Sebanyak 2902 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN KURIKULUM

Buku ini ditulis oleh delapan penulis yang terinspirasi dari mata kuliah Pengembangan Materi Ajar. Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model Pengembangan Kurikulum, Perencanaan Kurikulum, Implementasi Kurikulum 2013, dan Model- Model Evaluasi Perkembangan Kurikulum.

Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model ...

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Buku ini, membahas tentang 9 (sembilan) bagian utama, yaitu (1) sikap dan perilaku wirausaha; (2) peluang usaha; (3) konsep desain / prototype dan kemasan produk barang / jasa; (4) proses kerja pembuatan prototype produk; (5) Menganalisis Lembar Kerja/ Gambar Kerja Untuk Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa; (6) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (7) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (8) menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa; (9) menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa. Bagi siswa yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan , bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi belajar. Bahan ajar ini dapat dikolaborasikan dengan media Vocationalogy yang dapat diakses secara online di www.vocationalogy.com dalam pembelajaran Blended Learning di era pandemi Covid-19. Bahan ajar ini jika dikolaborasikan dengan media Vocationalogy akan memberikan pengalaman belajar yang utuh bagi siswa SMK dalam mempelajari teori maupun praktikum dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Islamic Quality Education Management

Permasalahan utama pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, mulai pendidikan dasar dan menengah, demikian pula pada taraf pendidikan tinggi. Untuk itu perlu dilakukan upaya agar dapat menyelenggarakan pendidikan bermutu, efektif, dan komprehensif sehingga dapat menghasilkan output atau SDM yang juga bermutu dan berdaya saing tinggi sesuai kebutuhan. Secara internal, sekolah memiliki perangkat, yaitu: guru, murid, kurikulum, sarana, dan prasarana. Dan secara eskternal sekolah memiliki dan akan selalu berhubungan dengan instansi lain baik secara vertikal maupun horizontal. Hendaknya diketahui bahwa dalam konteks pendidikan, sekolah memiliki stakeholder, seperti murid, guru, masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha. Oleh karena itu sekolah perlu dikelola secara profesional, sehingga dapat menghasilkan SDM yang bermutu, sesuai tuntutan dan kebutuhan semua pihak yang berkepentingan. Untuk itu, dalam memandang, memperbaiki, dan menyelesaikan permasalahan pendidikan, harus dimulai dari visi, kurikulum, mutu pengajar, sarana dan prasarana, hingga peserta didik. Melalui buku Islamic Quality Education Management ini penulis memberikan solusi bagaimana caranya mengelola pendidikan bermutu, sehingga dapat melahirkan insan bermutu sesuai tuntutan stakeholder, agama, dan akhirnya dapat berfaedah bagi masyarakat, nusa, dan bangsa.

Dengan e-learning, kita tidak hanya memperkenalkan teknologi baru untuk pembelajaran, tetapi kita juga memperkenalkan cara baru untuk berpikir tentang pembelajaran. Banyak usaha pada penggunaan teknologi untuk pembelajaran tidak dapat ...

NEVER DIES : Alternative Islamic Education

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ruang Publik

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam. Sebagai bentuk rasa gelisah akan Pendidikan Islam – pada era post-truth yang penuh dengan VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) ini – sering mendapatkan sindiran akan tidak berhasilnya Pendidikan Islam itu sendiri. Di dalam buku ini ada 6 penelitian yang hasilnya sangat menakjubkan dalam dunia Pendidikan Islam, dalam tulisan Pertama, Pendidikan Islam yang bergerak dan berpengaruh dalam bidang Ekonomi, Kedua, Pendidikan Islam Partisipatoris yang bergerak di Masyarakat dalam bidang Keagamaan, Pendidikan dan Budaya, Ketiga, Modernisasi Pendidikan Islam yang selama ini dianggap selalu konvensional, Keempat, Integrasi Pendidikan Islam yang bergerak dalam bidang Budaya Alam (Sunnatulloh), Kelima, Pendidikan Islam yang menyenangkan dalam mentalitas Akademik dan Keahlian yang mendunia, Keenam, Pendidikan Islam yang bergerak dalam Budaya Pemimpin serta Perekonomian.

Buku ini ditulis tak lain adalah hasil penelitian dari 6 orang Mahasiswa Doktor Studi Islam UIN Sunan Kalijaga yang berkonsentrasi pada Kependidikan Islam.

Pedagogy in Islamic Education

The Madrasah Context

This book provides an understanding of pedagogy rooted in the developments of Islamic Education. It is the first book to explore this in the Madrasah context. The focus on Islamic pedagogy provides a way to explore knowledge, spirituality and education that is shaped by a universal approach to personalised learning.

Al-Shaybany3 defines Islamic philosophy of education as '[...] a temptation towards the implementation of theory and methodology of philosophy in the area of human experience named as education'. Therefore, its function is to consider ...

Supporting Modern Teaching in Islamic Schools

Pedagogical Best Practice for Teachers

Supporting Modern Teaching in Islamic Schools: Pedagogical Best Practice for Teachers advocates the revamp of the madrasah system and a review of the Islamic curriculum across Muslim countries and emphasises training needs for Islamic teachers for modern instructional practice. Islamic schools across Muslim countries face 21st-century challenges and teachers need continuing professional development to help them keep abreast of modern teaching practice. Books, papers, educators and parents have consistently called for curriculum change to transform teaching and learning in Islamic schools. Divided into three unique parts, Part 1 of the volume focusses on content knowledge, pedagogy and teaching methods; Part 2 highlights professional development, responsibilities and lifelong learning; and Part 3 comprises chapters on Islamic curriculum review, reform and Islamisation of knowledge. Scholars from the United States, United Kingdom, Europe, Canada, Australia, New Zealand, Asia and Africa review the Islamic curriculum to highlight areas for further improvement and provide modern techniques and methods of teaching for pedagogical best practices and effective outcomes in Islamic schools. With these contributions, this volume will be of interest to OIC countries, Islamic student teachers and Islamic teachers who work in international and local settings.

Studies in Continuing Education, 22(2), 169–182. Dută, N. & Rafailă, E. (2014). Importance of the lifelong learning for professional development of university teachers–needs and practical implications. Procedia-Social and Behavioral ...