Sebanyak 1149 item atau buku ditemukan

Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XII

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian.

Soft Skills untuk Prestasi Belajar

Disiplin Percaya diri Konsep diri akademik Penetapan tujuan Tanggung jawab Komitmen Kontrol diri

Buku ini hadir di hadapan pembaca, baik berstatus peserta didik (mahasiswa atau siswa), pendidik (guru dan dosen), maupun orang tua sebagai media untuk membantu sekaligus memahami posisi soft skills serta berupaya meng- internalisasinya dalam kegiatan pembelajaran guna mendukung pengembangan diri peserta didik secara simultan dan proporsional. Selain itu dengan pemahaman yang komprehensif melalui buku ini, peserta didik (mahasiswa atau siswa), pendidikan (guru dan dosen), maupun orang tua tidak lagi mengabaikan aspek soft skills untuk mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi dipertimbangan, diposisi-kan, dan bahkan dievaluasi secara periodik dalam setiap rumusan pencapainnya tujuan kegiatan belajarnya. Buku ini menawarkan berbagai konsep, manfaat, pemetaan, indikator-indikator, rasionalisasi, intervensi, serta cara membina, melatih dan atau memperbaiki aspek soft skills peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Materi-materi juga dikemas menggunakan ilustrasi yang komuni-katif, kontekstual, serta operasional sehingga mempermudah pembaca untuk memahami, menelaah, dan mereduksi maksud dan tujuan penyusunan buku ini. Selain itu, data hasil penelitian baik dari penulis sendiri dalam skim-skim penelitian nasional dan institusi (yang telah dipublikasi dalam bentuk jurnal maupun prosiding nasional, nasional terakreditasi, dan internasional) serta data dari peneliti lainnya (dari dalam dan luar negeri) menjadi sandaran utama penulis dalam membahas fenomena-fenomena soft skills dalam buku ini. Alhasil pembaca dapat memiliki simpulan yang komprehensif dan kritis tentang kebermanfaatan soft skills bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Buku ini hadir di hadapan pembaca, baik berstatus peserta didik (mahasiswa atau siswa), pendidik (guru dan dosen), maupun orang tua sebagai media untuk membantu sekaligus memahami posisi soft skills serta berupaya meng- internalisasinya ...

TRANSFORMASI KEILMUAN DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Upaya Membangun Interkoneksi antar Disiplin Ilmu Pengetahuan

Dinamika zaman memeang berdampak pada sektor pendidikan selain sektor lainnya. Oleh karenannya, pendidikan harus melaju secara cepat menyesuaikan dirinya dengan perkembangan zaman yang kian hari kian canggih. Eksistensi perguruan tinggi harus tetap dijaga dengan melakukan berbagai upaya baik dari sisi keilmuan, pembelajaran, model pendidikan, sistem maupun sisi organisasi; kelembagaanya agar bisa terus meenjawab kebutuhan masyarakat global. Mudah - mudahan lahirnya karya bersama ini bisa mencerahkan dunia akademik di perguruan tinggi Indonesia.

Dinamika zaman memeang berdampak pada sektor pendidikan selain sektor lainnya.

MODUL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL EDISI PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SMP KELAS IX

Pandemi covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang Kesehatan dan ekonomi saja tetapi juga berdampak pada bidang pendidikan. covid-19 merubah tatanan sistem pembelajaran selama ini yang banyak dilakukan didalam kelas saja. Dengan adanya covid-19, semua komponen yang terlibat didalam proses pembelajaran wajib mengurangi aktivitas yang banyak menimbulkan kerumunan orang guna mencegah tertularnya virus covid-19. Sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan innovative dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kreativitas dan inovasi seorang pengajar sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar selama pandemic covid-19. Salah satu inovasi yang digagas oleh dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten tambrauw provinsi papua barat melalui kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang pendidikan menengah Tenia Kurniawati, M.Pd adalah melahirkan suatu modul yang dapat digunakan siswa untuk belajar dirumah. Modul ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa Ketika dirumah selama pandemic covid-19 meskipun tidak terdapat akses internet. Sehingga proses belajar-mengajar tetap berjalan. Sebagai persembahan hadirnya modul ini, kami turut ucapkan terimakasih kepada Bupati kabupaten tambrauw Gabriel Assem, SE, M.Si dan Sekertaris daerah Kabupaten Tambrauw Engelbert Gabriel Kocu, S.Hut, MM. atas dukungannya dalam pengembangan modul ini. Besar harapan saya, modul ini dapat digunakan seoptimal mungkin oleh siswa-siswi di Kabupaten Tambrauw provinsi Papua Barat. Masukan dan saran sangat diperlukan untuk memperbaiki modul ini.

Selain itu, Benua Asia juga memiliki berbagai macam bahasa. Kalian dapat melihat contohnya di Indonesia memiliki bahasa asli daerah sekitar 600 bahasa daerah. Filipina memiliki sekitar 100 bahasa daerah dan India memiliki sekitar 1.683 ...

KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Keterampilan Berbicara selalu menjadi mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Buku ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan pebelajar, mahasiswa calon guru, maupun para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal dan pedoman dalam meninjau teori keterampilan berbicara dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 saat ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Buku ini terwujud sebagai salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yang terus mengupayakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) secara berkesinambungan. Pada tahun 2016 telah dilaksanakan program hibah Revitalisasi LPTK yang memfokuskan pada pengembangan kurikulum program studi (prodi) sarjana pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada tahun ini (2017) kurikulum yang telah disusun diimplementasikan dengan memfokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran pendukung kurikulum, yang salah satu produknya adalah buku ajar yang diterbitkan. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan di Universitas Islam Malang yaitu Rektor, Wakil Rektor I, Tim Task Force Unisma, Dekan FKIP dan segenap pimpinannya, yang telah memberi kesempatan, bantuan, dan motivasi pada penulis dalam menyelesaikan buku ini. Tidak lupa juga penulis sampaikan terima kasih pada sejawat dosen sebagai teman diskusi dalam penuntasan penulisan buku. Semoga penerbitan buku ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai acuan bagi pebelajar, mahasiswa, guru, dan pemerhati pendidikan dalam memahami konsep, teori, dan penerapan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

Permainan tradisional dalam pembelajaran IPS SD

Penulis berharap dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya terutama bagi para akademisi dalam bidang pendidikan di Sekolah Dasar. Buku ini dibuat dengan tujuan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca untuk melestarikan budaya bangsa yang terkenal dengan keanekaragamannya terutama permainan tradisional yang merupakan budaya turun temurun yang diwarisakan oleh nenek moyang.

Perbedaan yang paling terlihat ialah penggunaan bahasa daerah dalam pengucapan syair permainan tradisionalnya (khususnya bagi permainan tradisional yang menggunakan nyanyian. Bahasa daerah tidak dapat digantikan dengan bahasa lain, ...

PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI).

ARAH PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Revolusi industri 4.0 sedang hangat diperbincangkan saat ini baik melalui seminar, lokakarya, dan pidato para pengambil kebijakan.

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku ini membahas hasil pengembangan model penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia yang diuraikan dalam lima bab. Bab pertama menguraikan pendahuluan, yang berisi latar belakang masalah, tujuan, dan metode penelitian. Dilanjutkan bab kedua menguraikan penilaian autentik keterampilan berbicara, yang berisi pengertian penilaian autentik, kelebihan dan kekurangan, penilaian autentik proses dan hasil pembelajaran. Pada bab tiga, penulis menguraikan analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan model penilaian autentik. Adapun pada bab keempat, penulis menguraikan perangkat penilaian autentik keterampilan berbicara. Selanjutnya pada bagian bab terakhir, penulis menguraikan simpulan, implikasi, dan saran. Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA EDISI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SMP KELAS VII

Pandemi covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang Kesehatan dan ekonomi saja tetapi juga berdampak pada bidang pendidikan. covid-19 merubah tatanan sistem pembelajaran selama ini yang banyak dilakukan didalam kelas saja. Dengan adanya covid- 19, semua komponen yang terlibat didalam proses pembelajaran wajib mengurangi aktivitas yang banyak menimbulkan kerumunan orang guna mencegah tertularnya virus covid-19. Sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan innovative dalam pelaksanaan proses pembelajaran. kreativitas dan inovasi seorang pengajar sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar selama pandemic covid-19. Salah satu inovasi yang digagas oleh dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten tambrauw provinsi papua barat melalui kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang pendidikan menengah Tenia Kurniawati, M.Pd adalah melahirkan suatu modul yang dapat digunakan siswa untuk belajar dirumah. Modul ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa Ketika dirumah selama pandemic covid-19 meskipun tidak terdapat akses internet. Sehingga proses belajar-mengajar tetap berjalan. Sebagai persembahan hadirnya modul ini, kami turut ucapkan terimakasih kepada bupati kabupaten tambrauw Gabriel Assem, SE, M.Si dan Sekertaris daerah Kabupaten Tambrauw Engelbert Gabriel Kocu, S.Hut, MM. atas dukungannya dalam pengembangan modul ini. Besar harapan saya, modul ini dapat digunakan seoptimal mungkin oleh siswa- siswi di kabupaten Tambrauw provinsi Papua Barat. Masukan dan saran sangat diperlukan untuk memperbaiki modul ini. Terima kasih, Salam literasi

Salah satu inovasi yang digagas oleh dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten tambrauw provinsi papua barat melalui kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang pendidikan menengah Tenia Kurniawati, M.Pd adalah melahirkan suatu modul ...