Sebanyak 217 item atau buku ditemukan

Desain Instruksional SD (Teori dan Praktik)

Desain Pembelajaran adalah suatu rancangan pembelajaraan yang dikembangkan secara sistematik dan struktur yang berdasarkan tujuan dan strategi pembelajaran. Di buku ini diuraikan suatu proses sistematik pembelajaran dalam membangun sistem yang kreatif, efektif, dan efisien serta untuk menghasilkan sistem pembelajaran secara kreatif dan inovatif, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan peraturan pembelajaran di tempat kerja masing- masing.

Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai kriteria penyusunan perencanaan : 1. Signifikansi Signifikan dapat diartikan sebagai kebermaknaan. Nilai signifikansi artinya, adalah bahwa perencanaan pembela ...

Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh anak pada keluarga nelayan di Desa Bajoe, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena untuk mengungkap secara mendalam bagaimana pola asuh anak pada komunitas keluarga pesisir pantai. Informan terdiri dari 4 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas keluarga pesisir pantai di Desa Bajoe sebahagian besar menerapkan pola asuh tipe demokrasi. Hal ini karena pola asuh merupakan hal penting dalam pembentukan sikap dan tingkah laku anak. Pola asuh ikut menentukan arah masa depan anak-anak. Masyarakat nelayan Desa Bajoe memiliki keunikan yang mana masyarakatnya masih memegang adat istiadat leluhur sehingga mengakibatkan cara mendidik orang tua masih memegang aturan-aturan tertentu. Mereka masih meniru cara-cara nenek moyang mereka terdahulu dalam membina keluarganya meskipun zaman sudah berubah.

Buku Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang dikumpulkan mulai awal mata kuliah Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS. Secara garis besar, buku ini berisi tentang konsep dasar IPS kemdian juga dilengkapi dengan analisis terhadap kurikulum beserta contoh penerapannya dalam dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini juga menyajikan cara penyusunan perencanaan sekaligus strategi pembelajaran IPS hingga model-model evaluasinya. Dengan harapaan, setelah membaca buku ini para pembaca memiliki pengetahuan mengenai pengembangan materi IPS tingkat SD/MI. Tambaha terakhir, buku ini tentu tidak sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran akan ditampung dan diterima dengan baik serta dijadikan sumber perbaikan agar buku ini dapat terus dibenahi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi ...

ISLAM DAN BUDAYA LOKAL Deskripsi Tradisi Masyarakat Kabupaten Nunukan

Judul : ISLAM DAN BUDAYA LOKAL Deskripsi Tradisi Masyarakat Kabupaten Nunukan Penulis : Eko Nani Fitriono, S.Th.I., M.P.I., Nur Halisa, Mega Kaswajeng, Satriani, Ana, Ade Irma Suryani, Arminda Purnama, Fadhil Edryansyah, Mustainah, Armansyah, Dewi Surya Ningsih, Dini Suryani, Gina Musliyati M., Gunatang, Nira Siti Nurazizah, Hardin, Hariyani, Jumiati, Nur Anisa, Suryani, Nurman Iskandar, Rahmania Safitri, Nurfitriani Ibrahim Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 145 Halaman No ISBN : 978-623-6233-73-3 Kabupaten Nunukan terletak di perbatasan paling utara Indonesia. Daerah ini berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Sebagai tempat transit, Kabupaten Nunukan dihuni oleh penduduk asli dan pendatang yang datang dari berbagai pulau yang ada di Indonesia, seperti pulau Jawa dan Sulawesi, maka tidak heran dari masyarakat yang heterogen tersebut lahirnya budaya yang beragam. Berbagai tradisi dan budaya masyarakat Nunukan, mulai dari tradisi yang berkaitan dengan etika, pernikahan, akulturasi budaya lokal dan Islam, serta ritual lainnya yang dipaparkan dalam bingkai Islam dapat pembaca temukan dalam buku ini. Buku kolaborasi tulisan dosen dan mahasiswa STIT Ibnu Khaldun Nunukan ini menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca dalam upaya memahami budaya yang hidup dan berkembang di Kabupaten Nunukan dengan berbagai latar belakang masyarakatnya yang heterogen.

Judul : ISLAM DAN BUDAYA LOKAL Deskripsi Tradisi Masyarakat Kabupaten Nunukan Penulis : Eko Nani Fitriono, S.Th.I., M.P.I., Nur Halisa, Mega Kaswajeng, Satriani, Ana, Ade Irma Suryani, Arminda Purnama, Fadhil Edryansyah, Mustainah, ...

Islam and Local Wisdom: Religious Expression in Southeast Asia: Islam dan Kearifan Lokal: Ekpresi Keberagamaan di Asia Tenggara

Islam di Indonesia menunjukan keunikan yang membedakannya dengan Islam di negara lain, terutama dengan Islam di tempat asalnya, Arab Saudi. Keunikan tersebut dibuktikan dengan hadirnya varian-varian Islam lokal yang berbeda cukup signifikan antara satu wilayah dengan wilayah lain, seperti halnya Islam Padang, Islam Jawa, Islam Dayak, Islam Lombok, Islam Bima, Islam Buton, Islam Muna, dan seterusnya. Varian-varian Islam tersebut berhubungan sangat erat dengan pola penyebaran Islam dan pola penerimaan Islam sekaligus. Secara historis, proses penyebaran Islam di Indonesia dilakukan melalui jalur-jalur sosial dan kulltur, misalnya melalui relasi perdagangan, kesenian, pendidikan, bahkan perkawinan, bukan jalur militeristik atau penaklukan. Islam yang disebarkan di Indonesia adalah Islam yang lebih banyak menggunakan pola-pola damai, sehingga penerimaan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia terhadap Islam tidak mendapatkan masalah atau penentangan yang berarti. Para penyebar Islam di nusantara bahkan akomodatif dan negosiatif dengan kebudayaan lokal. Sebut saja misalnya, pola-pola penyebaran Islam yang dilakukan Walisongo di Jawa menunjukan bahwa Islam meskipun merupakan ideologi dan paham yang baru, tetapi mampu diterima oleh masyarakat Jawa pada masa itu tanpa penentangan dan perlawanan berarti. Proses penyebaran Islam yang mempengaruhi pola penerimaan Islam oleh masyarakat juga tidak bisa dilepaskan dari interpretasi masyarakat terhadap Islam yang berasal dari lokalitas yang dimiliki masing-masing. Jika akar kultur masyarakat lokal tidak cukup akomodatif terhadap Islam, atau sebaliknya Islam yang tidak bisa bersentuhan dengan kultur masyarakat, mustahil Islam bisa diterima dengan baik, bahkan dalam beberapa kebudayaan di Indonesia dijadikan sebagai landasan atau dasar tata kelola pemerintahan dan masyarakat.

Buku Islam and local wisdom: religious expression in southeast asia: islam dan kearifan lokal: ekpresi keberagamaan di asia tenggara ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Retorika dalam Gubahan Sastra

Buku yang berjudul: “Retorika dalam Gubahan Sastra” ini yakni, sebuah buku yang berisikan sajak-sajak atau puisi mengenai alam, cinta, maupun berbagai perasaan di penulis. Di mana si penulis sendiri berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam kata yang disatukan dalam suatu wadah yang membentuk satu kesatuan atau komunitas yang bernama Komunitas Sajak Indonesia (KSI).

Buku yang berjudul: “Retorika dalam Gubahan Sastra” ini yakni, sebuah buku yang berisikan sajak-sajak atau puisi mengenai alam, cinta, maupun berbagai perasaan di penulis.

Sekolah Kapitalisme Yang Licik

Buku ini berusaha mengungkapkan pandangan Paolo Freire. dalam pendidikan klasik, sekolah selalu dilihat sebagai sebuah institusi masyarakat yang bertujuan mencerdaskan anak didik. Sehingga diharapkan, begitu sorang peserta didik menyelesaikan sebuah jenjang sekolah, ia akan tampil sebagai pahlawan bagi masyarakatnya. Tapi kenyataan yang dominan adalah sebaliknya.Seringkali begitu peserta menyelesaikan jenjang pendidikannya, ia menjadi terasing dari lingkungan sekitarnya. Ilmu-ilmu yang mereka pelajari di sekolah sama sekali tidak memiliki kegayutan dengan realitas kehidupan mereka.

Buku ini berusaha mengungkapkan pandangan Paolo Freire. dalam pendidikan klasik, sekolah selalu dilihat sebagai sebuah institusi masyarakat yang bertujuan mencerdaskan anak didik.

Teori Perencanaan - Mazhab & Praktik Perencanaan Pengembangan Wilayah

Ilmu perencanaan sudah semakin luas dikenal dan semakin dirasakan kebutuhannya seiring dengan proses pembangunan—baik dalam skala wilayah, perkotaan, dan perdesaan—yang telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalam membangun Indonesia yang begitu beragam, diperlukan pemahaman yang lebih baik terkait dengan beragam pendekatan dan model perencanaan yang relevan. Namun sayangnya, praktik dan eksperimentasi dari perencanaan ini acapkali tampak terlepas dari landasan filosofis dan konseptual yang membentuknya. Adanya pemahaman terkait dengan pandangan filsafat, mazhab, maupun diskusi teoritik di dalamnya tentu akan memberikan refleksi kritis terhadap beragam pendekatan dan model yang kemudian dipilih dan digunakan. Buku ini hadir tidak hanya untuk memberikan landasan dasar dari perencanaan, tetapi juga berupaya untuk menjembatani antara dimensi konseptual dan praktis di tanah air. Oleh karena itu, selain diharapkan dapat menjadi referensi dalam proses pengajaran di perguruan tinggi, buku ini juga dimaksudkan untuk memberikan pegangan bagi para praktisi perencanaan untuk dapat memperkaya ruang dialog dan inovasi dalam praktik perencanaan wilayah dan kota di Indonesia.

Berbagai mazhab perencanaan lainnya yang muncul sebagai kritik menawarkan beragam pendekatan perencanaan dengan ... Salah satu pandangan mengenai sistem perencanaan kontemporer menjawab tantangan-tantangan zaman adalah pendekatam ...

The Handbook of Education Management

Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia Edisi 2

Mengelola pendidikan bukanlah persoalan mudah, dibutuhkan pemikiran dan analisis mendalam agar pendidikan yang dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Secara konseptual-filo-sofis pendidikan digali dari identitas, karakteristik dan khazanah budaya yang dimilikinya, sehingga pendidikan yang diterapkan tidak keluar dari akar sejarahnya. Adapun dalam praksis-aplikatifnya, pendidikan dikelola dengan manajemen yang baik agar konsep-filosofis pendidikan tersebut dapat dibumikan secara efektif, efisien, dan produktif. Tanpa sistem pengelolaan pendidikan yang baik, konsep-konsep tersebut tidak mempunyai banyakarti. Oleh karena itu, manajemen mempunyai peran sangatsignifikan dalam pelaksanaan pendidikan agar konsep dan tujuan pendidikan dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan. Begitu pentingnya fungsi manajemen di lembaga pendidi kan, maka dapat dikatakan bahwa sesungguhnya tidak ada lembaga pendidikan yang buruk, tetapi lembaga pendidikan dengan manajemen tidak baik. Buku ini merupakan referensi dan sekaligus panduan teoritik-aplikatifdalam mengelola pendidikan khususnya di sekolah/madrasah, oleh karenanya buku ini layak menjadi referensi pegangan atau Handbook of Education Management. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini merupakan referensi dan sekaligus panduan teoritik-aplikatifdalam mengelola pendidikan khususnya di sekolah/madrasah, oleh karenanya buku ini layak menjadi referensi pegangan atau Handbook of Education Management.

Teori & Praktik Penelusuran Informasi

(Information Retrieval)

Jutaan bahkan miliaran informasi muncul setiap saat, hari demi hari. Tak seorang pun mampu mengikuti dan merekam arus informasi yang terus-menerus mengalir di setiap waktu, detik dan menit. Apalagi jika informasi ini tidak dikelola secara baik-disimpan dalam media dokumen analog dan digital-dan benar oleh ahli di bidangnya, maka informasi berharga ini akan menguap begitu saja. Pengelolaan informasi yang berkaitan dengan dokumen konvensional (analog) dan digital (dokumen yang dihubungkan dengan teknologi informatika) semakin berkembang sejalan dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Kognitif, menciptakan atau menghilangkan ambiguitas, pembentukan sikap, agenda setting, perluasan sistem keyakinan ... Lebih lanjut lagi, Ball-Rokeach dan De Fleur mengatakan bahwa, ketiga komponen yaitu audience, sistem media, ...