Sebanyak 768 item atau buku ditemukan

Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer

Berbicara mengenai ideologi, makna ideologi secara definitif mengalami perkembangan dari masa ke masa. Pada awalnya, ideologi diartikan sebagai ilmu tentang ide (Destutt de Tracy) kemudian berkembang ke arah pengertian yang bercorak pejoratif dan negatif (Marx dan Marxis), di mana ideologi dipahami sebagai bentuk ilusi, kekuasaan, kesadaran palsu, dan hegemoni. Berikutnya, seorang non-Marxis, Karl Mannheim menyumbangkan pemikirannya dengan mengemukakan pengertian baru, yakni ideologi sebagai pandangan hidup, weltanschauung atau world view.

Buku Ideologi politik pendidikan kontemporer ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum

Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa serta mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam. Namun pendidikan agama (juga Pendidikan Agama Islam) di lembaga pendidikan umum termasuk pada Perguruan Tinggi Umum belum terdapat posisi yang diharapkan oleh sebagian kalangan. Hal ini terutama dalam sistem pembelajarannya, legitimasi dari lingkungan kampus, dan porsi jam mata kuliahnya. Walaupun tak dipungkiri adakala ditemui fasilitas dan berbagai kegiatan keagamaan Islam di kampus PTU. Misalnya tersedianya Masjid, laboratorium PAI, buku bernuansa agama Islam, ekstrakurikuler (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bernuansa Islam, dan diadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian. Ataupun bentuk kegiatan ilmiah dan formal yang bernuansa Islam, salah satu contohnya diadakan pembekalan keagamaan bagi mahasiswa baru saat dilaksanakan proses orientasi (OSPEK).

Pengembangan materi yang disesuaikan dengan Prodi misalnya jika Dosen PAI mengajar Prodi Manajemen Ekonomi maka pengembangan materi yang dilakukan berkaitan dengan Ilmu Ekonomi yang ada dalam ajaran Islam (ekonomi Syariah).

Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila

Pendidikan pancasila merupakan nama mata kuliah yang terdapat pada kurikulum pendidikan tinggi. Pendidikan pancasila yang dilaksanakan secara demokratis, dapat diartikan sebagai pendidikan harus bersifat terbuka bagi siapa pun, mempunyai nilai-nilai keadilan dan tidak diskriminatif karena suku, ras, dan budaya. Hal ini menggambarkan substansi pendidikan yang berbasis pancasila.

Hal ini menggambarkan substansi pendidikan yang berbasis pancasila. Buku Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Kewarganegaraan

Berbasis Multikulturalisme Perspektif Psikologi Sosial Islam

Keragaman masyarakat dapat menimbulkan kerawanan konflik, sebagaimana sejarah Kota Surakarta. Kerusuhan tahun 1998 telah merusak kerukunan masyarakat Surakarta dan menyadarkan betapa pentingnya menjaga kerukunan dalam keragaman. Untuk mencegah terjadinya konflik, diperlukan pemahaman warga masyarakat terhadap multikulturalisme dalam masyarakat yang beragam. Pemahaman multikulturalisme dapat diajarkan melalui pembelajaran PKn berbasis multikulturalisme dalam perspektif psikologi sosial Islam. Pendidikan Kewarganegaraan: Berbasis Multikulturalisme Perspektif Psikologi Sosial Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan Kewarganegaraan: Berbasis Multikulturalisme Perspektif Psikologi Sosial Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Sistem Informasi Akuntansi Dengan Pendekatan Simulasi

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu ilmu yang berkembang sangat dinamis sesuai dengan perkembangan industri. Buku ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman, memperkecil gap pengetahuan dan memperluas pengetahuan. Buku ini menggunakan model simulasi mulai dari bab pertama hingga bab terakhir dengan tujuan untuk memudahkan pembaca memperoleh pemahaman penerapan sistem informasi akuntansi pada dunia industri.

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu ilmu yang berkembang sangat dinamis sesuai dengan perkembangan industri.

Metode Penelitian Sistem 3x Baca

Pembahasan materi dalam buku ini diawali dengan masalah penelitian, sumber masalah, kajian teori, variabel, jenis variabel, teknik pengumpulan data, populasi, sampel, dan analisis data. Materi yang di bahas dalam buku ini merupakan ringkasan dari pengetahuan secara teori, pendapat para pakar serta pengalaman para pakar di bidang metodologi. Pembahasan buku ini juga di dasarkan pengalaman penulis mengampu mata kuliah berkaitan dengan metode penelitian yang semuanya disajikan dalam bentuk bahasa yang sederhana agar mudah dipahami.

Pembahasan materi dalam buku ini diawali dengan masalah penelitian, sumber masalah, kajian teori, variabel, jenis variabel, teknik pengumpulan data, populasi, sampel, dan analisis data.

Manajemen Pendidikan

Buku Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai ilmu pengetahuan itu sendiri telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Manajemen juga sebagai suatu seni, karena di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, bagaimana cara memerintahkan orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakikatnya kegiatan manusia umumnya adalah managing (mengatur). Untuk mengatur di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasi-kan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Manajemen pendidikan merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan, sehingga menghasilkan impact yang diinginkan. Kenyataannya, banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan.

Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Buku Manajemen pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran

Secara umum manusia yang tidak mengevaluasi diri maka akan kebablasan hidup dan kehidupannya. Demikian juga pendidikan harus mempunyai arah dan tujuan serta menuju arah dan tujuan itu perlu perbaikan dan peningkatan, itulah makna evaluasi. Kata lain bagi masyarakat Indonesia evaluasi adalah introspeksi, tujuan introspeksi adalah perbaikan dan peningkatan. Itulah semangat yang mendasari bahasan Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran sebagaimana judul buku ini. Oleh karena evaluasi adalah introspeksi maka demikian pun tulisan yang ada dibuka ini harus diintrospeksi dan dikoreksi oleh pembaca dalam rangka perbaikan dan peningkatan. Sebagai manusia yang “Dhoif” atau lemah banyak keterbatasan yang dimiliki, oleh karenanya sebagai ikhtiar kesempurnaan buku ini, dengan senang hati menerimanya untuk perbaikan dan peningkatan. Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Teknik Evaluasi Pembelajaran

Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang mengandung kata dasar value "nilai". Kata value atau nilai dalam istilah evaluasi berkaitan dengan keyakinan bahwa sesuatu hal itu baik atau buruk, benar atau salah, kuat atau lemah, cukup atau belum cukup, dan sebagainya. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu proses mempertimbangkan suatu hal atau gejala dengan mempergunakan patokan-patokan tertentu yang bersifat kualitatif, misalnya baik-tidak baik, kuat lemah, memadai-tidak memadai, tinggi rendah, dan sebagainya. Suchman memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Sedangkan Worthen dan Sanders mengemukakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu: dalam pencarian tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternatif strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran

Pemahaman mengenai prosedur evaluasi merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh calon guru maupun kelompok masyarakat yang memiliki profesi sebagai orang yang membantu siswa dalam belajar baik instruktur, guru, tutor dan lain-lain. Tujuan penulisan buku prosedur evaluasi pembelajaran ini adalah untuk memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada kelompok tersebut agar dalam melaksanakan evaluasi sesuai prosedur sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat memiliki akuntabilitas tinggi. Prosedur tersebut juga dapat memberikan dampak pada pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data. Prosedur evaluasi yang diuraikan dalam buku ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) merencanakan, (2) melaksanakan dan (3) melaporkan hasil evaluasi.

Pendahuluan Beberapa mengira bahwa hasil pembelajaran merupakan data numerik yang dihasilkan siswa setelah mereka berhasil menunjukkan kinerja melalui ujian. Namun demikian, pada kenyataannya pengertian hasil pembelajaran ternyata lebih ...