Sebanyak 4531 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Hukum (Filsafat, Teori & Praktis)

Penelitian hukum sebagimana penelitian yang lain, diselenggarakan karena adanya problem (permasalahan). No Problem, No Research. No Research, No Science. No Science, No Development. Mengingat pentingnya penelitian dalam pengembangan sebuah ilmu, maka ilmuwan hukum, khususnya para mahasiswa hukum harus menguasai metode penelitian hukum yang bersandar pada aspek filosofis, baik pada tataran tradisi maupun paradigma, serta teori dalam hukum seiring dengan perkembangan ilmu hukum. Perkembangan ilmu hukum tidak dapat dilepaskan dari perkembangan objek kajiannya, yakni hukum itu sendiri. Objek kajian berupa hukum tersebut tidak dapat dilepaskan pula dari perkembangan struktur sosial di mana hukum itu berada dan dibentuk. Objek kajian yang berkembang menuntut adanya perubahan cara pencarian kebenaran, cara berhukum sekaligus cara penelaahannya, sehingga pergeseran metodologi merupakan sebuah keniscayaan. Semula pada Ilmu Hukum Klasik, kita mengenal metode filosofis-normatif (Plato) yang dihadapkan pada metode yang empiris (Aristoteles). Dalam Ilmu Hukum Modern, setelah hukum mengalami positivisasi dalam bentuk perundang-udangan yang digunakan oleh negara-negara modern, hukum lebih condong didominasi dengan pendekatan normatif-legistis (Hans Kelsen, John Austin). Kendatipun pendekatan normatif-legistis tetap mendominasi, namun telah muncul pendekatan baru yang menggugatnya yakni pendekatan yang bukan hanya melihat aspek hukumnya (legal research) namun juga aspek socio-nya (socio research), yang kemudian dikenal dengan pendekatan socio-legal.

Penelitian hukum sebagimana penelitian yang lain, diselenggarakan karena adanya problem (permasalahan).

Pendidikan Pancasila Dan Pluralisme

Pancasila dan pluralisme merupakan matakuliah yang diajarkan di seluruh universitas di Indonesia, karenanya sudah sepatutnya mahasiswa memahami dengan baik materi pendidikan Pancasila. Di samping mahasiswa, pendidikan Pancasila juga diperlukan oleh berbagai pemangku kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Mempertimbangkan hal tersebut, karenanya buku ini tidak hanya menyajikan materi pendidikan Pancasila secara teoretis, tetapi lebih menyajikan Pancasila dan pluralisme secara lebih “membumi” sehingga menarik dibaca semua kalangan. Dalam penyusunan buku ini, penulis menitikberatkan pada pendekatan teoretis, kemudian memadukannya dengan pembahasan substansi yang kontemporer. Buku ini banyak memuat peristiwa aktual sebagai bagian dari pembahasan, utamanya pada bagian implementasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan implementasi pluralisme. Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta mengimplementasikan falsafah Pancasila dan keberagaman (pluralisme) dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap keputusan yang diambil. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta ...

Insan Berkarakter Pancasila

Paradigma Baru dalam Membumikan Pancasila dalam Perbuatan

Pada dasarnya, Pancasila berperan sebagai pemersatu bangsa. Tanpa hadirnya Pancasila, Indonesia memiliki kemungkinan untuk runtuh. Hal ini membuat kita sebagai rakyat Indonesia perlu memahami serta mengamalkan Pancasila di kehidupan sehari-hari. Buku Insan Berkarakter Pancasila: Paradigma Baru Membumikan Pancasila dalam Perbuatan menjadi bahan bacaan yang cocok untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada Pancasila saat ini. Memahami Pancasila dari wawasan dasarnya, melihat kandungan nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila. Melihat Pancasila dalam segi hukum dan realita hubungan Pancasila dengan hukum saat ini. Tentu saja, wawasan dasar Pancasila tidak akan berguna jika tidak dipraktikkan. Buku ini juga menyajikan contoh aktualisasi pengamalan Pancasila, bagaimana menciptakan karakter Pancasila, membudayakan Pancasila di era digital. Tidak luput, pembaca juga dapat melatih diri sendiri mengamalkan Pancasila dalam perbuatan dengan menggunakan pancasilaist to do list di dalam buku ini. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan masyarakat Indonesia dalam memahami, memaknai, serta melaksanakan Pancasila di kehidupan sehari-hari dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh anak bangsa dan peminat pengembangan pendidikan karakter Pancasila di seluruh Nusantara.

Buku Insan Berkarakter Pancasila: Paradigma Baru Membumikan Pancasila dalam Perbuatan menjadi bahan bacaan yang cocok untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada Pancasila saat ini.

Pancasila dalam Pendidikan Humaniora

Interkulturalisme dan Globalisasi-Internasionalisasi

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Diskursus-diskursus akademik adalah salah satu upaya yang dilakukannya. Diskursus ini terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan oleh organisasi pergerakan jaman dulu seperti Budi Utomo, Indonesische Studieclub, dan Algemene Studieclub. Buku ini merupakan pengupayaan akademik yang berkaitan dengan ke-Pancasila-an secara dialogis. Kemudian Pancasila didudukkan sebagai basis moral dari segi pendidikan kemanusiaannya, nilai-nilai kebudayaan dan kecenderungan tantangan yang disebabkan pengaruh globalisasi dan paham-paham internasional. Maka tidak berlebihan jika isi buku ini sangat relevan untuk dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi para pemerhati kebangsaan dan para Pancasilais yang memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap nasib bangsa ini.

Di tengah arus perkembangan zaman, Pancasila tetap dijaga keberadaannya untuk terus diteguhkan menjadi identitas dan nilai-nilai kebangsaan.

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH : Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar

Buku "Teknik Penulisan Karya Ilmiah" adalah panduan yang komprehensif cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar untuk peneliti, mahasiswa, dan siapa pun yang ingin menguasai keterampilan menulis karya ilmiah yang efektif. Buku ini mengulas langkah-langkah penting dalam proses penulisan karya ilmiah, mulai dari memilih topik penelitian hingga penyuntingan dan format penulisan. Pembaca akan dipandu dalam menyusun rencana penelitian yang terstruktur, mengumpulkan bahan dengan baik, dan menyusun pendahuluan serta tinjauan pustaka yang kuat. Metodologi penelitian, analisis data, hasil penelitian, dan diskusi juga dibahas dengan detail. Buku ini juga memberikan pedoman teknik penyusunan daftar pustaka yang tepat. Selain itu, penulis juga menyoroti pentingnya tata bahasa dan ejaan, dan penyuntingan format yang baik dalam penulisan karya ilmiah. Dengan buku ini, pembaca akan memiliki sumber daya yang berharga untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi.

Buku "Teknik Penulisan Karya Ilmiah" adalah panduan yang komprehensif cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar untuk peneliti, mahasiswa, dan siapa pun yang ingin menguasai keterampilan menulis karya ilmiah yang efektif.

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah)

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki. M.Pd.I., Dr. Rasto, M.Pd., Siha Abdurohim, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 145 Halaman ISBN : 978-623-62334-0-5 Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STKIP Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Panduan Penulisan Karya Ilmiah ( Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) Penulis : Dr. H. Masduki.

Buku Ajar Etika Profesi Guru

Pembahasan tentang profesi melibatkan istilah-istilah lain yang berkaitan, yaitu profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. agar saudara-saudara dapat memahami perbedaan diantara istilah-istilah tersebut, pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat pengertian-pengertian profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. Istilah “profesi” menunjuk pada suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut. Tujuan dari pembuatan buku ajar ini adalah sebagai buku panduan bagi mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi Guru. Selain itu, isi buku ajar ini dapat dijadikan pembelajaran dan pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari bagi pendidik ataupun calon pendidik. Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Manajemen Pers Dakwah

Dari Perencanaan Hingga Pengawasan

Sebagai sebuah proses komunikasi, kegiatan dakwah dapat menggunakan pelbagai media, dan pers atau jurnalistik adalah sebuah kebutuhan yang tak terelakkan pada zaman modern sekarang ini. Pada zaman modern sekarang ini juga tuntutan akan sebuah manajemen adalah sebuah keniscayaan. Buku ini memberikan jawaban atas kelangkaan acuan pada manajamen pers dakwah yang dibutuhkan oleh banyak pihak, terutama para mahasiswa, kaum terpelajar dan praktisi pers Islam.

Sebagai sebuah proses komunikasi, kegiatan dakwah dapat menggunakan pelbagai media, dan pers atau jurnalistik adalah sebuah kebutuhan yang tak terelakkan pada zaman modern sekarang ini.

RECOVERY MUTU MADRASAH

Konsep dan Analisis Kinerja Manajerial, Budaya Madrasah, dan Partisipasi Masyarakat

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat. Di samping itu, madrasah juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman di mana semua aspek berubah dengan cepatnya. Maka dari itu perlu adanya peningkatan mutu madrasah dan kapasitas para pihak seperti kepala madrasah, dan guru-pengajar. Bahkan partisipasi masyarakat juga menjadi elan vital dalam pentingkatan mutu madrasah. Buku ini lahir berdasarkan sebuah pertanyaan tentang “seberapa besar pengaruh kinerja manajerial kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah?” Maka untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan suatu konsep yang jelas, analisis kritis, dan pemikiran transformatif dalam mewujudkan mutu madrasah. Oleh karenanya untuk memperdalam kajian, buku ini juga diperkaya dengan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam kinerja kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah, dan partisipasi masyarakat. Komponen-komponen tersebut memang seharusnya mampu bersinergi, agar terwujud hasil kinerja yang optimal dan tentunya mampu meningkatkan mutu madrasah.

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat.