Sebanyak 7718 item atau buku ditemukan

Penerapan Media Pembelajaran dalam Memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Arab

Di sisi lain mereka bahkan lebih banyak menggunakan bahasa daerah masing-masing dalam berkomunikasi yaitu bahasa Bugis karena kebanyakan mereka berasal dari suku bugis. Bahasa arab hanya digunakan ketika belajar di kelas itupun hanya ...

Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas

(Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21)

Buku ini menghadirkan pemikiran hasil penelitian mengenai pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas yang dapat diterapkan pada pembelajaran di Abad 21. Di dalamnya dilengkapi gambaran beserta contoh bagaimana membelajarkan sains yang mudah dan menarik bagi siswa SD yang selama ini dirasakan sulit bagi guru. Bagi calon guru buku ini juga memberikan bekal dan pengalaman untuk mengajarkan sains bagi siswa SD. Buku Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas (Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku ini menghadirkan pemikiran hasil penelitian mengenai pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas yang dapat diterapkan pada pembelajaran di Abad 21.

Paradigma baru pembelajaran keagamaan di madrasah ibtidaiyah

Essays on religious learning in Islamic elementary school in Indonesia.

Dalam teori dan praktik pembiayaan pendidikan , baik pada tataran makro
maupun mikro , dikenal beberapa kategori biaya pendidikan ( Anwar , 1991
dalam Supriadi , 2003 ) . Pertama , biaya langsung ( direct cost ) dan biaya tidak
langsung ...

Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Pada bagian awal, dikupas paradigma baru pendidikan dan manusia sebagai makhluk belajar serta hubungan jiwa dan fitrah dengan kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, pokok bahasan berkisar pada berbagai aliran dalam pendidikan dan pembelajaran, konsep, teori, dan metode dalam belajar serta mengajar. Di bagian akhir, buku ini ditutup dengan paparan mengenai keberhasilan belajar mengajar, faktor yang memengaruhinya dan pandangan Islam mengenai keberhasilan belajar mengajar. --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

Metodologi Penelitian Pendidikan

buku ajar praktis cara membuat penelitian

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.

Metodologi Penelitian Kefarmasian Edisi 2

Penulis : Muhamad Zainuddin Penerbit : Airlangga University Press ISBN : 978-602-7924-61-1 Tahun terbit : 2014 Bahasa : Indonesia Sampul : Soft cover Ukuran : 15,8 x 23 cm Jumlah Halaman : xii, 139 hlm Metodologi Penelitian adalah kajian tentang metode bagaimana melakukan penelitian untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah yang baru sesuai dengan kaidah-kaidah yang digunakan oleh masyarakat ilmiah. Secara garis besar ada dua macam pendekatan penelitian, yaitu: pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Substansi dalam buku ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penekanan pada konsep dasar deduktif-kuantitatif melalui pergerakan cara berpikir logico-hipothetico-empirico. Berdasarkan pendekatan tersebut, maka sistematika buku ini dimulai dari Bab I yang menjelaskan secara umum tentang: Pengertian Penelitian dan Peranan Penelitian dalam Pengembangan Ilmu dan Teknologi. Bab II menjelaskan tentang: Langkah-Langkah Pokok dan Pendekatan dalam Penelitian. Bab III tentang: Permasalahan Penelitian sebagai langkah awal sebuah penelitian. Bab selanjutnya merupakan pokok bahasan yang menjadi ciri utama pendekatan kuantitatif, yaitu: Bab IV tentang: Studi Kepustakaan, Kerangka Teoretis dan Hipotesis, Bab V tentang: Variabel dan Definisi Operasional. Bab VI tentang: RancanganPenelitian, Bab VII tentang: Konsep Dasar Rancangan Eksperimental, Bab VIII tentang: Klasifikasi dan Jenis Rancangan Eksperimental, Bab IX tentang: Rancangan Penelitian Observasional, Bab X tentang: Rancangan Penelitian Survei, Bab XI tentang: Metode Sampling dan Jumlah Sampel, dan Bab XII tentang: Peranan Statistik Dalam Penelitian.

Penelitian Sekunder adalah penelitian yang datanya tidak dikumpulkan sendiri oleh peneliti. ... Penelitian Komunikasi atau Survei adalah penelitian yang cara pengumpulan datanya dilakukan dengan cara komunikasi dengan subjek penelitian ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.