Sebanyak 1149 item atau buku ditemukan

Pengembangan silabus mata pelajaran dayah berbasis kurikulum 2013

penelitian dan pengembangan pada Dayah Jemala Amal Lueng Putu Pidie

On 2013 curriculum for Islamic religious training center in Nanggroe Aceh Darussalam Province, Indonesia.

Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Semakin meningkatnya kemampuan berpikir masyarakat, semakin bermunculan pula gagasan progresif dan imajinatif dalam memajukan pendidikan kita. Tanpa perubahan pada tiap masanya, pendidikan di Indonesia akan tertinggal jauh dari negara lain. Perlu upaya perbaikan, kontinuitas dalam mengevaluasi tiap pelaksanaan kurikulum, melakukan terobosan tepat dalam mendesain pendidikan merupakan sebuah keharusan. Bagi penulis, titik kesempurnaan tanpa tiada hasil, manakala proses perbaikan tidak dijalankan secara menyeluruh oleh pelaku pendidikan. Pada saatnya nanti, masyarakat akan merasakan betapa pentingnya proses perubahan tersebut. Masyarakat juga akan menilai tentang dinamika serta kemajuan pendidikan saat ini. Menjadi sebuah kewajaran apabila kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami perubahan, karena pada hakikatnya kurikulum yang dirubah mengacu pada kebutuhan peserta didik dan berkiblat pada peluang serta tantangan yang akan dihadapi pada masa mendatang. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Kurikulum mencerminkan falsafah hidup bangsa, ke arah mana dan bagaimana bentuk kehidupan itu kelak akan ditentukan oleh kurikulum yang digunakan oleh bangsa tersebut sekarang. Nilai sosial, kebutuhan dan tuntutan masyarakat cenderung mengalami perubahan antara lain akibat dari kemajuan ilmu pengatahuan dan teknologi. Kurikulum harus dapat mengantisipasi perubahan tersebut, sebab pendidikan adalah cara yang dianggap paling strategis untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Buku Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Infografi dan Peta Tematik

Dalam metode komunikasi, infografi dapat digunakan secara efektif untuk menjelaskan sebuah informasi melalui penggabungan kata-kata atau kalimat yang kuat serta dukungan gambar yang relevan. Dalam pengembangannya, infografi saat ini digunakan secara luas baik dalam mempromosikan sebuah produk, menjelaskan sebuah kebijakan hingga sebagai salah satu instrumen pengajaran yang efektif kepada mahasiswa. Infografi saat ini digunakan di banyak lembaga internasional dan nasional untuk menjelaskan isu-isu penting kepada masyarakat luas, melalui media sosial, seperti: facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Hal ini tentu sejalan dengan perkembangan teknologi dan preferensi masyarakat yang sangat menyukai visualisasi yang menarik.

Dalam metode komunikasi, infografi dapat digunakan secara efektif untuk menjelaskan sebuah informasi melalui penggabungan kata-kata atau kalimat yang kuat serta dukungan gambar yang relevan.

Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan konsep, teori, metodologi penelitian dan meng-aplikasikannya ke dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teori pengertian dan dasar-dasar penelitian, tujuan, fungsi, asumsi, dan karakteristik penelitian, jenis Penelitian dan perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, masalah penelitian, kajian pustaka, populasi dan sampel, variabel, instrumen penelitian, data dan sumber data

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.

Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan

Disajikan dalam 13 bab utama beserta subbab dengan pembahasan dan uraian yang komprehensif, yang disesuaikan dengan kerangka kajian yang simpel dan mudah dicerna. Topik bahasan utama metode penelitian pendidikan dan pengembangan ini, antara lain: Pengetahuan dan pendekatan ilmiah Hakikat penelitian pendidikan Mengidentifikasi dan merumuskan masalah Kajian pustaka dalam penelitian Cara merumuskan hipotesis penelitian Mengidentifikasi dan mendefinisikan variabel penelitian Validitas: internal dan eksternal Memilih dan menentukan rancangan penelitian Menentukan populasi dan sampel penelitian Mengembangkan instrumen penelitian Teknik analisis data penelitian Menyusun proposal dan laporan penelitian Buku persembahan penerbit prenadaMedia

Topik bahasan utama metode penelitian pendidikan dan pengembangan ini, antara lain: Pengetahuan dan pendekatan ilmiah Hakikat penelitian pendidikan Mengidentifikasi dan merumuskan masalah Kajian pustaka dalam penelitian Cara merumuskan ...

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan

Buku ajar (textbook) ini mempertegas ihwal penelitian (research) sebagai suatu sistem yang terintegratif. Di mana ketepatan hasil penelitian bukan hanya ditentukan oleh satu aspek, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor di dalam dan di luar objek penelitian. Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Menyadari kaidah ini, sistematika kajian dan pembahasan mengenai Metode Penelitian ini disajikan secara konseptual yang mencakupi metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Metode Penelitian Pendidikan

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas. Pada bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan definisi-definisi penting dalam memahami isi buku ini. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada masing-masing, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap dan mantap serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Buku yang terdiri dari 10 bab ini membahas mengenai: konsep dan jenis- jenis penelitian, ruang lingkup penelitian pendidikan, teori dan variabel penelitian, merumuskan masalah penelitian, pengumpulan data penelitian, skala pengukuran, populasi dan teknik sampling, validitas instrumen tes hasil belajar, reliabilitas instrumen tes hasil belajar, dan analisis data dan pengujian hipotesis. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan ...

Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam

Penelitian merupakan kegiatan untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada di sekitar kita, sekaligus sebagai motor penggerak yang menghasilkan ilmu pengetahuan. Melalui buku ini, kita dapat memahami bagaimana sebuah prosedur penelitian mulai dari penentuan masalah, pelaksanaan sampai dengan pelaporannya, sehingga sangat komprehensif sebagai referensi penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Semoga dapat memberikan acuan bagi semua dalam proses dan pelaksanaan kegiatan penelitian. Buku persembahan penerbit prenadaMedia

Topik dan Masalah Penelitian □ Kebijakan Perbankan (Banking Policy). ... Manajemen Risiko Fiskal (Fiscal Risk Management). □ Hubungan Karyawan. ... Contoh Topik Penelitian Ekonomi dan Keuangan Islam □ Fundamentals of Islamic Finance.