Sebanyak 121 item atau buku ditemukan

Manajemen Industri Kreatif

Teori dan Aplikasi

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif. Ketika kompetisi ekonomi global kian terbuka lebar agaknya yang menjadi kekuatan andalan Indonesia adalah sektor industri kreatif. Sektor industri kreatif menjadi penyangga ekonomi nasional. Di saat kondisi perekonomian di sektor industri dan perdagangan mengalami kelesuan akibat kompetisi global, sektor ekonomi dan industri kreatif nampaknya menjadi alternatif ekonomi yang bertahan. Yang menarik pada buku ini adalah perhatian dan kepedulian Penulis kepada industri kreatif. Meski di tulis dengan kemasan buku ajar, namun saya mendapat beberapa catatan yang ingin saya ketengahkan pada pengantar dalam buku ini: Pertama, buku ini buku akademik yang di tulis oleh dosen kewirausahaan sekaligus merupakan seorang pelaku industri kreatif yang sedang studi di program doktor ilmu manajemen di Universitas Airlangga yang memiliki banyak pengalaman empirik. Kedua kegigihan penulis untuk menggerakkan sektor industri kreatif, khususnya di kalangan akademisi kampus dengan mencoba membangun konsep mengintegrasikan teori dengan aplikasinya di lapangan. Tentu tidak hanya mengalir, buku ini juga mampu menguraikan secara jelas dan gamblang konsep dasar manajemen industri kreatif dan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan manajerial. Topi yang dibahas di dalam babnya cukup variatif. Mulai dari definitif hingga implementatif. Buku yang ditulis dalam delapan (8) Bab ini tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Sarjana (S1) Program Studi Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi pengajar di bidang Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di kelas perkuliahan serta para pelaku usaha di sektor industri kreatif. Semoga dengan hadirnya buku ini bisa menjadi salah satu jendela ilmu pengetahuan akan memperluas wawasan sekaligus menggiatkan dialog keilmuan khususnya di bidang Manajemen Industri Kreatif. Selamat membaca. Gresik 23 September 2020 Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif.

Aplikasi Strategi Bisnis untuk Pemula UMKM dan Mahasiswa

Membaca buku ini lembar demi lembar, Anda akan dibawa pada paparan manajemen strategi secara sederhana. Manajemen strategi membantu sebuah bisnis untuk melakukan analisis stratejik, yaitu: mengidentifikasi di mana posisi bisnis kita saat ini, mengidentifikasi ke arah mana tujuan kita di masa depan yang paling menguntungkan, dan bagaimana cara bisnis kita menuju ke arah tersebut. Tahukah Anda, ternyata manajemen strategi sejatinya sederhana, namun justru kerap diabaikan oleh para pegiat usaha pemula, terutama di lingkup usaha kecil, mikro, dan menengah. Sementara, penerapan manajemen strategi justru ditekuni secara total oleh perusahaan menengah dan raksasa, seluruh dunia. Mengapa? Urgensi menjawab pertanyaan ini menjadi salah satu alasan Prasetiya Mulya Publishing untuk menerbitkan buku ini. Kami yakin, seluruh pebisnis dalam industri dan skala apa pun membutuhkan penerapan manajemen strategi agar memiliki peluang meraih kesuksesan bisnis lebih besar melalui keunggulan daya saing jangka panjang. Selamat membaca.

Membaca buku ini lembar demi lembar, Anda akan dibawa pada paparan manajemen strategi secara sederhana.

Prasetiya Mulya EDC On Entrepreneurship Education

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan. Hasil dari suatu pendidikan kewirausahaan, tidak hanya di Indonesia, masih sering dipertanyakan. Setelah melalui proses pendidikan kewirausahaan, siswa akan menjadi apa atau menjadi bagaimana? Pertanyaan tentang hasil yang dapat diukur dari suatu proses pendidikan adalah hal yang wajar, karena menyangkut penggunaan sumber daya yang tidak sedikit, dan waktu yang cukup banyak dialokasikan oleh para siswa di dalam program. -Prasetiya Mulya Publishing-

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan.

KESANTUNAN BERBAHASA, PENDIDIKAN KARATER, DAN PEMBELAJARAN YANG HUMANIS

Buku Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis ini merupakan buku referensi bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora. Dalam buku ini dijaki berbagai topik dalam ketiga bidang tersebut. Dalam berbahasa yang santun, kita berupaya menjaga muka mitra tutur sehingga mereka terselamatkan dari tindak pengamcaman muka. Dengan demikian akan terbangun interaksi yang harmonis. Untuk itu perlu dipahami berbagai strategi kesantunan, prinsip kesantunan, dan parameter kesantunan. Santun berbahasa merupakan salah satu karakter penting yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Santun menjadi salah satu nilai yang harus diberikan dalam pendidikan karakter. Dalam buku ini dikaji secara mendalam berbagai topik pendidikan karakter, ketika dosen dan guru berkarakter santun, mereka dapat menjadi model bagi peserta didik. Seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sugn Tuladha, dosen da guru harus mampu menjadi teladan; menjadi model bagi peserta didik. Seperti disampikan oleh Lickona (1993), keteladanan atau pemodelan ini menjadi salah satu strategi yang penting dalam Pendidikan karakter. Dosen dan guru yang berkarakter santun akan dapat mengembangkan pembelajaran yang humanis. Bagaimana mereka dapat lebih memanusiakan peserta didik. Dalam pembelajaran yang humanis kita melihat fenomena bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif. Peserta didik ditempatkan sebagai pusat pembelajaran (centre of learning) dalam aktivitas belajar. Peserta didik menjadi pelaku dalam memaknai pengalaman belajarnya sendiri. Dengan demikian, peserta didik diharapkan mampu menemukan ptensinya dan mengembangkan potensi tersebut secara maksimal. Peserta didik bebas berekspresi cara-cara belajarnya sendiri. Mereka juga dibebaskan dan diberi ruang untuk berkreasi. Peserta didik menjadi aktif dan tidak sekedar menerima informasi yang disampaikan oleh dosen atau guru. Kajian Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis dalam buku ini dapat digunakan untuk menambah dan memperluas wawasan bagi pelaku pembelajaran dan penggiat pendidikan

Buku Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis ini merupakan buku referensi bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora.

Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang

Sistematika buku Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Metodologi Penelitian Ilmu Komputer, Metodologi Penelitian Ilmu Komunikasi, Metodologi Penelitian Ekonomi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Metodologi Penelitian Kesehatan, Metodologi Penelitian Kebidanan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Metodologi Penelitian Pertanian, Metodologi Penelitian Pariwisata, Metodologi Penelitian Teknik, dan Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Metodologi Penelitian.

Sistematika buku Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Manajemen Talenta ASN (Kementerian Hukum dan HAM)

PRAKATA Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga saat ini masih sering dipertanyakan dan bahkan kerap diragukan. Masyarakat masih beranggapan bahwa ASN identik dengan sikap “suka-suka”, tidak kompeten, arogan, kurang melayani, dan sederet stigma negatif lainnya. Jika kita mencermati, sistem manajemen kinerja ASN yang diterapkan di beberapa instansi, ternyata juga masih belum maksimal. Alokasi anggaran untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi pemerintahan, faktanya masih tergolong minimalis. Lantas, apa yang bisa kita lakukan bersama? Apakah ASN yang smart dan profesional hanya akan menjadi impian belaka? Tentu tidak! Karena perbaikan tidak harus selalu dimulai dari atas ke bawah, tidak pula harus menunggu sistem manajemen sumber daya ASN terbangun dengan baik. Perbaikan nyatanya dapat dimulai dari suatu langkah kecil yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh insan progresif yang identik dengan idealisme dan energinya yang menggelora, ialah para ASN Muda. Tulisan dalam buku ini dapatlah dikatakan sebagai sebuah ikhtiar, untuk memenuhi panggilan perubahan. Meski, mungkin masih jauh dari kesempurnaan, buah pemikiran yang tertuang dalam untaian tulisan, diharapkan mampu menjadi kristal keabadian. Bukti bahwa ASN Muda memiliki kesamaan semangat untuk berjuang. Manajemen talenta terasa sangat pas untuk menjadi tema. Inovasi yang telah terwujud dalam suatu produk hukum ini, telah sering mewarnai ruang-ruang diskusi. Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Analisis Kasus melalui Riset di Industri Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan resiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Disinilah fungsi dari Perusahaan asuransi jiwa, dimana mampu memberikan manfaat dengan tujuan utama adalah untuk menanggung atau menjamin seseorang terhadap kerugian-kerugian finansial di masa yang akan datang. Buku ini mengulas tentang bagaimana fenomena yang terjadi dalam industri asuransi jiwa, sehingga terjadi ketidakpuasan nasabah berdasarkan hasil pengamatan penulis dan riset yang telah dilakukan terhadap beberapa perusahaan asuransi jiwa. Buku ini juga mengulas tentang teori mengenai Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Nasabah, serta bagaimana Kualitas Layanan dan Kepercayaan Dapat Mempengaruhi Peningkatan Kepuasan Nasabah. Penulis juga mengkaji tentang bagaimana strategi pemasaran dalam asuransi jiwa dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Hadirnya buku ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pembaca, baik dari pihak perusahaan asuransi jiwa, nasabah, praktisi asuransi, serta kalangan akademisi. Harapan penulis semoga buku ini dapat menjadi referensi yang layak untuk dibaca oleh para praktiksi dunia asuransi jiwa, serta mahasiswa yang melakukan penelitian tentang kepuasan nasabah asuransi jiwa.

Ubah Strategi I. Progresif Posisi Prudential syariah 0,61 Kelemahan ( 0,80 ) Kekuatan ( 1,89 ) 0,55 IV . Strategi Bertahan II . Diversifikasi Strategi Ancaman ( 1,09 ) Gambar 6. Kuadran SWOT 117.

BUMN Pangan

Berbicara pangan, harus holistik, mencakup daratan dan lautan yang membentang luas. Semua pelaku (petani, peternak, nelayan, pekebun, pelaku bisnis, akademisi, pelaku pelayanan, pelaku keamanan, badan usaha dan komunitas-komunitas, termasuk seniman, desainer dan arsitek), agrokompleks (pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan kehutanan), kesisteman agribisnis (usahatani, penyediaan input, pendistribusian, pengolahan atau peningkatan nilai tambah, pemasaran dan kelembagaan); berbicara pangan, bukan hanya berbicara ketahanan pangan, tetapi kedaulatan pangan. Penebar Swadaya

Berbicara pangan, harus holistik, mencakup daratan dan lautan yang membentang luas.

MODUL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL EDISI PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SMP KELAS IX

Pandemi covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang Kesehatan dan ekonomi saja tetapi juga berdampak pada bidang pendidikan. covid-19 merubah tatanan sistem pembelajaran selama ini yang banyak dilakukan didalam kelas saja. Dengan adanya covid-19, semua komponen yang terlibat didalam proses pembelajaran wajib mengurangi aktivitas yang banyak menimbulkan kerumunan orang guna mencegah tertularnya virus covid-19. Sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan innovative dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kreativitas dan inovasi seorang pengajar sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar selama pandemic covid-19. Salah satu inovasi yang digagas oleh dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten tambrauw provinsi papua barat melalui kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang pendidikan menengah Tenia Kurniawati, M.Pd adalah melahirkan suatu modul yang dapat digunakan siswa untuk belajar dirumah. Modul ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa Ketika dirumah selama pandemic covid-19 meskipun tidak terdapat akses internet. Sehingga proses belajar-mengajar tetap berjalan. Sebagai persembahan hadirnya modul ini, kami turut ucapkan terimakasih kepada Bupati kabupaten tambrauw Gabriel Assem, SE, M.Si dan Sekertaris daerah Kabupaten Tambrauw Engelbert Gabriel Kocu, S.Hut, MM. atas dukungannya dalam pengembangan modul ini. Besar harapan saya, modul ini dapat digunakan seoptimal mungkin oleh siswa-siswi di Kabupaten Tambrauw provinsi Papua Barat. Masukan dan saran sangat diperlukan untuk memperbaiki modul ini.

Selain itu, Benua Asia juga memiliki berbagai macam bahasa. Kalian dapat melihat contohnya di Indonesia memiliki bahasa asli daerah sekitar 600 bahasa daerah. Filipina memiliki sekitar 100 bahasa daerah dan India memiliki sekitar 1.683 ...

Manajemen Peserta Didik

(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan harus dimulai dengan meningkatkan kualitas peserta didik dan kualitas lulusan. Kedua hal tersebut dapat tercapai apabila sebuah lembaga pendidikan dapat melaksanakan pengelolaan (manajemen) dengan baik dan tepat. Oleh karena itu, buku ini hadir dengan berbagai pembahasan terkait manajemen peserta didik, diantaranya mencakup konsep, tujuan dan fungsi, prinsip dan pendekatan, serta ruang lingkup manajemen peserta didik, mulai dari perencanaan, penerimaan peserta didik, sampai dengan evaluasi pembelajaran, termasuk pengaturan mutasi peserta didik, serta bagaimana proses peningkatan kualitas lulusan dari sebuah lembaga pendidikan. Hadirnya buku ini, penulis berharap dapat memberikan pencerahan kepada pendidik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya, sehingga dapat menjalankan proses pengelolaan pendidikan dengan tepat sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

... (Peserta Didik). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Anwar, Sudirman. Management Of Student Development. Riau: Yayasan Indragiri, 2015. Arikunto, Suharsimi ...