESI, BAB XII. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI KUALAIFIKASI PENDIDIKAN

hanya dari segi pengetahuan saja tetapi juga dari segi kepribadian, sosial dan profesional sebagai guru. Kompetensi guru berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 yang selanjutnya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun ...

MENJADI GURU PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI YANG PROFESIONAL

Buku “MENJADI GURU PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI YANG PROFESIONAL” ini sengaja penulis tulis untuk bahan bacaan para guru dan pengelola PAUD. Buku ini merupakan wujud sumbangsih pemikiran penulis terhadap dunia pendidikan sehingga para guru dapat meningkatkan profesionalismenya, khususnya untuk para guru PAUD DMIJ PLUS Terintegrasi. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas tersebut akan efektif jika guru memilki derajat profesional tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tertentu. Profesionalisme guru adalah melakukan sesuatu sebagai pekerjaan pokok sebagai profesi, ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang diperoleh dari lembaga pendidikan serta sanggup menjalankan perannya sebagai guru, pengajar, pembimbing, melatih, menilai, mengevaluasi, administrator, serta membina anak didik.

pemecahan problematika yang sedang terjadi mengenai profesional guru, atau melakukan penelitian ilmiah tentang profesional yang dihadapi oleh para guru. Namun pada kenyataannya, organisasiorganisasi keguruan ini belum banyak ...

PROFESIONALISME GURU BERBASIS RELIGIUS

Pendidikan Islam adalah sebuah sistem pendidikan yang sengaja diselenggarakan dengan hasrat dan niat yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Di tengah-tengah pesatnya inovasi pendidikan, terutama dalam kontesk pendidik sering kali para pendidik merasa kebingungan dalam menghadapi berbagai persoalan pendidikan satu diantaranya adalah dekadensi moral. Islam sendiri memerintahkan bahwa suatu urusan atau pekerjaan itu haruslah dilakukan atau diselesaikan secara profesional. Artinya mereka yang berhak untuk melakukannya adalah orang yang memiliki keahlian dibidangnya. Permasalahan pendidikan misalnya, bagaimana agar anak didik sadar dan mampu mensikapi nilai-nilai yang diperoleh di sekolah, dan juga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal adalah menjadi penting peran dan keberadaan guru yang ahli dibidangnya. Berangkat dari sinyalemen di atas, profesionalisme guru dalam melakukan proses mendidik pada lembaga pendidikan Islam atau pendidikan secara umum, menjadi sangat urgen dibahas dan diwujudkan dalam realitas dunia pendidikan kita. Tentunya, hal ini menjadi sebagai sebuah solusi agar pendidikan Islam lebih bermutu, sehingga dapat mencapai tujuannya. Kiranya tidak mengada-ada ketika kami mencoba untuk konsern melakukan kajian kepada profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan Islam. Dalam masalah ini kami bermaksud untuk mengungkap tentang profesi guru dalam pandangan pendidikan Islam, dengan mengajukan teori-teori yang telah disampaikan oleh para ahli pendidikan. Buku yang ada di tangan para pembaca ini berusaha untuk memberikan peijakn-pijakan filosofis religius dan teoritits. Melalui buku ini diharapkan para pembaca dan penggiat pendidikan dapat mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan dengan bertolak dari asas Islam sebagai pondasi yang kokoh, mampu bersikap fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Sama halnya dengan profesi yang lain, misal: dokter, sebagian dapat menyembuhkan penyakit seseorang melalui pengalamannya dengan cara pengobatan tertentu, bisa dikatakan dokter profesional, karena dokter melakukan terapi dengan ...

Etika Profesi Guru

Secara etimologis kata etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos dan ethikos, ethos yang berarti sifat, watak, adat, kebiasaan, tempat yang baik. Ethikos berarti susila, keadaban, atau kelakuan dan perbuatan yang baik. Sedangkan jika ditinjau dari bahasa latin etika adalah ethnic, yang berarti kebiasaan Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengetahuan tentang azaz-azaz akhlak (moral). Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Secara bahasa, etika adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang jahat. Sedangkan secara umum adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku. Penerapan norma ini sangat erat kaitannya dengan sifat baik dan buruknya individu di dalam bermasyarakat.

Secara etimologis kata etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos dan ethikos, ethos yang berarti sifat, watak, adat, kebiasaan, tempat yang baik.