Sebanyak 8655 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelum melakukan hal ini seseorang membutuhkan pengetahuan yang memadai dan metode yang benar agar bisa melaksanakan penelitian dan mendapatkan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan secara objektif. Dalam kaitan dengan itu seo rang peneliti perlu melengkapi diri dengan kedua hal tersebut. Buku ini sesungguhnya dirancang untuk itu. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kepedulian penulis terhadap mahasiswa yang sering mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian saat menyusun skripsi atau tesis di akhir masa studinya. Kesulitan itu justru muncul karena kurangnya pengetahuan tentang metode penelitian itu sendiri. Buku ini berisikan pengetahuan tentang bagaimana serta langkah langkah apa yang diperlukan dalam melakukan penelitian kuantitatif sekaligus mendasarkan diri dari pengalaman sang penulis yang bertahuntahun mengampu Matakuliah Metodologi Penelitian di Program Strata Dua (S2) Magister Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana, Jatiwaringin, Jakarta serta pengalaman mengajar di Fakultas Ilmu Adminis trasi Bisnis dan Komunikasi (FIABIKOM) di Unika Atma Jaya Jakarta. Bahasa yang disajikan penulis dalam mengurai topik-topik di setiap bab sangat sederhana sehingga pembaca dengan mudah menangkap isinya. Sesuai dengan tujuan penyusunannya, kehadiran buku ini sangat membantu bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Tentu tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi bagi siapa saja yang terjun dan berminat dalam penelitian, termasuk dosen yang mengajar metode penelitian, kehadiran buku ini bisa menambah wawasan.

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis

Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana. Hal ini mengasumsikan butuhnya manual penulisan proposal penelitian yang dapat dijadikan acuan bagi pelatihan efektif. Sehingga dengan manual tersebut dapat dilaksanakan kelas efektif untuk menyiapkan peneliti pemula yang terlatih dalam menghasilkan karya penulisan proposal penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan manual penulisan proposal penelitian dalam pelaksanaan pelatihan efektif untuk menghasilkan karya-karya penulisan proposal penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam menyiapkan percontohan karya-karya proposal penelitian. Telah dijumpai sejumlah literatur tentang pedoman penulisan karya ilmiah yang membahas teknis penulisan proposal penelitian. Namun, tersedianya manual penulisan proposal yang lebih praktis sangat dibutuhkan untuk acuan dalam pelatihan kelas efektif. Metodologi penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang melakukan eksplorasi terhadap sumber kepustakaan melalui studi pustaka. Dalam pengambilan data dilakukan pula studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode partisipatoris. Penelitan ini membahas tinjauan umum proposal, menunjukan jenis proposal akademik, dan menyampaikan susunan proposal penelitan akademik. Dibahas pula manual penulisan proposal untuk acuan pelatihan efektik yang mencakup alur, materi, dan tubuh proposal. Hasil penelitian ini menunjukan praktek lapangan kelas pelatihan berlangsung efektif, proses latihan berjalan efisien, dan peserta latihan telah menghasilkan karya-karya proposal penelitian. Penelitian ini menyimpulkan manual penulisan proposal penelitian yang disajikan melalui pelatihan efektif telah meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan percontohan karya-karya penulisan proposal penelitian. Penulis menyarankan agar dilakukan pelatihan efektif yang teragenda bagi para peneliti pemula berbasis acuan manual penulisan proposal penelitian.

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana.

Metode Penelitian Dalam Ilmu Sosial

Metode Penelitian adalah panduan langkah demi langkah untuk pemula penelitian, dan peserta didik penelitian lanjutan di Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Murni. Telah ditulis secara khusus untuk mereka yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam penelitian atau metodologi penelitian. Buku ini memandu Anda melalui proyek Anda dari awal sampai akhir dengan menawarkan saran praktis:* merumuskan pertanyaan penelitian* pertimbangan etis* melakukan tinjauan pustaka* memilih desain penelitian* memilih sampel* mengumpulkan dan menganalisa data kualitatif dan kuantitatif* menulis sebuah laporan penelitian tesis mendetailBuku ini merupakan bacaan penting bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana dalam ilmu sosial yang memulai penelitian kuantitatif atau kualitatif. Buku ini sama-sama bermanfaat bagi siswa metode penelitian lanjutan yang mempertahankan gelar PhD mereka dalam berbagai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan, Bisnis, Pendidikan, Publik Kesehatan, disiplin terkait dan bahkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan.Teks ini menunjukkan kepada para peneliti pemula bagaimana merancang, mengumpulkan, dan menganalisis data kualitatif dan kemudian mempresentasikan hasilnya kepada komunitas ilmiah. Buku ini menekankan pentingnya etika dalam penelitian dan meluangkan waktu untuk merancang dan memikirkan dengan benar melalui usaha penelitian apa pun. Setelah menyelesaikan buku ini, pembaca harus dapat:* Merancang secara efektif, mengumpulkan, mengatur, dan menganalisa data dan kemudian mempresentasikan hasilnya ke komunitas ilmiah* Gunakan Internet sebagai sumber dan sarana untuk mengakses data kualitatif* Menjelajahi isu terkini di dunia periset, yang mencakup kekhawatiran serius tentang perilaku etis dan protokol dalam penelitian dan peran yang lebih refleksif dan sensitif bagi peneliti.* Kenali pentingnya masalah etika sebelum mereka benar-benar memulai pengumpulan, pengorganisasian, dan proses penelitian* Memahami elemen dasar yang berhubungan dengan refleksivitas peneliti dan penelitian suaraIni adalah sumber yang komprehensif dan kompak untuk konsep dasar dan lanjutan dalam penelitian, dan dapat berfungsi sebagai teks yang berdiri sendiri atau sebagai pelengkap pembacaan penelitian di kelas sarjana atau doktoral atau kelas metode penelitian. Buku ini saat ini digunakan sebagai teks penelitian di universitas-universitas di enam benua.

Metode Penelitian adalah panduan langkah demi langkah untuk pemula penelitian, dan peserta didik penelitian lanjutan di Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Murni.

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan. Buku ini disusun dalam 6 (enam) BAB yang membahas tentang teori-teori belajar, para tokoh serta implikasi dalam pembelajaran. Bab pertama membahas teori belajar Behaviorsme; Bab kedua tentang teori belajar kognitif; Bab ketiga tentang teori belajar Gestalt, Bab keempat tentang teori belajar Humanistik; Bab kelima tentang Sosiomultikultural dan Bab kelima tentang Diversitas Sosio-Kultural dan Gender, dan Bab 6 merupakan ringkasan tentang evaluasi pembelajaran. Teori-teori belajar yang dikemukakan mendeskripsikan tentang bagaimana teori belajar menurut berbagai aliran psikologi, sejarah lahirnya teori belajar serta berbagai tokoh yang menjadi pemikir dalam teori-teori tersebut. Implikasi dalam pembelajaran yang dipaparkan merupakan bentuk dari bagaimana peristiwa yang ditemukan dalam pembelajaran yang terkait dengan teori-teori belajar tersebut. Buku ini tidak menunjukkan kontroversi antar para tokoh teori belajar, akan tetapi mengemukakan berbagai teori belajar untuk memperkaya pengetahuan pembaca terutama mahasiswa, guru dan dosen tentang teori belajar.

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan.

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak

Menawarkan paradigma baru belajar yang didasarkan pada cara bekerjanya otak, sehingga proses belajar dapat dijadikan secara menyenangkan dan efektif.[Mizan, Kaifa, Inspirasi, Motivasi, Indonesia]

Gerakan menyatukan dan menarik informasiinformasi baru ke dalam jaringan
neuron kita. Gerakan sangat vital bagi semua tindakan untukmewujudkan dan
mengungkapkan pembelajarankita, pemahaman kita,dan dirikita.

Belajar Dan Pembelajaran

Guru dan para calon guru perlu memahami tentang belajar dan bagaimana membelajarkan orang (pembelajaran). Hal inilah yang dibahas dalam buku ini. Buku ini membahas secara sederhana mengenai prinsip-prinsip belajar, dan mengilustrasikannya dengan latar pendidikan. Selain itu juga dikemukakan kerangka pemikiran tentang pembelajaran. Dengan pengetahuan yang sederhana tentang prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran, diharapkan akan memotivasi para calon guru (mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) untuk terus mencari tambahan pengetahuan mengenai belajar bila nanti kelak telah menekuni profesi sebagai guru. Teori-teori belajar yang dikemukakan dalam buku ini dikelompokkan dalam empat golongan yaitu teori Behaviorisme, Humanisme, Sibernetik, dan Konstruktivistik. Teroi-teori ini semua menunjukkan kepada sejumlah proses internal yang dipengaruhi beraneka ragam peristiwa eksternal. Pengaturan peristiwa-peristiwa eksternal untuk menggerakkan dan mendukung terjadinya proses belajar dari dalam (internal) itulah yang dinamakan pembelajaran. Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini.

Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini. Buku Belajar dan pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Strategi Belajar-Mengajar

Buku Strategi Belajar-Mengajar ini hadir tidak lain adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dan para guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, buku ini menyajikan pokok persoalan berkenaan dengan belajar dan pembelajaran, sumber belajar bahasa Indonesia, pengelolaan kelas Bahasa Indonesia, model-model mengajar, pendekatan dalam pembelajaran bahasa, metode-metode pembelajaran bahasa, media dalam pembelajaran bahasa, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa. Kesemua pokokpersoalan yang dibahas dalam setiap bab disajikan konsep yang diikuti ole hpenerapannya. Pembaca dapat mengikuti paparan konsep yang diperjelas dengan implementasi di kelas, terutama materi berkenaan dengan metode dan evaluasi.

Buku Strategi Belajar-Mengajar ini hadir tidak lain adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dan para guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.