Sebanyak 147 item atau buku ditemukan

MENYELAMI SAMUDRA TASAWUF BERSAMA PARA SUFI

Ketika manusia bisa menjadi seorang hamba yang dekat dengan Allah swt secara ruhani (spiritual), maka terlebih dahulu ia harus belajar suatu ilmu yang bisa mengantarkannya kepada kedekatan tersebut. Ilmu ialah tasawuf, melalui ilmu ini manusia akan di 'gembleng" dan di bersihkan agar jiwa dan hatinya menjadi baik , suci serta bersih sehingga bisa menggarungi kedekatan bersama Allah swt. Mengigat, bahwa Allah Maha Quddus (Suci) yang tidak akan mungkin bisa didekati dengan penampilan ruhani yang kotor. Untuk itu, ruhani manusia perlu dibersihkan.

Ketika manusia bisa menjadi seorang hamba yang dekat dengan Allah swt secara ruhani (spiritual), maka terlebih dahulu ia harus belajar suatu ilmu yang bisa mengantarkannya kepada kedekatan tersebut.

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI PENULIS: Abdul Azis, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-268-8 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Prestasi belajar tidaklah dikatakan berprestasi tanpa bantuan aspek dan faktor lain yang melater belakanginya. Kinerja guru dan pemanfaatan sumber belajar merupakan bagian dari faktor instrumental yang turut menentukan keberhasilan belajar siswa. Maka buku ini memuat factor kinerja guru, sumber belajar yang mengantarkan siswa berprestasi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, Rajawali, Jakarta Undang – undang Guru dan Dosen (UU RI No.14 Th. 2005), Jakarta : Sinar Grafika Yamin, Martinis dan Masiah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Persada Ya'qub, ...

Buku Pedoman

Pendidikan Agama Islam (PAI) Politeknik

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke-Islaman, yang bagi penulis maslaha tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus. Adapun maslahah yang tampak cukup akut, diantaranya sebagai berikut: Pertama, banyak kalangan mahasiswa/i khususnya kaum muslimin yang secara perilaku dan sikap masih jauh dari nilai islam. Kedua, islam hanya dijadikan pemahaman keagamaan secara teoritis tidak aplikatif, sehingga banyak kalangan mahasiswa/i terutama bagi mareka yang memahami islam hanya sepenggal, sehingga banyak diantara mereka dengan mudah terbawa arus oleh paham-paham radikalisme keagamaan, yang saat ini hampir bermunculan diberbagai perguruan tinggi. Ketiga, masih banyak diantara mahasiswa/i yang belum/ tidak mahir didalam memahami islam secara teks (baca AlQur`an). Hal ini menjadi wajar, karena sebagian besar atau/ dan bahkan hampir keseluruhan mereka lulusan sekolah umum, yang dari segi materi keagamaan relatif sedikit ketimbang di pesantren/madrasah. Keempat, menjamurnya budaya modernisasi dan globalisasi yang cenderung menggeser budaya islam, yang salah satunya melalui westernisasi yang saat ini begitu sangat mempengaruhi kondisi emosional dan spriritual generasi muda islam. Deskripsi tersebut diatas, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penulis yang secara profesi saat ini sebagai Dosen Pembina Agama Islam di lingkungan Politeknik Jember. Oleh sebab itu, penulis sangat berbesar hati dan berharap, bahwa hadirnya buku pegangan PAI ini dapat menjadi angin segar yang memberikan aura positif terhadap pola pikir, cara sikap, dan cara bertindak mahasiswa/i Politeknik Jember. Sebagai akhir dari pengantar ini, penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis sangat berlapang dada menerima berbagai masukan guna kesempurnaan buku ini, berkenaan dengan hal tersebut penulis terlebih dahulu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan yang ikut serta membantu baik pikiran dan tenaga sehingga buku ini dapat diselesaikan, sehingga dapat diterbitjkan. Terakhir, semoga Allah SWT tidak henti-hentinya selalu mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke ...

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI MATERI POKOK AL QUR’AN SURAT AT TIIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Buku tentang hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Make a match

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini disusun sebagai bukti pengembangan profesi guru. Dalam menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti memperoleh bantuan dari beberapa pihak, oleh karena itu peneliti menyampaikan ucapan ...

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Mamah &

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Acara Mamah & AA dan Aksi Indosiar PENULIS: Didik Yulianto Al Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7933-16-8 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Perkawinan, Pernikahan, Pernikahan adalah Kebutuhan Pokok dan Ibadah, Sakinah, Mawaddah wa Rahmah, Tanggung Jawab Keluarga, Istri Shalehah, Merawat Pernikahan, Jaga Keislaman Keluarga, Setia Kunci Keluarga Bahagia, Indahnya Istri Qana’ah, Kenyamanan Dalam Keluarga, Aurat Istri Tanggung Jawab Suami, Langkah Harmonis Pasutri, Adab Berhubungan Suami-Istri, Sayang Anak Sayang Istri, Menuju Hubungan Pasutri Ideal, Menuju Keluarga Islami, Menuju Keluarga Sakinah, Hak Istri, Kewajiban Suami, Cintai Suami Harmoniskan Rumah Tangga, Pondok Mertua Indah, Apakah Saya Istri Shalehah?, Sebab Lunturnya Semangat Sakinah, Bersenggama Dengan Istri Yang Haid, PDRT (Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga), Apakah Itu KDRT?, Talaq dan Rujuk, Perceraian Adalah Mega Proyek Iblis, Cinta Dan Keikhlasan Istri. Shalat, Isra’ Mi’raj & Shalat, ''SHALAT On The Way'' (Safar, Jama', Qashar), Adzan dan Iqomat, Zakat, Z I S, Pengertian dan Perbedaannya, Zakat Profesi, Zakat Perniagaan, Al-Faroidh, Wakaf, Ada Apa Dengan Yasin. Perintah Puasa, Ramadhan Istimewa, Bulan Penuh Rezeki, Tiga Peringkat Puasa, Bulan Obral Surga, Menggapai Lailatul Qadar, I’tikaf, I'TIKAF Sambil Bekerja, Nuzulul Qur’an, Malam Seribu Bulan, Benteng Ramadhan. Tunjangan Hari Raya, I Am Sorry! Susah Amat, Siiih, Hari Raya Idul Fitri, Hikmah Idul Adha, Qurban. Kehormatan Menjadi Tamu Allah, Haji: Keagungan Dan Nilai Amaliahnya, Al-Hajjul Mabrur Laisa Lahuu Jazaa Illal Jannah, Tanda Tanda Haji Mabrur, Wukuf di Padang Arafah, Zamzam Penyejuk Kalbu, Mardud!!! Enggak Layauu. Maulid Nabi, Sejarah Maulid Nabi, Rasulullah Pribadi Terpuji, Keutamaan Nabi Muhammad SAW, Kasih Sayang Rasulullah, Makna Hijrah Rasulullah. Jihad Pahlawan Bangsa, Lidah Pabrik Kebaikan dan Kejelekan, Hargai dan Manfaatkan Waktu, Istiqomah, Awasss!!! Jaga Mulut dan Kemaluan, Jagalah Mata, Bahaya Lidah & Keutamaan Diam, Sumber Kesombongan, THUMA'NINAH, Bersih Diri Suci Jiwa, Jagalah Hati, Taba’ul. Adu Domba, Di Sini Sesat Di Sana Sesat, AWAS...!!! NARKOBA = Dunia Sengsara – Akhirat Neraka, Sumpah Palsu, Menunda itu Berbahaya, Jual Beli Hukum, Tidak Pelit dan, Rakus, Ghurur, Mirasantika, Walaa Taqrobuzzina, JUDI (Jual Diri), O O... Kamu Ketahuan, Pornografi, Tutup Aurat Hindari Pornografi & Aksi, Stop!!! B O R O S, Merkik Bin Bakhil, Warning!!! TEMAN TAPI MESRA, Gosip!!! Disogok Makin Siiiiiip, Riya', Dengki. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

TAUSHIAH POPULER TRADISI TELEVISI SEPUTAR IBADAH AMALIYAH DAN AKHLAK Kumpulan Materi Ceramah Acara Mamah & AA dan Aksi Indosiar PENULIS: Didik Yulianto Al Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7933-16-8 Terbit : April 2020 www.guepedia.com ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN

Teori dan Praktek

Persaingan bebas dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, menjadi tantangan bagi kehidupan masa depan sekaligus ancaman bagi seluruh bangsa yang belum siap menghadapinya. Upaya peningkatan sumber daya manusia kemudian menjadi wacana yang mendesak untuk direalisasikan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut berkaitan dengan sumber daya manusia yang akan membuat dan mengelola serta menerapkannya, sehingga sumber daya manusia menjadi asset dalam kemajuan berbangsa dan bernegara. Dalam upaya peningkatan kualitas SDM haruslah diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan dan guru. Merujuk pada komisi Internasional UNESCO untuk pendidikan memasuki abad ke-21 menyatakan bahwa berbeda dengan periode sebelumnya, dalam memasuki abad ke-21 ini guru memiliki peranan yang sangat strategis karena diharapkan dapat ikut membentuk karakter dan kecerdasan generasi muda atau dalam bahasa aslinya “moulding character and minds of young generation”. Demi menrespon hal tersebut dalam buku ini dikupas secara tuntas baik itu secara teritis maupun praktek seperti halnya; profesionalisme guru meliputi kemampuan: menguasai bahan, mengelola PBM, mengelola kelas, mengelola media atau sumber, menguasai landasan kependidikan, mengenal interaksi belajar mengajar, menilai. prestasi siswa, mengenal fungsi dan program pelayanan BP, dan mengenal administrasi sekolah.

Persaingan bebas dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, menjadi tantangan bagi kehidupan masa depan sekaligus ancaman bagi seluruh bangsa yang belum siap menghadapinya.

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam)

Judul : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam) Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I, Abu Bakar Dja’far, S.Ag., M.A. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 137 Halaman No ISBN : 978-623-56872-0-9 SINOPSIS BUKU Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan biasanya terletak pada sumber daya manusia dan sumber daya non manusia, sedangkan pada prosesnya terletak pada proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berdasarkan input yang dimilikinya. Output yang dihasilkan, juga merupakan cerminan dari hasil input hari, proses di lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga yang dapat mensinergikan input, proses dan output sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Peningkatkan mutu dan kualitas input, proses dan output, lembaga pendidikan harus selalu merekonstruksi semua lini secara integral, dengan kata lain lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan lingkungan, mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi dana serta melaksanakannya secara berkesinambungan. evaluasi. Tanpa adanya manajerial dan kepemimpinan yang baik serta kebijakan yang tepat, dapat dipastikan kualitas dan mutu lembaga tersebut tentu akan menurun dan menjadi kurang baik. fasilitas, pembiayaan dan sumber daya manusia juga sangat mendesak karena merupakan titik tolak kualitas atau tidaknya suatu lembaga pendidikan. Penawaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan juga harus memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada dan memberikan keunggulan akademik dan non-akademik yang mendukung keluaran pendidikan untuk memperoleh hasil yang berimplikasi pada kemajuan. Karena input yang baik, proses yang berkesinambungan dan dikelola dengan baik akan menghasilkan output yang baik pula. Salah satu alasan buku ini layak untuk dimiliki karena buku memiliki solutif dalam problem system manajemen pendidikan Islam.

Judul : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam) Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I, Abu Bakar Dja’far, S.Ag., M.A. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 137 Halaman No ISBN : 978-623-56872-0-9 ...

Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial

Judul : Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial Penulis : Eko Suharyanto, S.T, M.Kom, Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 150 Halaman No ISBN : 978-623-6233-52-8 SINOPSI BUKU Pendidikan karakter bagi anak di usia milenium dimulai dengan pencerminan lingkungan yang baik dalam keluarga. Jika karakter atau moral seluruh anggota keluarga baik, maka lingkungan masyarakat juga akan baik. Mempromosikan anak-anak di masyarakat dengan mendorong kegiatan positif, gotong royong, persahabatan dan dialog keagamaan yang interaktif. Masyarakat dituntut berperan dalam menciptakan masyarakat yang nyaman dan peduli terhadap pendidikan. Masyarakat diharapkan dapat terlibat aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekitarnya. Selanjutnya lingkungan pendidikan harus bersinergi secara harmonis sehingga terbentuk pendidikan yang terintegrasi antara lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Integrasi tersebut akan menciptakan masyarakat yang harmonis. Dengan demikian diharapkan karakter anak menjadi baik pula. Salah satu faktor yang menyebabkan anak dapat memperoleh kecerdasan dan karakter yang baik karena didukung oleh faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi. Ketiga lingkungan tersebut harus mampu menjalankan fungsinya sebagai sarana pemberian motivasi, pendidikan edukatif kepada anak, wahana pengembangan potensi pada anak.

Judul : Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial Penulis : Eko Suharyanto, S.T, M.Kom, Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 150 Halaman No ISBN : 978-623-6233-52-8 SINOPSI BUKU Pendidikan karakter bagi anak di ...