Sebanyak 8665 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...

ANTOLOGI HADITS TARBAWI

Pesan-Pesan Nabi s.a.w tentang Pendidikan

Buku Antologi Hadis Tarbawi yang hadir di hadapan pembaca ini berisi tentang jawaban-jawaban kritis hasil pengendapan pemikiran atas apa yang tengah menjadi kegelisahan para pemerhati pendidikan yang saban hari merasa nilai-nilai adiluhung pendidikan itu terus terkikis. Kehadiran buku Antologi Hadis Tarbawi ini merupakan bentuk syukur, apresiasi dan dukungan terhadap para penulis yang seluruhnya adalah Mahasiswa saya di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung. Buku yang merupakan kumpulan tulisan tematik hasil belajar mata kuliah Hadis Tarbawi selama satu semester ini disusun dengan mempertimbangkan masukan rekan kuliah, hasil diseminasi, komentar dosen dan beberapa catatan revisi sebagai bahan penyempurnaan pembahasan buku ini. Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan pesan-pesan pendidikan di dalam al-Hadis. Yaitu, nilai-nilai keislaman yang akan terus diuji dalam aktualitas yang terus bergejolak, nilai-nilai yang akan senantiasa dipertahankan dari tindakan yang merusak, serta nilai-nilai yang dianggap sebagai jaminan atas pengetahuan yang menyelamatkan. Buku ini berisi lima BAB pembahasan terkait isu-isu terkini seputar pendidikan dan hubungan sosial. BAB pertama membahas tentang Konsistensi Pendidikan Islam yang berisi tentang nilai-nilai dasar (core values) pendidikan yang tidak berubah digerus zaman seperti konsepsi tujuan pendidikan. BAB dua membahas tentang konstruksi teoretis mengenai adab dan pendidikan karakter bagi peserta didik, mulai dari adab peserta didik terhadap guru, adab terhadap sesama peserta didik maupun jalinan kasih terhadap lingkungan. BAB ketiga berisi tentang pendidikan Islam menjawab tantangan masa depan. Pembahasan ini berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan, sistem dan lembaga pendidikan Islam yang seperti apa yang dianggap ideal menjawab masa depan. BAB keempat berkaitan dengan prinsip-prinsip moderasi keislaman dalam pendidikan dan bagaimana Islam memandang pentingnya ilmu pengetahuan. Terakhir, di buku ini dibahas tentang Islam dan kenyataan sosial masyarakat Indonesia seperti multikulturalisme, pluralisme dan feminisme.

Buku ini menjadi semacam tafsir terhadap penggalian dan penjelmaan spirit dasar atau nilai-nilai yang tertuang dalam perkataan, perilaku dan penetapan yang semuanya disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, khususnya berterkait paut dengan ...

HADIS PENDIDIKAN

Konsep Pendidikan Berbasis Hadis

Sebuah Pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil akhir yang diharapkan dari konsep pendidikan itu adalah lahirnya insan kamil. Dua sumber yang harus menjadi rujukan dalam rangka membentuk karakter insan kamil adalah Alquran dan Hadis. Buku ini mengulas tentang metode memahami hadis; Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang pendidik; konsep pendidikan dalam dimensi hadis; pemerolehan ilmu pengetahuan dalam dimensi hadis; metode pemebalajaran dalaman dimensi hadis; kurikulum dalam dimensi hadis; motivasi belajar dalam dimensi hadis; evaluasi pendidikan dalam dimensi hadis; pendidikan akidah dan pembentukan karakter; pendidikan akhlak dan hadis-hadis tentang pendidikan.

Buku ini mengulas tentang metode memahami hadis; Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang pendidik; konsep pendidikan dalam dimensi hadis; pemerolehan ilmu pengetahuan dalam dimensi hadis; metode pemebalajaran dalaman dimensi hadis; kurikulum ...

Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat

Buku ini menawarkan proses pembelajaran progresif, berpikir kreatif, riset inovatif, dan partisipasi masyarakat yang solutif dengan metode design thinking hadis. Konsep design thinking dirancang bagi pemenuhan motode untuk pemecahan berbagai masalah kompleks dan keseharian berdasarkan inspirasi hadis Nabi Saw. Model design thinking yang berpusat pada manusia dijelaskan, harapan tercetusnya ide-ide baru secara kreatif dan inovatif diarahkan, hingga terbentuk metode design thinking hadis. Metode ini menghendaki proses kreatif dalam memahami hadis Nabi Saw. sebagai inspirasi pemecahan masalah.

She Ji: The Journal of Design, Economics, and Innovation 3, no. 2 (2017): 102–5. Baskoro, M Lahandi, and Bayyinah Nurrul Haq. “Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan.

Literasi Informasi

7 Langkah Knowledge Management

Pembangunan di era sekarang ini tidak lagi hanya mengandalkan diri pada penguasaan teknologi melainkan terutama pada penguasaan pengetahuan. Penguasaan pengetahuan mansyaratkan literasi informasi. Untuk memasyarakatkan literasi informasi, salah satu langkahnya adalah penerbitan buku ini. Pembahasan literasi informasi dalam buku ini adalah dalam konteks siklus serta pengelolaan pengetahuan individu. Mempraktekan buku ini dapat membantu anda untuk menemukan topik tulisan yang orisinil, menghindari penyebaran hoax, pemakaian sumber informasi atau informasi yang kurang bermutu, serta menghasilkan tulisan yang orisinil, bermutu dan yang terpenting bebas dari plagiarisme.

Penguasaan pengetahuan mansyaratkan literasi informasi. Untuk memasyarakatkan literasi informasi, salah satu langkahnya adalah penerbitan buku ini.