Sebanyak 152 item atau buku ditemukan

Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat untuk rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan belajar mengajar. Kurikulum bukan berasal dari bahasa Indonesia, tetapi berasal dari bahasa latin yang kata dasar adalah currere, secara harfiah berarti lapangan perlombaan. Dengan demikian, kurikulum artinya program yang direncanakan diprogramkan dan dirancang yang berisi berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar baik yang berasal dari waktu yang lalu, sekarang sistematik, yang artinya direncanakan dengan memperhatikan keterlibatan berbagai faktor pendidikan secara harmonis. Ada tiga peranan kurikulum yang sangat penting, yakni peranan konservatif, peranan kritis atau evaluatif, dan peranan kreatif. Ketiga peran kurikulum tersebut harus berjalan secara seimbang, atau dengan kata lain terdapat keharmonisan di antara ketiganya. Dengan demikian, kurikulum dapat memenuhi tuntutan waktu dan keadaan dalam membawa siswa menuju kebudayaan masa depan. Di samping memiliki peranan, kurikulum juga mengemban berbagai fungsi tertentu. Alexander Inglis, dalam bukunya Principle of Secondary Education (1918), mengatakan bahwa kurikulum berfungsi sebagai fungsi penyesuaian, fungsi pengintegrasian, fungsi diferensiasi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan, dan fungsi diagnostik. Fungsi-fungsi tersebut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa, sejalan dengan arah filsafat pendidikan dan tujuan pendidikan yang diharapkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan. Ada empat pengembangan kurikulum yakni, landasan filosofis, psikologis, dan landasan sosiologis-teknologis. Menurut Bloom (1965) tujuan pendidikan dapat digolongkan ke dalam tiga klasifikasi atau domain (bidang), yaitu domain kognitif, domain afektif, dan afektif psikomotor. Domain kognitif berhubungan dengan pengembangan intelektual atau kecerdasan. Bidang afektif berhubungan dengan pengembangan sikap dan bidang psikomor berhubungan dengan keterampilan. Prinsip pengembangan kurikulum menggunakan prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru menciptakan sendiri prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan lainnya, sehingga akan ditemukan banyak sekali prinsip-prinsip yang digunakan dalam suatu pengembangan kurikulum.

Kurikulum adalah seperangkat untuk rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan belajar mengajar.

Implementasi Pembiayaan Murabahah dan Strategi Manajemen Risiko pada Bank Syariah

Murabahah pada bank syariah bertujuan membiayai jual beli pada harga asal dengan melakukan penambahan profit atau margin sesuai kesepakatan. Dalam transaksi jual beli tersebut, penjual harus mengetahui harga pokok pembelian barang dan menentukan tingkat tertentu sebagai tambahan dan harus menjelaskan kepada pembeli, yang tertuang dalam akad. Murabahah memiliki manfaat dan fasilitas untuk memenuhi pembiayaan konsumtif dan produktif dengan mengembalian angsuran sesuai kemampuan nasabah. Implementasi pembiayaan murabahah harus sesuai dengan syarat dan ketentuan syariah. Penyimpangan terjadi pada praktik akad murabahah menyebabkan batil secara syariah. Penyimpangan yang sering terjadi adalah pelanggaran tentang syarat kepemilikan terhadap harta (milkiyah) dan harga awal yang diketahui (ra’sul mal ma’lum) dan pelanggaran pada penempatan akad murabahah pada transaksi yang salah. Penyimpangan pada praktik murabahah merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kemacetan dalam pengembalian pinjaman sehingga diperlukan strategi dalam manajemen risiko pembiayaan berupa penambahan dana pinjaman, konversi akad pembiayaan. Hal terpenting adalah review analisa dan evaluasi terhadap kondisi nasabah dengan cara melakukan penambahan fasilitas dana pembiayaan. Pemaparan dan pembahasan berbagai langkah yang tepat dalam implementasi pembiayaan murabahah dan menerapkan strategi manajemen risiko akan jelas tertuang dalam buku ini sehingga bermanfaat pada penerapannya dan dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Billahinasta’in.

akan lari dari bank Islam dan memilih alternatif investasi lainnya yang lebih menjanjikan imbal hasilnya. ... Perkembangan lingkungan eksternal dan internal perbankan syariah yang semakin pesat mengakibatkan risiko kegiatan usaha ...

Pesona Pasar Malam Semawis

Pengembangan Strategis dari Perspektif Pengunjung

Buku berjudul “PESONA PASAR MALAM SEMAWIS: PENGEMBANGAN STRATEGIS DARI PERSPEKTIF PENGUNJUNG” ini merupakan potret ragam pendapat masyarakat yang telah atau pernah berkunjung ke Pasar Semawis. Pendapat para pengunjung merupakan subjektifitas masing-masing dari mereka dan tidak menutup kemungkinan pengunjung lain yang tidak tercover pada buku ini mempunyai pengalaman yang berbeda pula. Namun, penulis meyakini bahwa pendapat-pendapat pengunjung di sini bisa dijadikan sebagai langkah awal bagi berbagai pihak pengelola Pasar Semawis baik dari unsur masyarakat maupun pemerintah sebagai referensi dalam pengambilan langkah kebijakan ke depan dalam mengembangkan Pasar Semawis agar semakin maju. Pendapat masyarakat tersebut penulis kumpulkan dan analisis dengan menggunakan SWOT. Harapannya, hasil analisis tersebut dapat memberikan perspektif baru bagi berbagai stakeholder dalam menyikapi tuntutan perubahan ke arah yang lebih baik, dan membuat perencanaan yang lebih solutif dalam mengembangkan Kawasan Semawis sebagai salah satu area wisata kuliner yang sangat potensial dan iconic bagi Kota Semarang.

Buku berjudul “PESONA PASAR MALAM SEMAWIS: PENGEMBANGAN STRATEGIS DARI PERSPEKTIF PENGUNJUNG” ini merupakan potret ragam pendapat masyarakat yang telah atau pernah berkunjung ke Pasar Semawis.

Investasi dan Pasar Modal

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Investasi tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan. Terdapat risiko kerugian juga dalam berinvestasi. Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya. Buku Investasi dan Pasar Modal ini membahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan investasi secara umum dan berinvestasi pada pasar modal di Indonesia. Dalam berinvestasi pada pasar modal terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat dijadikan aset untuk menempatkan dana, seperti saham, obligasi, reksa dana, opsi, warrant, right issue, dan lain-lain. Setiap investor yang berinvestasi tentunya mengharapkan imbalan, akan tetapi investor juga tidak terlepas dari risiko yang akan mereka hadapi. Oleh karena itu, investor juga perlu untuk melakukan analisis dalam berinvestasi. Hal-hal yang berkaitan dengan investasi dan pasar modal akan dibahas dalam buku ini.

maksimalisasi kesejahteraan pemilik modal, tapi juga memastikan bahwa portofolio yang dimiliki tetap berada dalam ... Pengawasan yang lebih selektif, selain dari Bapepam sebagai pengawas pasar modal syariah dalam seluruh kegiatan ...

Sejarah Indonesia dan Dunia

Buku ini merupakan kumpulan makalah mahasiswa semester VII Kelas D di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Kumpulan makalah masiswa yang sengaja dibukukan sebagai tugas di akhir semester pada mata kuliah Sejarah Indonesia dan Dunia di jurusan PGMI UIN Mataram yang terdiri dari 6 materi yang memuat: Perkembangan Zaman Prasejarah sampai Zaman Protosejarah Indonesia dan Dunia; Kondisi Alam dan Sistem-Sosial Politik, Adat-Istiadat, serta Ragam Kepercayaan Masyarakat Indonesia; Masuknya Penjajahan ke Indonesia; Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Mempertahankan Kemerdekaan; dan Posisi Indonesia di Tengah-tengah Kehidupan Masyarakat Dunia.

Kumpulan makalah masiswa yang sengaja dibukukan sebagai tugas di akhir semester pada mata kuliah Sejarah Indonesia dan Dunia di jurusan PGMI UIN Mataram yang terdiri dari 6 materi yang memuat: Perkembangan Zaman Prasejarah sampai Zaman ...

MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM

Pengajaran Islam dalam berbagai aspek kajiannya perlu dijelaskan dengan sesederhana mungkin. Hal ini diperlukan karena salah satu dasar dari karakter pemahaman Islam itu sendiri adalah mempermudah dan tidak mempersulit. Tentu saja pemahaman dan teori tersebut perlu dijelaskan dalam materi-materi Islam yang mudah untuk difahami oleh segenap kalangan muslim, khususnya mereka yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi umum untuk menambah wawasan keislaman dan pemahaman mengenai ajaran-ajarannya itu. Buku ini ditulis dengan mengacu kepada materi-materi yang sebagaimana layak dan standarnya untuk dipelajari oleh mahasiswa/i khususnya dan masyarakat umum untuk menambah wawasan dan pemahaman Islam dari berbagai kajiannya baik fiqih maupun ushuluddinnya. Penulisan buku ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan bagus, mengingat hal tersebut sebagai salah satu bentuk seruan terhadap kebajikan dalam bentuk dakwah agar dapat memberikan dan berbagi ilmu dengan yang lainnya demi sebuah proses terbentuknya ummat yang selalu berlomba dalam kebajikan. Materi pendidikan agama Islam ini bisa juga diketegorikan sebagai materi penting bagi mahasiswa/i di perguruan tinggi umum. Karena dengan membaca dan menelaah buku ini diharapkan bisa menjadi bekal dalam kehidupan pemahaman Islam itu sendiri sebagai way of life yang ideal, dinamis, dan sesuai dengan koridor yang telah digambarkannya. Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum (Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode 2011-2015)

Pengajaran Islam dalam berbagai aspek kajiannya perlu dijelaskan dengan sesederhana mungkin.

FIQIH IBADAH

Buku ini adalah buku lanjutan yang sejalan dengan buku tulisan pertama penulis yang berjudul Kitabuttauhid “Esa”-kanlah “Aku”. Dalam sejarahnya, untuk membentuk sebuah generasi rabbani, yang berpegang teguh di atas al-Qur'an dan Sunnah, yang pertama kali dilakukan oleh Rasulullah adalah menanamkan nilai-nilai tauhid yang lurus kepada ummat manusia, dan ini merupakan sebuah kewajiban bagi setiap kaum muslimin. Bila pendidikan tauhid telah berhasil dilakukan, maka barulah diajarkan kepadanya pendidikan ubudiyah (ibadah) dan inilah yang akan dikupas dalam kitab ini. Dalam ilmu tauhid, hal ini disebut dengan Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah. Artinya, setelah tertanam dalam benak mereka tentang keharusannya mentauhidkan Allah dalam hal Rububiyah, maka wajib baginya untuk mentauhidkan Allah dalam hal Uluhiyah atau Ubudiyah. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) Cara Memahami Ilmu Fiqih, (2) Sunnah-Sunnah Fitrah, (3) Najis dan Cara Menyucikannya, (4) Berwudlu, Khuf, dan Tayamum, (5) Adab Buang Hajat dan Mandi Wajib, (6) Sholat Fardhu, (7) Sholat Sunnah, (8) Pembahasan Seputar Zakat, (9) Ash-Shiyam (Puasa Ramadhan), (10) Puasa Sunnah, (11) Haji dan 'Umrah.

Buku ini adalah buku lanjutan yang sejalan dengan buku tulisan pertama penulis yang berjudul Kitabuttauhid “Esa”-kanlah “Aku”.

MANAJEMEN PEMASARAN HOLISTIK ERA 4.0

Konsep, Teori, dan Implementasi

Buku ini membahas tentang konsep, teori, dan implementasi dari pemasaran holistik di era 4.0. Pemasaran merupakan ujung tombak dalam suatu perusahaan. Konsep pemasaran holistik merupakan salah satu strategi pemasaran yang disusun atau dibuat dengan menggunakan keseluruhan unsur bisnis dalam sebuah perusahaan. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas karena pemasaran di era 4.0 menggabungkan sentuhan kepada konsumen secara manusiawi melalui kecanggihan teknologi dengan mengkombinasikan interaksi online dan offline yang terjadi antara penjual dan konsumen.

C. Kinerja Pemasaran: Studi E-Commerce Melesat jauhnya perkembangan teknologi informasi, internet dalam genggaman, meratanya pengetahuan dan penggunaan teknologi seolah membuat dunia terasa tidak lagi memiliki batasan.

Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh

Suatu Pengantar

Manusia adalah makhluk Allah satu-satunya, yang dipilih menjadi khalifah-Nya di muka bumi. Sebagai khalifah, manusia mendapat tugas untuk mengurus, mengatur, dan memelihara bumi dengan segala isinya. Pemilihan ini menunjukkan bahwa kedudukan manusia amat terhormat di antara makhluk-makhluk lainnya. Agar dapat menjalankan tugas dengan baik, manusia oleh Allah diberi perlengkapan berupa akal dan peraturan hidup berupa dîn al-Islam untuk dijadikan pedoman dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah. Tugas hidup manusia adalah untuk mengabdi kepada Allah, dan dalam mengabdi akan dilihat siapa yang lebih baik prestasinya. Agar pengabdiannya sesuai dengan yang dikehendaki Allah, maka manusia harus memahami kehendak Allah. Pemahaman manusia tentang kehendak Allah dalam mengabdi kepada-Nya disebut fiqh. Buku ini memberikan gambaran umum tentang Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, meliputi pandangan para fuqaha tentang fiqh dan ushul fiqh, faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya, dan seluruh perkembangannya selama lebih kurang 14 abad. Gambaran ini walaupun bersifat informatif, tetapi merupakan rangkaian cerita yang bermakna, di mana terdapat saling hubungan antara fenomena dan aspek-aspek yang ada dalam suatu sistem yang dinamakan Ilmu Fiqh. Ilmu Fiqh adalah ilmu tentang (atau himpunan) hukum-hukum syara` mengenai perbuatan yang diperoleh dari dalil-dalilnya yang rinci. Sedang Ilmu Ushul al-Fiqh adalah ilmu tentang (atau himpunan) kaidah-kaidah yang diperlukan untuk mengeluarkan hukum-hukum tersebut dari dalil-dalilnya yang rinci. Objek yang menjadi perhatian Ilmu Fiqh adalah perbuatan manusia ditinjau dari segi perlu tidaknya dilakukan menurut penilaian syara`. Karena itu, tujuan mempelajarinya ialah untuk mengetahui perbuatan-perbuatan yang diharuskan melakukan (wajib), dianjurkan (mandub), dibolehkan (mubah), dicegah (makruh), dan dilarang (haram) oleh syara`. Sedang objek yang menjadi perhatian Ilmu Ushul Fiqh adalah dalil-dalil syara` yang menjadi sumber dari mana hukum-hukum itu ditarik, baik yang berupa tuntutan untuk melakukan perbuatan atau meninggalkannya, pilihan antara alternatif-alternatif, ataupun konsekuensi dari suatu perbuatan. Lebih dari itu, Ushul al-Fiqh juga menaruh perhatian pada perumusan kaidah yang diperlukan untuk memahami dan mengeluarkan hukum yang terkandung di dalam dalil-dalil atau sumber-sumber yang rinci.

Buku ini memberikan gambaran umum tentang Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh, meliputi pandangan para fuqaha tentang fiqh dan ushul fiqh, faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya, dan seluruh perkembangannya selama lebih kurang 14 abad.

PERBANDINGAN SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INDONESIA DAN PRANCIS

Negara merupakan suatu asosiasi yang menyelenggarakan penertiban masyarakat pada suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh pemerintah. Beberapa aspek negara yang dimaksud adalah negara merupakan organisasi dari sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah. Negara sebagai asosiasi yang bertindak berdasarkan undang-undang yang dibuat pemerintah. Fungsi negara sebagai pemelihara ketertiban masyarakat umum, negara diberi kekuasaan yang bersifat memaksa oleh undang-undang untuk menjaga ketertiban masyarakat. Negara dalam menjalankan tatanan pemerintahannya membutuhkan adanya sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan sebagai sistem hubungan antarlembaga negara. Sedangkan pemerintahan adalah segala urusan yang dilakukan oleh negara dalam menyelenggarakan kepentingan negara. Sistem pemerintahan menjadi salah satu faktor penentu keberlangsungan kehidupan bernegara. Sistem pemerintahan pada suatu negara akan berjalan efektif apabila sistem yang dipilih dan digunakan sesuai dengan karakter dan kondisi sosial dan politik negara. Apabila sistem pemerintahan yang digunakan tidak sesuai maka bisa dipastikan akan timbul kegagalan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Setiap negara memiliki sistem pemerintahan sendiri. Sistem pemerintahan dengan coraknya sangat dipengaruhi oleh sejarah negara masing-masing. Buku ini menguraikan perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan sistem pemerintahan Prancis.

B. Sistem Pemerintahan Negara Prancis Revolusi Prancis mendasari peristiwa-peristiwa yang mendasari pergerseran sosial dan budaya ... dintaranya adalah konflik politik yang semakin memburuk, keadaan ekonomi dan kesewenangwenangan Raja, ...