Sebanyak 145 item atau buku ditemukan

Modul Pengenalan Dasar Manajemen Olahraga dan Musik

Buku Modul Pembelajaran: Pengenalan Dasar Manajemen Olahraga dan Musik ini digunakan untuk membantu proses belajar bagi para peserta didik yang berminat mengenal ilmu manajemen di bidang olahraga dan musik. Pembentukan dan tata kelola manajemen olahraga dan musik ini merupakan hal yang baru dan membutuhkan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan tata kelola manajemen di bidang-bidang yang lain. Para peserta didik, dalam tahap awal pengenalan manajemen olahraga ini, akan diperkenalkan tentang proses pembentukan manajemen industry olahraga, melalui pemahaman dasar akan pentingnya analisa strategi di bidang olahraga dan pengertian hal-hal yang terkait dalam proses pembentukan analisa strategi, termasuk analisa lingkungan terkait dengan bidang-bidang olahraga. Pemahaman akan analisa strategi dan analisa lingkungan ini dapat membantu proses pemahaman, pembentukan dan pengembangan bagi manajemen operasional olahraga untuk dapat mengoptimalkan proses manajemen, kualitas, dan penerapan (performance) di bidang olahraga yang dikelola. Selain manajemen olahraga ini, para peserta didik juga akan memiliki pandangan dan pemahaman yang lebih luas mengenai manajemen di bidang musik industry dan hal-hal terkait untuk memaksimalkan suatu kegiatan musik, seperti proses pembentukan tim yang diperlukan dalam proses pembentukan dan pencitraan seorang penyaji ataupun seorang artisan di bidang musik. Dalam hal ini, seorang manajemen musik harus dapat mengambil langkah-langkah dan tindakan untuk dapat mengoptimalkan sumber pendapatan ataupun penghargaan bagi pada seniman atau musisi, baik sebagai seorang artisan ataupun sebagai seorang penyaji dalam kegiatan musik pertunjukan

The online equivalent of broadcasting, but only by streaming via the internet. 15. A Simultaneous webcast of a radio or television broadcast or cable broadcast. Lembar Pilihan Kuis 2: 1. Linear Streaming 2. Making Available 3.

E-BUSINESS Aplikasi Microsoft Access pada Bidang Manajemen

Program Studi S-1 Manajemen 2020/2021

E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik, seperti komputer dan internet. Kegiatan e-business juga memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Ada tiga tahapan kegiatan e-business, yaitu mendayagunakan komputer, mendayagunakan jaringan dan internet, membangun dan mendayagunakan web dan e-business. Pada mata kuliah, e-business ini ada pada posisi mendayagunakan komputer. Pendayagunaan komputer difokuskan pada optimalisasi program ACCESS pada aplikasi manajemen. Pilihan penggunaan ACCESS pada aplikasi manajemen karena ACCESS merupakan salah satu dari Microsoft Office sehingga setiap mahasiswa dapat menggunakan aplikasi ini selama ada Microsoft Office, tanpa tambahan instalasi program lain. Beberapa aplikasi manajemen yang diterapkan dalam buku ini, yaitu aplikasi Stok Barang, aplikasi Rumah Sakit, dan aplikasi Perpustakaan. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang otomasi database sehingga selalu mendapatkan data yang selalu update dan real time yang sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan manajemen.

E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik, seperti komputer dan internet.

Perilaku Organisasi

Secara keseluruhan, materinya dibagi menjadi tiga bagian; level individual, level kelompok dan level organisasi. Pada Bagian Pertama, dibahas dimensi kepribadian karyawan, peran emosi kapasitas resiliensi, kreativitas dan inovasi, motivasi karyawan dan serba-serbi pemberian reward. Pada Bagian Kedua, pembahasan memfokuskan pada level kelompok, seperti dinamika tim, konflik dan negosiasi, serta masalah kekuasaan dan pengaruh, serta aspek kepemimpinan. Pada Bagian Ketiga, untuk level organisasi, buku ini membahas tentang pengembangan organisasi, tantangan dalam melakukan perubahan serta masalah budaya organisasi. Yang khas dalam buku ini adalah adanya kasus kecil pengantar bab, fasilitas belajar aktif dan berpikir kritis yang dapat memfasilitasi dosen dan mahasiswa. Struktur dan bahan yang disampaikan dirancang dengan asumsi para mahasiswa terlibat aktif di dalam kelas. Setiap bab buku berisikan sekurang-kurangnya 1 box Reflect Pair Share yakni pertanyaan-pertanyaan yang akan menggugah daya kritis pembaca/peserta kelas sekaligus menghubungkannya dengan materi yang sedang dibahas. Beberapa bab disertai perangkat penilaian sendiri (self-asessment) yang diharapkan dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi pembaca dalam memahami materi pada bab tertentu. Tugas dan pertanyaan untuk diskusi pada akhir bab juga menekankan bagaimana mahasiswa aktif mencari berbagai jawaban terkait materi di setiap bab, termasuk tuntutan berhubungan dengan profesional. Dengan menyerap pengalaman langsung, mahasiswa dapat mengaitkannya dengan materi yang dibahas, sehingga tingkat pemahaman yang diperoleh semakin dalam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Secara keseluruhan, materinya dibagi menjadi tiga bagian; level individual, level kelompok dan level organisasi.

Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi Dan Bisnis

Book Chapter ini disusun oleh sejumlah dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Metode Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail namun juga disertai contoh sehingga mudah dipahami. Sistematika buku dengan judul “Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis” ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai Metode Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis, di antaranya: Pengantar Penelitian Muamalah, Paradigma dan Metodologi Penelitian Muamalah, Jenis dan Desain Penelitian, Perumusan Topik dan Judul Penelitian Muamalah, Penulisan Latar Belakang, Identifikasi Masalah dan Batasan Penelitian, Penulisan Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Membuat Kerangka Teori Penelitian, Membuat Hipotesis Penelitian, Metode dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian serta Teknik Pengolahan dan Analisis Data Penelitian.

Sistematika buku dengan judul “Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis” ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai Metode Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis, di antaranya ...

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF

Buku ini cukup menarik untuk dibaca oleh para peneliti, akademisi, dan juga tentunya oleh para mahasiswa, di mana penulis menyajikannya secara sistematis dan sederhana serta mudah dicerna. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca, terkhusus para peneliti.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca oleh para peneliti, akademisi, dan juga tentunya oleh para mahasiswa, di mana penulis menyajikannya secara sistematis dan sederhana serta mudah dicerna.

Kurikulum

Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan

Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan memapar dan mendiskusikan semua aspek pengembangan kurikulum: ditinjau dari perspektif leoretis konseptual dan praktis aplikatif dalam pembelajaran. Paparan tersebut bermanFaat bagi peningkatan pemahaman pendidik, pengembang kurikulum, widyaiswara dan praktisi pendidikan lain serta mahasiswa kependidikan tentang teori dan praktik kurikulum. Dimensi teoretis mencakup uraian tentang pengaruh empat fondasi utama kurikulum filosofis, historis, psikologis, dan sosio-kultural dilengkapi diskusi tentang arahan fondasi tersebut pada kurikulum yang menyiapkan peserta didik mampu fungsional dalam kehidupan di masyarakat global dan digital serta masyarakat masa depan yang cepat berubah. Dimensi praktis terkait implementasi kurikulum dalam pembelajaran, meliputi hakikat implementasi kurikulum sebagai inovasi dan perubahan kurikulum, termasuk faktor-faktor yang memicu perlunya perubahan kurikulum dan yang menghambat implementasinya dalam pembelajaran. Uraian juga membuat strategi penanggulangan hambatan tersebut bagi kelancaran implementasi kurikulum (baru) dalam pembelajaran. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan memapar dan mendiskusikan semua aspek pengembangan kurikulum: ditinjau dari perspektif leoretis konseptual dan praktis aplikatif dalam pembelajaran.

Ekonomi dan Keuangan Syariah: Isu-Isu Kontemporer

Tidak banyak buku ekonomi islam yang dapat menyajikan analisis ekonomi dengan perspektif syariah atas isu-isu kontemporer yang muncul di masyarakat saat ini. Lebih tidak banyak lagi buku ekonomi islam yang dapat menyajikan analisis kritis sekaligus memberikan optimisme. Buku ini secara mengejutkan dapat mengisi kekosongan itu. Bagian 1 buku ini dibangun sesuai dengan disiplin ilmu ekonomi. Diawali dengan pemahaman dasar setiap insan ekonomi memiliki endowment (modal dasar diri) nya masing-masing, kemudian mereka bekerja sama satu sama lain untuk meningkatkan utiliy (manfaat) masing-masing di atas titik autarky. Ekonomi taÕawun (kerja sama) menegaskan nilai yang dianut Penulis bahwa kerja sama lebih penting daripada sekadar masing-masing insan ekonomi memaksimalkan utility masing-masing. Dengan dasar itulah kemudian Penulis membangun kerangka pikir ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam menganalisis delapan isu ekonomi yang disajikan di Bagian 1 ini. Bagian 2 merupakan bagian penting buku ini. Penulis menyajikan otokritik atas praktik berbagai lembaga keuangan syariah. Analisis kritisnya tidak terasa sebagai kekecewaan atas fenomena yang ada. Sebaliknya, Penulis malah melihat kekurangan itu sebagai Òroom for improvementÓ, peluang untuk memperbaiki dan mengangkat industri keuangan syariah ke level yang lebih tinggi. Optimisme sangat terasa di Bagian 2 ini, menebarkan aroma kebangkitan ekonomi Islam dengan pemikiran trajektori mimpi besar akan kejayaan Islam di akhir zaman. Bagian 3 merupakan bagian yang paling panjang dari buku ini. Bagian ini melengkapi dua bagian sebelumnya dan memberikan akhir yang utuh. Kerangka pikir Penulis sangat jelas terbaca. Bagian 1 tentang pentingnya kolaborasi, Bagian 2 tentang keuangan komersil, dan Bagian 3 tentang keuangan sosial. Ketika keuangan komersil dapat berkolaborasi dengan keuangan sosial, maka nilai kemanfaatan nya akan diatas titik autarky. Dalam bahasa manajemennya, sinergi, yaitu 2 + 2 akan lebih besar dari 4. Buku yang ditulis dengan bahasa yang renyah mudah dicerna ini merupakan gaya baru penulisan ekonomi islam. Konsep ekonomi yang biasanya dibaca dengan dahi berkerinyit, mengalir menghanyutkan pembaca. Konsep demi konsep, bab demi bab, bagian demi bagian, menari ringan di pemahaman pembaca sehingga tidak terasa halaman demi halaman terlampaui sampai akhir. ItÕs a must-read book!

Tidak banyak buku ekonomi islam yang dapat menyajikan analisis ekonomi dengan perspektif syariah atas isu-isu kontemporer yang muncul di masyarakat saat ini.

BUKU MODEL FLIPPED BLENDED LEARNING

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang memuat sintak teridiri dari a). Learning orientation, b) Acess content material and activities, c). Group assignment project, d). Discuss to monitoring project, e). Test the results of the project dan f). Evaluation. Kemudian juga memuat adanya sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional dan dampak pengiring, konsep Pendidikan Vokasi, revolusi industri 4.0, kompetensi 4C, HOTS, serta dilengkai panduan menggunakn e-learning bagi dosen dan mahasiswa. Model blended learning yang dikembangkan dimana pembelajaran dilakukan secara face to face/tatap muka dan online sehingga memiliki proporsi pola pembelajaran yang jelas. Tejadinya fleksibelitas belajar dimana dan kapan saja dan waktu yang bebas melalui fasilitas komunikasi secara tatap muka, maupun interaksi online menggunakan chat dan forum untuk menggali berfikir kritis melalui diskusi. Memuat pula unsur-unsur mahasiswa untuk berkreatif dan inovasi dalam menghasilkan produk melalui adanya penugasan dan proyek. Serta bahan ajar daring yang dibuat menarik dengan adanya komponen multimedia (teks, gambar, video).

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang ...

MODEL PEMBELAJARAN PME

(PLANNING - MONITORING – EVALUATING) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter

Kita sepakat bahwa kegiatan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting tercapainya tujuan pendidikan dan efektivitas kegiatan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran. Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.

Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.

MODEL PEMBELAJARAN ISC (INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY)

Untuk Memberdayakan Critical And Creative Thinking (CCT) Skills

Buku Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) untuk memberdayakan critical and creative thinking (CCT) skills disusun sebagai inovasi serta bahan masukan kepada guru dan juga calon guru bahwa model pembelajaran harus dikembangkan sesuai dengan paradigm kebutuhan dalam pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran MIPA, agar peserta didik dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) sebagai terobosan baru dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Model yang dipadukan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi, serta mencapai hasil belajar yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang di rancang oleh guru/dosen. Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) ini juga sebagai bahan masukan bagi pemerintah tentang penemuan alternative dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama pendidikan tingkat MA/SMA dan perguruan tinggi agar dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Karena keterampilan CCT merupakan keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21.

Buku Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) untuk memberdayakan critical and creative thinking (CCT) skills disusun sebagai inovasi serta bahan masukan kepada guru dan juga calon guru bahwa model pembelajaran harus dikembangkan ...