Sebanyak 449 item atau buku ditemukan

Surat Kabar Guru Belajar Edisi II Program Pendidikan Untuk Semua Yogyakarta

MENDAKI LEBIH TINGGI Senyum bahagia anak adalah hadiah terbaik atas kerja keras pendidikan. Terlebih senyum itu berasal dari murid penyandang disabilitas yang optimis untuk melanjutkan pendidikan tinggi. --- Saya bisa menyetir mobil itu termasuk lambat dibandingkan kebanyakan teman. Saya mengendarai mobil setelah bekerja sekian tahun. Setelah bisa, saya mengurus surat ijin mengemudi. Gara-gara itu saya akhirnya tahu bahwa surat izin mengemudi ternyata ada levelnya. Surat Izin Mengemudi (SIM) yang saya miliki berada pada level paling rendah, level penguasaan yang paling sedikit tantangannya. Hanya bisa mengendarai kendaraan yang tergolong kecil. Setelah mempunyai SIM jenjang terendah sekian bulan, saya baru bisa mengajukan SIM pada jenjang yang lebih tinggi. Semakin tinggi jenjang, semakin kompleks tantangannya dan semakin banyak penyesuaian perilaku yang dibutuhkan. Begitu juga menjadi guru. Pada dasarnya menguasai kompetensi yang sama namun dengan jenjang penguasaan yang berbeda-beda. Saya selalu membayangkan guru pada pendidikan inklusi dan pendidikan luar biasa menempati jenjang yang lebih tinggi dibandingkan guru pada umumnya. Saya membayangkan guru pada pendidikan khusus sama seperti guru pada umumnya hanya saja tantangan yang dihadapi lebih kompleks. Guru pada umumnya menghadapi murid yang beragam kondisinya. Guru pendidikan khusus menghadapi keragaman murid yang lebih intensif. Guru pada umumnya dituntut kreatif melakukan pembelajaran. Guru pendidikan khusus dituntut lebih kreatif lagi. Wajar bila kita respek dan perlu belajar dari guru pendidikan khusus. Itulah mengapa menjadi kehormatan bagi Kampus Guru Cikal ketika dipercaya Nusantarun untuk mengelola program Pendidikan untuk Semua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Program ini bertujuan menyediakan dukungan dan kesempatan bagi murid penyandang disabilitas mendapatkan akses pendidikan tinggi. Guru pendidikan khusus, bagaimana pun, menjadi penggerak utama program yang berinteraksi langsung dengan murid penyandang disabilitas. Program Pendidikan untuk Semua sendiri termasuk kompleks. Banyak pihak yang dilibatkan, mulai guru, murid penyandang disabilitas, orangtua, pemerintah daerah hingga perguruan tinggi yang mempunyai program bagi murid penyandang disabilitas. Variasi program dan konten pembelajarannya pun relatif kompleks. Setelah lebih dari satu tahun berjalan, program Pendidikan untuk Semua ini sebenarnya sudah pada fase akhir program. Sayangnya, kondisi darurat COVID-19 membuat pelatihan bagi murid penyandang disabilitas di Yogyakarta yang berpotensi mendapatkan beasiswa harus tertunda. Saat ini kami tengah menyiapkan program belajar daring (online) pengganti untuk memastikan kualitas pembelajaran yang setara dengan pelatihan yang dilakukan di Jawa Tengah. Surat Kabar Guru Belajar edisi ini menampilkan perjalanan dan pelajaran sepanjang perjalanan program dari awal hingga akhir. Pada akhirnya, keyakinan awal semakin menguat bahwa murid penyandang disabilitas layak mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi. Sebagaimana ditegaskan pada tulisan guru Sri Wahyuni, murid penyandang disabilitas tidak butuh perlakuan istimewa. Mereka butuh perlakuan yang sama, sebagaimana kita memperlakukan semua murid secara istimewa. Terima kasih Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas dukungannya. Terima kasih untuk IAIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas 11 Maret dan Universitas Dian Nuswantoro atas komitmennya terhadap kesempatan yang setara bagi murid penyandang disabilitas melanjutkan pendidikan tinggi. Terima kasih Nusantarun yang telah memberi kepercayaan dan menjadi teman seperjalanan untuk mewujudkan pendidikan untuk semua. Telah panjang perjalanan kita, tapi masih panjang perjalanan yang harus ditempuh untuk mendampingi murid penyandang disabilitas yang mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi. Mari terus melangkah bersama, menemani mereka mendaki lebih tinggi! Bukik Setiawan Kampus Guru Cikal

Sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah saya sering menjumpai berbagai macam permasalahan murid dalam proses pemenuhan tugas-tugas perkembangannya. Saya menyadari bahwa satu masalah saja dalam diri murid dapat berpengaruh ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Blitar

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Siti Afida Namun, guru belum terbiasa menyampaikan permasalahan pembelajaran kepada kepala sekolah. Saya bertanya kepada teman kepala sekolah dan mempelajari ulang pendekatan coaching yang pernah Mereka menganggap hal seperti itu sangat ...

SKGB 003: DISIPLIN POSITIF

Kesadaran & Disiplin Kita seringkali terlalu cepat menuntut kedisiplinan, tapi terlalu lambat menumbuhkan kesadaran pada anak. Sadar atau tidak, kita sebagai pendidik seringkali banyak dan sering menuntut anak-anak untuk berdisiplin. Hari pertama masuk kelas, kita sudah berharap anak- anak tahu dan paham peraturan. Karena itu kita menuntut mereka untuk berperilaku sesuai aturan.Kita menuntut anak-anak seolah anak adalah robot yang sekali diberi instruksi akan langsung jalan. Kita seringkali abai dan tidak sabar membangun kesadaran anak-anak tentang pentingnya berdisiplin. Anak-anak itu manusia sebagaimana juga kita yang butuh waktu untuk belajar mengembangkan suatu perilaku. Kita, anak-anak maupun pendidik, belajar bila apa yang dipelajari relevan dengan kebutuhan dan kehidupan kita. Kita belajar bisa merasa berdaya untuk melakukan tindakan. Kisah-kisah guru pada Surat Kabar Edisi Ketiga ini menceritakan berbagai upaya menumbuhkan kedisiplinan dari kesadaran dalam diri anak. Disiplin bukan karena patuh pada perintah, takut kena hukuman atau mengejar ganjaran. Disiplin yang tumbuh dari kesadaran anak-anak kita. Itulah Disiplin Positif. Dengan disiplin positif, anak-anak akan lebih mencintai belajar, lebih tangguh menghadapi kesulitan, keterampilan berpikirnya berkembang hingga bisa mencapai prestasi akademik lebih baik. Lebih jauh lagi, disiplin positif mendukung terbentuknya interaksi dan budaya sekolah yang positif. Semoga kisah-kisah pada edisi kali ini dapat memicu kesadaran kita untuk membangun kesadaran anak-anak sejak dini. Mari belajar bersama!

Selain dalam membuat kesepakatan bersama di dalam dan di luar kelas, disiplin positif ini juga sangat membantu saya dalam menyelesaikan beberapa permasalahan antar peserta didik seperti : rebutan mainan, bertengkar akibat ada yang usil ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Ponorogo

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Masa Pandemi yang melanda seluruh negeri kita telah kita lalui lebih dari 20 bulan. permasalahan belajar yang kita hadapi sebagai seorang pendidik juga semakin bervariatif. Kalau pada awal masa Pandemi kita hanya fokus pada ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: Wardah Inspiring Teacher 2021 - Jilid 5

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Wardah Inspiring Teacher menampilkan praktik baik pembelajaran dan pendidikan untuk menularkan kegemaran belajar pada komunitas guru. Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Belajar Tantangan mewujudkan Merdeka Belajar memang tidak mudah. Tantangan itu semakin besar ketika upaya mewujudkan Merdeka Belajar baru berada pada tahap awal dan, pada saat yang sama, Pandemi Covid-19 datang mengguncang kehidupan kita. Semua terdampak, tak terkecuali dunia pendidikan. Namun, tantangan ini tak sedikitpun menyurutkan semangat Cerita Guru Belajar untuk terus berupaya mewujudkan Merdeka Belajar di Indonesia. Sebab, kepentingan kita untuk mewujudkannya jauh lebih berharga dari pada tantangan yang dihadapi. Pada konteks inilah Cerita Guru Belajar berkolaborasi dengan Wardah Inspiring Teacher untuk mendukung para guru di Indonesia belajar bersama dan berbagi praktik baik agar semakin banyak guru yang menjadi Guru Merdeka Belajar. Kami dipertemukan oleh visi yang sama, misi yang sama, dan kepentingan yang sama: melakukan transformasi pendidikan ke arah pendidikan yang lebih memerdekakan murid. Dalam mewujudkan Merdeka Belajar di tengah Pandemi Covid-19, peran media pembelajaran tentu saja sangat krusial. Apakah pembelajaran jarak jauh akan memberikan dampak pada murid atau sekadar menjadi rutinitas, salah satunya ditentukan oleh media pembelajaran yang diaplikasikan di kelas. Melalui Surat Kabar Guru Belajar edisi Wardah Inspiring Teacher 2021 ini, kami ingin membagikan berbagai Media Pembelajaran Merdeka. Semoga dari berbagai cerita praktik baik yang tersaji dalam Surat Kabar Guru Belajar edisi ini dapat menginspirasi para guru di Indonesia, dan kemudian terjadi perubahan di dunia pendidikan kita. Selamat membaca!

Pada saat pelaksanaan pembelajaran luring, maka guru dan murid secara bersama-sama berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan Pada video pembelajaran tersebut, saya pada materi barisan aritmatika. Awalnya murid merasa materi barisan ...

SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU

Judul : SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Penulis : ST Darul Hasan Kota Padangsidimpuan Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 348 Halaman No ISBN : 978-623-6233-57-3 SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Buku ini adalah kumpulan cerita para pendidik di Sekolah Islam Terpadu Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Enam tahun sudah perjalanan yang mereka lalui. Banyak cerita yang tersimpan di memori. Buku ini mengajak para pendidik untuk menuliskan ksiahnya, berbagi pengalaman, semangat dan inspirasi bagi para pendidik. Judul kisah antara lain: Acara Tukar Kado Hari Guru - Ada Apa Dengan Mereka - Aku Dan Sejuta Kenangan Di Darul Hasan - Aku Disini - Aku Guru Bagi Mereka Dan Mereka Guru Bagiku - Ali Bin Abi Thalib Semoga Kelak Menjadi Generasi Gerbangnya Ilmu - Assalamualaikum Readers - Awal Mula Bertemu Darul Hasan - Balada Antar Jemput Sekolah - Behind The Scene Orang-Orang Sukses - Bercermin - Bintang Hidupku - Bismillah Cinta - Cerita Indah Di Sit Darul Hasan - Cerita Pengalaman Hidup Dan Mengajar Di Darul Hasan - Ceritaku Di Darul Hasan - Cita-Cita Yang Tertunda - Dari Jendela Darul Hasan - Darul Hasan Wonderful Place - Dzikir Dari Surga - Empat Tahun Bersama Darul Hasan - Guru Baru, Tantangan Baru - Handsock - Ini Secuil Kisah Saya - Jalan Dakwah Di SIT Darul Hasan, dan lain – lain. Buku ini memiliki 65 (enampuluh lima) tulisan di dalamnya. Semoga para pembaca dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Selamat menikmati dan semoga Allah memberkahi.

Tetap menjalani hari seperti biasanya seolah permasalahan itu tidak terjadi. Pada saat itu, saya merasa ini benarbenar sangat mendewasakan, bisa menyelesaikan permasalahan bersama dengan Allah. Memperdekat diri kepada Allah memudahkan ...

SKGB 008: KOMITMEN PADA TUJUAN

kompetensi merdeka belajar KOMITMEN PADA TUJUAN Pengamatan dan pengalaman kita sebagai pendidik menunjukkan bahwa pendidikan tidak semudah membalik tangan. Pendidikan bukan agenda sehari dua hari, sebulan dua bulan, bahkan bukan pula agenda setahun dua tahun. Pengalaman perubahan pendidikan di negara lain seperti Finlandia menunjukkan perubahan pendidikan adalah agenda 25 tahun. Kesadaran bahwa pendidikan adalah agenda jangka panjang menuntut perubahan cara memperjuangkan pendidikan. Bukan lagi sebagai pelari jarak pendek yang melesat cepat, tapi pelari jangka panjang yang tekun merawat semangat. Bukan lagi sendiri dan berkompetisi, tapi bersama dalam sebuah kolaborasi.

kompetensi merdeka belajar KOMITMEN PADA TUJUAN Pengamatan dan pengalaman kita sebagai pendidik menunjukkan bahwa pendidikan tidak semudah membalik tangan.

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Trenggalek

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar.

Tantangan Koperasi di Era Modern

Koperasi di Indonesia sudah berumur 70 tahun. Peringatannya dilaksanakan besar-besaran dan meriah di Kota Makassar pada 12 Juli lalu. Presiden Joko Widodo hadir sebagai bentuk dukungan kepada koperasi di Indonesia.

Koperasi di Indonesia sudah berumur 70 tahun. Peringatannya dilaksanakan besar-besaran dan meriah di Kota Makassar pada 12 Juli lalu. Presiden Joko Widodo hadir sebagai bentuk dukungan kepada koperasi di Indonesia.

Teacher Education in Times of Change

Teacher education in times of change offers a critical examination of teacher education policy in the UK and Ireland over the past three decades. Written by a research group from five countries, it makes international comparisons, and covers broader developments in professional learning, to place these key issues and lessons in a wider context.

Teacher education in times of change offers a critical examination of teacher education policy in the UK and Ireland over the past three decades, since the first intervention of government in the curriculum.